Identifikasi Perawatan dan Pemeliharaan Wesel pada Wesel 209 di Stasiun Surabaya Gubeng
DOI:
https://doi.org/10.26740/mitrans.v1n1.p11-18Kata Kunci:
Kereta Api, Rel, WeselAbstrak
Stasiun Surabaya Gubeng dan khususnya pada wesel 209 adalah wesel yang sering dilalui oleh kereta api dikarenakan wesel 209 berada di posisi jalur hulu yang menghubungkan antara jalur 2 sampai dengan jalur 6 yang merupakan jalur yang sering dilalui kereta untuk aktivitas keberangkatan, kedatangan dan aktivitas langsir lokomotif kereta api. Berdasarkan kepadatan aktivitas pada wesel 209 tentu saja mempengaruhi kondisi wesel dan sangat rentan terjadinya kerusakan komponen, Permasalahan iniĀ harus diatasi dengan cara identifikasi pemeriksaan perawatan dan pemeliharaan pada wesel tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk menjaga agar kondisi wesel 209 agar tetap layak untuk dilalui oleh kereta perlu adanya peningkatan program perawatan dan pemeliharaan berkala. Metode yang dilakukan pada penelitian ini dengan cara observasi lapangan dengan melakukan pemeriksaan pada wesel 209 untuk mengidentifikasi jenis kerusakan yang kemudian dari hasil identifikasi kerusakan tersebut diolah untuk menjadi penentuan tingkat kerusakan yang harus segera ditangani dengan metode penanganan yang telah disepakati, metode yang telah disepakati adalah dengan melakukan pengelasan pada bagian ujung lidah wesel yang permukaan nya berkurang sehingga menggantung dan tidak menempel pada rel lantak. Hasil dari proses penanganan dengan metode pengelasan mendapatkan permukaan yang telah disesuaikan dengan form D.145 membuat bagian ujung lidah wesel menempel sempurna dengan rel lantak. Dengan permasalahan yang sudah teratasi, roda kereta sangat aman melintas pada wesel 209 sehingga memberikan perjalanan kereta dan penumpang semakin nyaman dan aman tidak ada kendala apapun.
Referensi
Buku Saku Perawatan Jalan Rel. (2012). PT Kereta Api Indonesia (Persero) Industri.
Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah No. 6 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Perkeretaapian
Kumara .,(2021). Pedoman Penulisan Kertas Kerja Wajib Program Studi Diploma III Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD. Bekasi.
Kurniawan, F., 2016. Peningkatan Emplasemen Stasiun untuk Mendukung Lintas Layanan Muara Enim sampai Lahat). Tugas Akhir. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada
Peraturan Dinas 10A (PD 10A).2016 PT. Kereta Api Indonesia (Persero)
PJKA. Peraturan Dinas No. 10 Tentang peraturan Perencanaan Konstruksi Jalan Rel, Bandung
PT. KAI (Persero). Seri Perjana 2012 Metode Kerja Perawatan Jalan Rel, Bandung
PT. KAI (Persero). Seri Perjana 2012 Rencana Perawatan Tahunan Jalan Rel, Bandung PT. KAI (Persero). Seri Perjana 2012 Sistem Perawatan Jalan Rel & Jembatan, Bandung

