Evaluasi Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Pedesaan di Kabupaten Bangkalan (Rute: Kamal - Tanah Merah - Blega - Lomaer)

Penulis

  • Seruni Hanum Universitas Negeri Surabaya
  • Anita Susanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/mitrans.v2n1.p23-29

Kata Kunci:

Kinerja pelayanan, Angkutan Pedesaan, Kondisi Pelayanan

Abstrak

Kondisi pelayanan angkutan pedesaan di Kabupaten Bangkalan, khususnya di trayek D1 saat ini masih mengalami beberapa permasalahan, sepert diantaranya penurunan jumlah kapasitas penumpang yang diangkut, ketersediaan angkutan, hingga waktu antara yang lama. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melakukan analisis mengenai evaluasi kinerja pelayanan angkutan, menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif.  Hasil dari evaluasi ini menunjukkan sebagian besar parameter kinerja pelayanan dinilai tidak memenuhi standar yang telah ditetapkan, antara lain seperti umur kendaraan yang telah berumur 19 tahun, perhitungan load factor yang hanya 33%, headway mencapai 20 menit, waktu perjalanan hanya 42 menit, hingga kecepatan yang mencapai 29 km/jam. Parameter waktu tunggu menjadi satu – satunya parameter yang memenuhi standar, yaitu hanya selama 4,2 menit. Dengan demikian, masih banyak diperlukan peningkatan kinerja pelayanan angkutan umum di Kabupaten Bangkalan, khususnya pada trayek D1.

Referensi

Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: SK.687/AJ.206/DRJD/2002 tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 98 Tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum dalam Trayek

Triana, S., Sjafruddin, A., Karsaman, R. H., & Kaderi, S. (2022). Integration of Mass Public Transport Fare in the Jakarta Area. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1065(1).

Diterbitkan

2024-04-28

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 209 , PDF Downloads: 366