Penerapan Model Kealhofer Merton Vasicek Dalam Memperhitungkan Risiko Kredit Motor

Authors

  • Dwi Wahyuni Rambe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fibri Rakhmawati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.26740/sainsmat..v9n2.p32-38

Abstract

Penggunaan sepeda motor di Indonesia meningkat pesat seiring dengan pertumbuhan fasilitas kredit motor yang ditawarkan lembaga keuangan. Adira Finance salah satu penyedia kredit motor yang menghadapi potensi risiko kredit tinggi akibat kurangnya analisis risiko menyeluruh dan sejauh ini analisis risiko kredit belum dilakukan oleh Adira Finance. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur risiko kredit di Adira Finance menggunakan model Kealhofer Merton Vasicek (KMV). Hasil yang diperoleh yaitu nilai Expected Default Frequency (EDF) sebesar 6,32%. Dimana nilai EDF merupakan kemungkinan gagal bayar yang dialami perusahaan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kemungkinan kegagalan perusahaan (default) yang dialami oleh Adira Finance menunjukkan angka yang tidak kecil namun tidak besar pula. Adira Finance dapat dinyatakan memiliki modal yang cukup sehingga peluang untuk gagal bayar tidak terlalu besar.

 

Motorcycle usage in Indonesia has increased rapidly in line with the growth of motorcycle credit facilities offered by financial institutions. Adira Finance, one of the motorcycle credit providers, faces a high potential credit risk due to the lack of comprehensive risk analysis, and thus far, credit risk analysis has not been conducted by Adira Finance. This study aims to measure credit risk at Adira Finance using the Kealhofer Merton Vasicek (KMV) model. The results show an Expected Default Frequency (EDF) of 6.32%, representing the likelihood of default experienced by the company. These findings indicate that the likelihood of default faced by Adira Finance is moderate not negligible, but not excessively high either. Adira Finance can be considered to have sufficient capital, thereby minimizing the risk of default.

 

Downloads

Published

2024-10-31
Abstract views: 16 , PDF Downloads: 36