Optimalisasi Angkutan Bus Kota Surabaya Berdasarkan Kesesuaian Standar Pelayanan Minimal Menggunakan Metode Important Performance Analysis (IPA), Studi Kasus: Bus Koridor F, Trayek Terminal Purabaya - Jalan. Rajawali via Jalan Diponegoro

Penulis

  • Andika Firdaus Akbar Universitas Negeri Surabaya
  • R. Endro Wibisono Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Optimalisasi, Angkutan Bus, SPM, Sarana, Kenyamanan Pengguna

Abstrak

Transportasi merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat perkotaan, salah satunya angkutan umum bus. Transportasi dapat dikategorikan baik, apabila (1) waktu perjalanan cukup cepat, tidak mengalami kemacetan, (2) frekuensi pelayanan cukup, (3) aman (bebas dari kemungkinan kecelakaan). Tujuan Penelitian yaitu mengetahui tingkat pelayanan Angkutan Bus Koridor Trayek F Kota Surabaya sesuai dengan analisis kesesuaian Standart Pelayanan Minimum (SPM) serta upaya pengelolaan serta alternatif dan penanganannya. Metode penelitian, berupa data kesesuaian pelayanan angkutan sesuai Standar Pelayanan Minimal. Data primer diperoleh dengan melakukan survei, Data primer berupa survey statis dan dinamis. Data yang ada berupa data inventarisasi angkutan, data naik turun penumpang, survei kinerja angkutan umum berdasarkan SPM. Cara pengambilan data dengan menyebar kuisioner dan analisis menggunakan metode IPA. Pengguna angkutan bus cukup merata untuk semua kelompok masyarakat, dari kelompok usia, jenis kelamin, pekerjaan, intensitas penggunaan angkutan, tujuan menggunakan angkutan, dan waktu tunggu bus. Pelayanan angkutan bus mencakup keamanan keselamatan, keterjangkauan, kesetaraan, keteraturan, sarana, dan kenyamanan pengguna. Variabel standar pelayanan yang ada meliputi keamanan, keselamatan, keterjangkauan, kesetaraan, dan keteraturan dalam kategori “cukup baik”. Penyelenggaraan angkutan bus kota Trayek F ditinjau dari segi sarana dan kenyamanan pengguna menunjukkan aspek kesesuaian standar pelayanan minimal yang rendah, Kriteria aspek 7, 9, 11, 14, 15, 19 dijadikan prioritas utama dalam meningkatkan pelayanan, kriteria aspek 5, 12, 13, 18 telah berhasil dilaksanakan dan dianggap penting dan memuaskan, kriteria aspek 1, 2, 3, 4, 10, 17 menjadi prioritas rendah untuk diperbaiki, dan kriteria aspek layanan 6, 8, 16 tidak berpengaruh namun dikerjakan dengan sangat baik.

Referensi

Abadi, Y. (2018). Evaluasi Kinerja Angkutan Umum Penumpang Kota Mataram (Studi Kasus Rute Sweta - Ampenan). Media Teknik Sipil, Vol.12, No.2, 2018: Hal 130-138.

Bakhtiar, A. (2018). Evaluasi Kinerja Angkutan Umum Kota Malang. JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan), 2(2), 142-158.

Burhanuddin, A. (2016). Evaluasi Operasional Angkutan Umum Penumpang Trayek Li Kota Banyuwangi. Media Teknik Sipil, Vol. 14, No.2, Hlmn : 182-190.

Fathonah, Z., & Mardiyah, S. U. K. (2017). Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Bus Trans Jogja Di Pt Anindya Mitra Internasional. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran-S1, 6(2), 131-143.

Hanifah Ariyanti, H. A., Raden Caesario Boing, R. C. B., & Panji Pasa Pratama, P. P. P. (2022). Analisa Persepsi Pengguna Angkutan Umum Kota Surabaya Menggunakan Metode Fuzzy-Servqual Dan Importance Performance Analysis (Doctoral Dissertation, Politeknik Transportasi Darat Indonesia-Sttd).

Hindom, A. F. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Penumpang Terhadap Kinerja Angkutan Umum (Studi Kasus Trayek Terminal Wosi-Arfai-Anday-Maripi, Manokwari-Papua Barat) (Doctoral Dissertation, Uajy).

Juanita, J., & Pinandita, T. (2015). Analisis Pelayanan Angkutan Umum Dalam Kota Purwokerto Berdasarkan Metoda Importance Performance Analysis Dan Customer Satisfaction Index. Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto), 16(2), 79-84.

Mahardi, P., Sudibyo, T., & Widayanti, F. R. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Bus Kota Surabaya Berdasarkan Persepsi Pengguna Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA). Publikasi Riset Orientasi Teknik Sipil (Proteksi), 1(1), 22-29.

Pradana Mf, Intari De, Apriadiarti L. Evaluasi Kinerja Pelayanan Dan Jumlah Armada Angkutan Kota Di Kota Tangerang (Studi Kasus : Trayek Angkutan Kota T.01, Terminal Poris Plawad–Jatake). J Fondasi. 2017; 6 (2).

Prasetya, D., & Utami, S. (2016). Kajian Efektivitas dan Efisiensi Moda Transportasi Bus Kota Trayek Terminal Purabaya-Perak. Jurnal Swara Bumi, 1.

Rumkorem, E., & Awek, M. (2014). Analisis Tingkat Kepuasan Penumpang Terhadap Kinerja Angkutan Umum (Studi Kasus Jalur Entrop-Abepura-Padang Bulan, Jayapura-Papua) (Doctoral Dissertation, Universitas Atma Jaya).

Widyatami, F. S., Alfiansyah, A. D., Sulistio, H., & Wicaksono, A. (2017). Kajian Jumlah Armada Angkutan Kota Malang Berdasarkan SPM 2015 (Studi Kasus: Trayek AH, LDH, ADL). IPTEK Journal of Proceedings Series, 3(5).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-25

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 277 , PDF Downloads: 189