Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Sains & Matematika?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Sains & Matematika terbit enam bulan sekali, yaitu bulan Oktober dan April. Jurnal ini menerbitkan artikel asli hasil penelitian di bidang biologi, fisika, kimia, dan matematika. Redaksi hanya menerima naskah asli yang belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang dalam proses penerbitan di jurnal lain. Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia, sesuai dengan ejaan yang baik dan benar atau bahasa Inggris yang baik dan benar.

 

PENYERAHAN NASKAH

  • Penulis harus menyerahkan naskah dalam bentuk softcopy (file Ms Word) dan hardcopy yang dicetak satu muka sebanyak dua eksemplar.
  • Naskah terdiri atas 10–15 halaman dan masing-masing dilengkapi dengan nomor halaman.
  • Penulis utama membuat pernyataan bahwa artikel belum diterbitkan dan tidak sedang dalam proses penerbitan pada jurnal lain, serta telah disetujui oleh para co-authors. Pernyataan ini ditandatangani di atas materai.
  • Alamat Redaksi Sains & Matematika:

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Kampus Ketintang Universitas Negeri Surabaya

Surabaya 60231

e-mail: sainsmatematika@unesa.ac.id

 

FORMAT NASKAH

Naskah yang dikirim ke redaksi hendaknya diketik menggunakan program Ms Word, dengan format penulisan ukuran kertas A4, semua batas tepi 2,5 cm, satu kolom, Time New Roman, 12 poin, jarak baris 2 spasi. Artikel ditulis dengan bagian dan sistematika sebagai berikut: judul, nama dan alamat penulis (by lines), abstrak berbahasa Indonesia dan Inggris, pengantar, metode, hasil dan pembahasan, simpulan, ucapan terima kasih (tidak selalu ada), dan daftar pustaka.

Judul (title); judul seyogianya ditulis secara ringkas dan mencerminkan isi, terdiri atas 10-15 kata. Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Nama dan alamat penulis (by-lines); semua nama penulis ditulis secara jelas; penulis pertama ditulis paling awal dan berturut-turut penulis kedua, ketiga dan seterusnya. Apabila nama terlalu panjang, dapat disingkat, tetapi nama terakhir harus ditulis lengkap. Contoh:

Putri Amelia Pertiwi dapat ditulis P.A. Pertiwi atau Putri A. Pertiwi, namun TIDAK BOLEH DITULIS Putri Amelia P. atau Putri A.L.

Alamat korespondensi ditulis pada catatan kaki dan penulis korespondensi diberi tanda bintang (*)

Abstrak berbahasa Indonesia dan Inggris (Abstract). Abstrak memuat intisari artikel, berisi pengantar (tujuan), metode, hasil dan ringkasan diskusi (simpulan). Dalam abstrak tidak diperkenankan terdapat rujukan pustaka. Abstrak ditulis dalam bentuk satu paragraf dan tidak boleh melebihi 250 kata. Di bagian akhir abstrak dicantumkan 3–5 kata kunci.

Pendahuluan (Introduction); pengantar berisi uraian tentang latar belakang penelitian, yaitu apa penelitian Anda dan mengapa penelitian itu dilakukan. Uraian ini didukung dengan kajian pustaka yang berupa data-data dari sumber lain, penelitian sejenis, atau penelitian sebelumnya. Pada pendahuluan tercantum tujuan penelitian yang diformulasikan dengan kata kerja yang operasional, bukan sekadar “mengetahui” dan “memahami”.

Metode Penelitian (Methods); bagian ini berisi penjelasan bahan dan alat yang digunakan, waktu, tempat, teknik dan metode penelitian. Alat-alat yang sudah umum digunakan tidak perlu diperinci, namun yang harus dicantumkan adalah alat uji, yaitu disebutkan tipe atau spesifikasinya, tetapi bukan merk. Metode harus dijelaskan selengkap mungkin agar peneliti lain dapat melakukan verifikasi. Acuan (referensi) diberikan untuk metode yang kurang dikenal.

Untuk penelitian bidang matematika, seyogianya dijelaskan pendekatan yang digunakan, yaitu pendekatan numerik, regresi, diskrit, ataukan diferensial.

Hasil dan Pembahasan (Results and Discussion); hasil berisi paparan temuan penelitian. Data yang disajikan adalah data yang sudah diolah dan siap dibaca untuk menjawab tujuan penelitian (bukan data mentah), selain itu untuk memperjelas dapat diberikan ilustrasi berupa gambar dan tabel. Namun, hasil yang telah dijelaskan dengan tabel atau ilustrasi tidak perlu dipaparkan dalam uraian teks secara terperinci. Paparan hasil ditulis dalam bentuk paragraf, tidak dalam bentuk pembagian per subbab/poin.

Persamaan Matematis, dikemukakan dengan jelas dan diketik menggunakan program untuk formula, misalnya Equation atau Math Type. Setiap persamaan dilengkapi dengan nomor persamaan yang ditulis di pojok kanan.

Angka desimal, ditandai dengan koma (,) untuk bahasa Indonesia dan titik (.) untuk bahasa Inggris.

Tabel dan gambar harus dicantumkan, kemudian secara berurutan diberi nomor dan diacu berurutan dalam naskah, judul ditulis dengan singkat dan jelas. Judul tabel diletakkan di bagian atas tabel, sedangkan judul gambar diletakkan di bagian bawah gambar. Tabel dibuat dalam bentuk tabel terbuka (yaitu hanya terdapat garis horizontal di kepala tabel dan bagian akhir tabel. Ilustrasi berupa gambar meliputi foto, grafik, peta, dan bagan. Foto harus memiliki resolusi yang tinggi sehingga citra yang dihasilkan tajam dan jelas.

Nama ilmiah; nama ilmiah ditulis sesuai kaidah penulisan ilmiah menurut ICZN untuk tata nama hewan, ICBN untuk tata nama tumbuhan, demikian juga untuk virus dan bakteri harus sesuai dengan tata nama virus dan bakteri.

Satuan, pengukuran secara kuantitatif menggunakan Satuan Internasional

Seperti halnya paparan hasil, pembahasan juga ditulis dalam bentuk paragraf, tidak dalam bentuk pembagian per subbab/poin.

Simpulan (Conclusion); simpulan penelitian ditulis secara ringkas dan jelas

Ucapan terima kasih (Acknowledgement) (tidak selalu ada); ucapan terima kasih dapat diberikan kepada pihak-pihak yang secara langsung membantu penelitian.

Daftar pustaka (References); daftar pustaka memuat semua pustaka yang diacu langsung dalam naskah. Penulisannya menggunakan sistem Harvard (Nama, Tahun). Seyogianya lebih dari 80% dari pustaka yang diacu merupakan sumber acuan primer (jurnal hasil penelitian) dan mutakhir, yaitu ±10 tahun terakhir.

Cara penulisan nama penulis: Nama keluarga (bila tidak ada, maka nama paling belakang dianggap nama keluarga) ditulis di depan. Semua nama penulis ditulis lengkap, berturut-turut dari depan ke belakang: penulis ke-1, penulis ke-2, penulis ke-3, dan seterusnya.  Penulis yang terdiri atas dua orang ditulis dengan simbol “&” untuk menggantikan kata dan/and. Untuk penulis lebih dari dua, dalam naskah ditulis nama penulis pertama dan diikuti dengan et al., namun dalam daftar pustaka ditulis lengkap.

Contoh penulisan nama penulis: Novita Ayu Saraswati dan Prasetyo Budi Nugraha dalam daftar pustaka ditulis: Saraswati NA dan Nugraha PB, 2012. Dalam naskah ditulis: Saraswati & Nugraha, 2012.

 

CONTOH PENULISAN  DAFTAR PUSTAKA:

Buku:

Nama authors, Tahun. Judul buku. Kota Penerbit: Nama Penerbit

Dharma B, 2005. Recent and fosil Indonesian shells. Hackenheim: Conchbooks.

 

Artikel dalam Jurnal:

Nama penulis, Tahun. Judul artikel. Nama Jurnal, Volume(Nomor): halaman.

Wong HW, 2009. The Mactridae (Mollusca: Bivalvia) of East Coast Park, Singapore. Nature in Singapore; 2: 283–296.

(Nama jurnal ditulis sesuai dengan petunjuk pengutipan jurnal masing-masing)

 

Tulisan dari Buku dengan banyak penulis (masing-masing menulis bab yang berbeda):

Nama penulis, Tahun. Judul bab/tulisan. Halaman dalam/in Nama Editor. Judul Buku. Kota Penerbit: Nama Penerbit

Healy JM & Lamprell K, 1998. Superfamily Mactroidea. pp 336–340 in Beesley PL, Ross GJB & Wells A (eds) Mollusca: The Southern Synthesis. Fauna of Australia. Vol. 5. CSIRO Publishing, Melbourne, Part A xvi 563 pp.

 

Makalah dalam Pertemuan Ilmiah:

Nama penulis, Tahun. Judul makalah. Makalah utama/Makalah. Disampaikan pada Nama Pertemuan Ilmiah, Tempat dan Tanggal Pelaksanaan.

Bengen DG, 2009. Pentingnya sumber daya moluska dalam mendukung ketahanan pangan dan penghela ekonomi perikanan. Makalah Utama. Disampaikan pada Seminar Nasional Moluska Ke-2, Bogor 11–12 Februari 2009.

 

Artikel dari Internet:

Nama penulis, Tahun. Judul artikel. Alamat Website. Diunduh tanggal………….

NIMPIS, 2002. Theora lubrica species summary. National Introduced Marine Pest  Information System (Eds: Hewitt C.L., Martin R.B., Sliwa C., McEnnulty F.R., Murphy N.E., Jones T., Cooper S.) Web publication http://crimp.marine.csiro.au/nimpis. Diunduh tanggal 13 April 2010.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Naskah yang diserahkan penulis haruslah sebuah karya yang tidak melanggar hak cipta (copyright) yang ada. Naskah yang dimasukkan harus naskah orisinil dan belum pernah dimuat di terbitan manapun. Segala hak yang tercantum pada diri penulis, melekat pada pengelola jurnal untuk mengedit, mengupload, dan mempublikasikan naskah kepada khalayak umum.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Submission: 0.00 (IDR)

Fast-Track Review: 0.00 (IDR)

Article Publication: 0.00 (IDR)

If you do not have funds to pay such fees, you will have an opportunity to waive each fee. We do not want fees to prevent the publication of worthy work.