Analisis Kurikulum Merdeka Ditengah Adaptasi Siswa SMA dan Guru pada Dinamika Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
Keywords:
Kurikulum Merdeka, P5, Pembelajaran Berbasis Proyek, Adaptasi Guru dan SiswaAbstract
Implementasi Kurikulum Merdeka menjadi langkah transformasi pendidikan di Indonesia yang menuntut peran aktif guru dan siswa, khususnya melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi dinamika adaptasi guru dan siswa dalam pelaksanaan P5 pada jenjang Sekolah Menengah Atas, yang selama ini masih jarang dikaji secara mendalam. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus, melalui kegiatan wawancara semi terstruktur pada beberapa mahasiswa program studi pendidikan semester 6 yang berada dalam tahap program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Data dianalisis secara tematik berfokus pada pemahaman terhadap kurikulum merdeka, respon siswa terhadap kegiatan P5, serta tantangan dan peluang dalam proses pelaksanaan kurikulum merdeka terutama pada perubahan asasmen. Temuan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara sekolah negeri yang lebih unggul dari swasta dalam kesempatan pedagogis bagi guru dan kebebasan berkreasi bagi siswa, selain itu sekolah negeri lebih maju dalam segi koordinasi, fasilitas dan penggunaan teknologi. Di sisi lain, siswa mengalami kesulitan dalam kerja kelompok dan pembelajaran secara mandiri, sedangkan guru mengalami kendala dalam menyusun asesmen proses pembelajaran. Penelitian ini mengkaji bahwa kolaborasi antara guru dan siswa menjadi kunci utama keberhasilan kurikulum merdeka P5, yang pada dasarnya belum banyak diangkat oleh peneliti sebelumnya. Keterbatasan studi ini terletak pada terbatasnya jumlah mahasiswa PLP sebagai sumber data sampel, sehingga hasil temuan tidak dapat langsung berlaku untuk semua sekolah. Penelitian ini membutuhkan banyak keterlibatan guru dan siswa, serta akurasi waktu untuk menambah kajian dan pemahaman secara mendalam dan luas mengenai pengaruh implementasi kurikulum Merdeka.
References
Adelia, N. & Rosyid, A. (2024). Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila pada siswa sekolah dasar. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 16(1), 43-46. DOI: https://doi.org/10.55215/pedagogia.v16i1.9884.
Ananda, S.T. & Matnuh, H. (2023). Analisis kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Banjarmasin sebagai penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka program PPG prajabatan. PROSPEK, 2(2), 171-180. Retrieved from: https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/2613.
Andira, N., Sari, N., & Febriyanni, R. (2024). Peran guru dalam melaksanakan pembelajaran kurikulum merdeka di SDN 050776 Tanjung Pasir Kecamatan Pangkalan Susu. Journal Idarah At-Ta’lim, 3(1), 12-22. Retrieved from: https://jurnal.perima.or.id/index.php/JIA/article/view/631.
Hardiansyah, H. (2023). Implementasi proyek kewirausahaan dalam mendukung profil pelajar pancasila di sman 1 sikur. Jurnal Visionary, 11(2), 128-134. DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v11i2.9247.
Herniawati, A., Hidayat, Y., Ernasari, S., & Susanti, E. (2024). Analisis penggunaan permainan tradisional engklek terhadap perkembangan fisik motorik kasar anak usia 5-6 tahun di PAUD Mawar. JOECE: Journal of Early Childhood Education, 1(1), 30-43. DOI: https://doi.org/10.61580/joece.v1i1.35.
Iskandar, S., Rosmana, P.S., Yuliani, I.P., Hidayat, M.A.S., Angaraini, S.K.P., Sari, T.F.P., & Salsabhila, U. (2023). Implementasi kurikulum merdeka di salah satu sekolah dasar Kabupaten Purwakarta. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 2602-2614. Retrieved from: https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/606.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan pembelajaran dan Asesmen. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemdikbudristek.
Melati, D.S., Lira, F., & Lubis, N.A. (2023). Analisis penerapan konsep fisika terintegrasi kearifan lokal permainan tradisional Aceh Tarek Siteuk. Gravitasi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 6(1), 32-37. DOI: https://doi.org/10.33059/gravitasi.jpfs.v6i01.8150.
Melati, P.D., Rini, E.P., Musyaiyadah, M., & Firman, F. (2024). Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dalam kurikulum merdeka di Sekolah Menengah Atas (SMA). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 2808-2819. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.6762.
Sari, K. & Azizah, N. (2023, July). Literature study: E-module development in physics learning. Annual International Conference on Islamic Education for Students, 2(1), 377-389. DOI: https://doi.org/10.18326/aicoies.v2i1.574.
Sari, R. (2024). Pengembangan buku pengayaan berkonteks etnofisika pada alat musik tradisional Jambi Rebana Siam menggunakan heyzine flipbook. Doctoral dissertation. Jambi: Universitas Jambi. Retrieved from: https://repository.unja.ac.id/65049/.
Septiani, P. (2023). Implementasi kebijakan kurikulum merdeka belajar dan efektivitas peran guru. Proceeding Conference of Elementary Studies, 587-591. Retrieved from: https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19777
Setiawati, D.A. & Suardana, I.P.O. (2023). Perspektif siswa kelas X SMK Negeri 1 Susut terhadap kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan DEIKSIS, 5(2), 24-34. DOI: https://doi.org/10.59789/deiksis.v5i2.199.
Suryana, E., Hasdikurniati, A.I., Harmayanti, A.A., & Harto, K. (2022). Perkembangan remaja awal, menengah dan implikasinya terhadap pendidikan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 1917-1928. DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3494.
Trilling, B. & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. San Francisco: Jossey-Bass.
Umam, M.I. & Kunaenih. (2024). Analisis implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) pada kurikulum merdeka studi kasus di SDN 05 Pagi Pisangan Timur. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(4), 12528–12532. DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34064.
Wathani, D.H. & Indriyani, N. (2025). Best practice: Implementasi pengembangan kurikulum merdeka di SMA Sekolah Penggerak, 7(2), 480–492. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v7i2.7743.
Widodo, S., Rilianti, A.P., Najwa, W.A., Huda, M.M., & Fathoni, A. (2023). Kebijakan kurikulum merdeka dan implementasinya di sekolah dasar. Journal of Professional Elementary Education, 2(2), 176-191. DOI: https://doi.org/10.46306/jpee.v2i2.48.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2025 Nafilah Diningtyas, Muchammad Bima Aditya, Imam Haromain Asy’ari, Novillia Putri Anjelly, Rodearni Florencita, Wirawan Fadly, Suliyanah Suliyanah, Utama Alan Deta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Abstract views: 200
,
PDF Downloads: 184
