Model Kecelakaan Lalu Lintas Ditinjau dari Aspek Pengemudi pada Ruas Jalan Raya Mastrip Kota Surabaya

Penulis

  • Afifa Ummu Khulsum Universitas Negeri Surabaya
  • Dadang Supriyatno Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Kecelakaan, Kendaraan, Lalu Lintas, Pengemudi, Regresi Linear Berganda

Abstrak

Jalan Mastrip merupakan jalan yang menghubungkan Kota Surabaya, Sidoarjo, Krian, dan Gresik. Meningkatnya volume kendaraan di Jalan Mastrip dikarenakan terdapat perindustrian disepanjang jalan dan merupakan jalan utama menuju perumahan Driyorejo Gresik. Kondisi perindustrian yang berada disepanjang jalan yang melibatkan kendaraan bermuatan besar mnyebabkan terjadinya kemacetan yang dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model kecelakaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linier berganda dengan alat bantu statistika. Hasil penelitian berdasarkan data dari Tahun 2018-2022 terdapat 220 kasus kecelakaan dan karakteristik kecelakaan mayoritas terjadi di hari Sabtu (18,72%), pukul 06.00-12.00 (31,82%), tipe tabrakan samping dan belakang (19,09%), kendaraan yang terlibat sepeda motor (78,36%), dengan korban luka ringan (78,60%), usia pengemudi 21-25 (14,05%), dengan jenis kelamin laki-laki (76,69%), jenis pekerjaan karyawan (81,08%). Berdasarkan hasil Uji T dan Uji F nilai signifikan < 0,05 maka hipotesis diterima dan variabel X berpengaruh terhdap variabel Y. Hasil model persamaan Y= 4,540 + 3,254 X3 + 2,287 X4 dengan nilai R2 sebesar 0,959. Dengan nilai R2 mendekati angka 1 sehingga faktor kecelakaan dari aspek pengemudi di Jalan Raya Mastrip disebabkan oleh faktor kecepatan dan kecakapan pengemudi.

Referensi

Adlina, Y. Y. N & Nurlela, S. 2021. Analisis Faktor Kecelakaan Material Pada ruas Jalan Nasional (Studi Kasus: Jl. Raya Km 23 Balaraja-Jl. Raya Serang Km 35 Jayanti Kabupaten Tanggerang).

Dian, V. A. & Prasetyanto, D. 20219. Model Hubungan antara Angka Korban Kecelakaan Lalu Lintas dan Faktor Penyebab Kecelakaan Pada Jalan Tol Purbaleunyi. Jurnal Teknik Sipil. Institut Teknologi Nasional.

Direktorat Keselamatan Transportasi Darat, (Dishub Darat). (2007), Unit Penelitian Kecelakaan Lalu Lintas, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta.

Enggarsari, U, & Sa’diyah, N. K. 2017. Kajian Terhadap Faktor-Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Dalam Upaya Perbaikan Pencegahan Kecelakaan Lalu Lintas. Perspektif. 22(3): 238-247.

Fridayant, V. D. & Prasetyanto, D. 2019. Kecelakaan Lalu Lintas dan Faktor Penyebab Kecelakaan Pada Jalan Tol Purbaleunyi.

Jiwangga, A. S. (2017). Analisis Faktor Pengaruh Kenyamanan Pengguna Kendaraan Bermotor (Studi Kasus: Jl. Brigjen Katamso, Purwokerto) (Doctoral dissertation Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Kadek, I. A. P. & Ayu, I. S.M, dkk. 2020. Analisis Kecelakaan Lalu Lintas di Ruas Jalan Nasional Kolektor Primer di Kabupaten Gianyar dengan Metode Statistik Regresi Linier Berganda. Jurnal Teknik Sipil, Universitas Hindu Indonesia.

Marsaid. Hidayat, M. Ahsan. 2013. Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas pada Pengendara Sepeda Motor di Wilayah Polres Malang. Jurnal Imu Keperawatan. Universitas Brawijaya.

Maya. 2009. Klasifikasi Kecelakaan Yang Dipakai Dalam Penentuan Karakteristik.

Nurdiani, D. & Hartono, B. S. 2021. Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Lintas Timur Sumatera Pada provinsi Jambi. Jurnal Teknik Sipil. Universitas Trisakti.

Nurdiani, D. 2021. Studi Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Lintas Timur Sumatera pada Provinsi Jambi

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 34 Tahun 2014 Tentang Marka Jalan.

Peraturan Menteri Perhunumgam No. PM 13 Tahun 2014 Tentang Rambu Lalu Lintas.

Takwin & Rahmawati, dkk. 2022. Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Poros Sidrap-Enrekang Kecematan Maiwa Kabupaten Enrekang. Jurnal Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Parepare.

Zanuardi, A. & Suprayitno, H. 2018. Analisis Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Ahmad Yani Surabaya melalui Pendekatan Knoledge Discovery in Database. Departemen Teknik Sipil. Institut Teknologi Sepeluh November.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-25

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 261 , PDF Downloads: 102