Perencanaan Parkir Guna Meningkatkan Kinerja Ruas Jalan di Pasar Blauran Kota Surabaya

Penulis

  • Ayu Amalia Listyaningrum Universitas Negeri Surabaya
  • Purwo Mahardi Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Pasar Blauran, Kinerja Jalan, Parkir, Desain Layout, Pendapatan

Abstrak

Pasar Blauran didirikan tahun 1934 tanpa memiliki lahan parkir sehingga menggunakan parkir on street yang mengakibatkan turunnya kinerja Jalan Kranggan hal ini diatasi dengan merencanakan parkir off street di lantai 1. Tujuannya agar mengetahui bagaimana nilai kinerja jalan kranggan saat parkir on street dan setelah dilakukan parkir off street. Selain itu mengetahui bentuk layout parkir yang direncanakan serta perbandingan pendapatan per bulan Pasar Blauran saat ini dengan pendapatan saat dilakukan rencana parkir off street. Metode penelitian menggunakan kuantitatif yang didapat dengan metode pengamatan dan kepustakaan. Metode pengamatan dilakukan dalam mencari data arus lalu lintas Jalan Kranggan, jumlah serta durasi parkir sepeda motor on street, dan data sewa toko di Pasar Blauran. Arus total tertinggi sebesar 2168,2 skr/jam durasi parkir tertinggi ada di rentang waktu 105 - 120 menit dengan jumlah parkir 1438 sepeda motor memiliki kebutuhan ruang parkir sebesar 459 SRP. Volume parkir on street dalam satu waktu sebesar 423 sepeda motor. Kinerja Jalan Kranggan dengan on street bernilai 1,95 skr/jam sedangkan off street 0,69 skr/jam. KRP yang dibutuhkan 459 SRP kemudian layout dibuat di lantai satu dengan luas 2299,11 m2. Pendapatan Pasar Blauran kira - kira Rp 116.630.625,00 per bulan dapat dilakukan penerapan tarif parkir sebesar Rp 3.000,00 dan mendapatkan Rp 316.341.180 per bulan.

Referensi

Direktorat Jenderal Bina Marga. (2014). Panduan Kapasitas Jalan Indonesia.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, (1998). Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas

Parkir. Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas dan Angkutan Kota.Jakarta.

N, Rizki, Nunung Nuring, dan Akhmad Hasanuddin. 2014, Agustus 22 – 24. Perencanaan Fasilitas Parkir Di Luar Badan Jalan (Off Street Parking) Pasar Tanjung Kabupaten Jember. The 17th FTSP Internatonal Symposium, Jember University.

Oktavianus, R. (2022). Perencanaan Kebutuhan Areal Parkir Di Pasar B Lawang Tigo Balai Kecamatan Matur Kab. Agam. Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat:Padang.

Lubis, MHD Diga Kaswara. (2018). Bentuk Parkir Di Badan Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus Kawasan Jalan A.R. Hakim). Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Medan Area:Medan

Safi,A. (2022).Studi Perencanaan Parkir di Pasar Tradisional Gamalama Kota Ternate.Skripsi.Fakultas Teknik.Universitas Islam Malang:Malang

Wafa, A.F. (2019). Analisis Kapasitas Dan Tarif Parkir Di Rita Pasaraya Sokaraja. Skripsi. Fakultas Teknik dan Sains. Universitas Muhammadiyah Purwokerto:Purwokerto.

Wahida, Nur, Renni Anggraini, dan Muhammad Isya. 2018. Perencanaan Kebutuhan Ruang Parkir Di Kawasan Taman Sari Kota Banda Aceh. Jurnal Arsip Rekayasa Sipil dan Perencanaan 1(4), 11-21.

Warpani, Suwardjoko. (1990). Merencanakan Sistem Pengangkutan.Bandung:Institut Teknologi Bandung.

Warpani, Suwardjoko. 2002. Pengelolaan Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Bandung:Institut Teknologi Bandung.

Yunus, M., Isradias, M., Falah,A.A. (2022). Analisis Kapasitas Ruang Parkir Mobil Di Kawasan Jl. Pancasila Kota Tegal. Jurnal Engineering. Vol. 13 No. 2.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-25

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 156 , PDF Downloads: 59