Evaluasi Kondisi Gardu Tol dan Dampaknya Terhadap Panjang Antrian Kendaraan (Studi Kasus: Gerbang Tol Kejapanan Utama Pasuruan)

Authors

  • Rista Septi Nurdiana Universitas Negeri Surabaya
  • Anita Susanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/mitrans.v3n1.p1-8

Keywords:

Gardu Tol, Antrian Kendaraan, E-Tol, Peralatan Tol, Waktu Tunggu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi gardu tol di Gerbang Tol Kejapana Utama Pasuruan dan dampaknya terhadap panjang antrian kendaraan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menggali pengalaman dan pandangan dari berbagai pihak yang terlibat termasuk Manager Area, Senior Officer Transaction, Officer Technician, Customer Service Supervisor dan Customer Service. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa beberapa faktor, seperti waktu pelayanan yang lama serta masalah teknis pada perlatan tol seperti mesin reader dan Automatic Lane Barrier (ALB), berkontribusi signifikan terhadap terjadinya panjang antrian kendaraan. Penelitian ini juga mengidentifikasikan bahwa saldo e-tol yang tidak mencukupi saat transaksi menjadi faktor tambahan yang memperpanjang waktu tunggu. Hasil penelitian ini memberikan gambaran komprehensif mengenai permasalahan yang ada dan menawarkan rekomendasi untuk meningkatkan efisiensi pelayanan di gerbang tol, termasuk perencanaan jumlah gadu tol yang lebih akurat dan peningkatan sistem pembayaran  menggunakan teknologi Single Lane Free Flow (SLFF). Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat membantu pengelola jalan tol dalam merumuskan strategi untuk mengurangi kemacetan yang terjadi Gerbang Tol Kejapanan Utama dan meningkatkan kepuasan pengguna jalan.

References

Andani, & Sihombing, S. M. (2023). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TRANSAKSI NONTUNAI DI JALAN TOL MELALUI KARTU ELEKTRONIK TOL (E-TOLL) PADA PT. JASAMARGA TOLLROAD OPERATOR RUAS MEDAN-KUALANAMU-TEBING TINGGI. In Journal of Science and Social Research (Issue 2). http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR

Chandrapradja, M. A. H., & Susilo, B. H. (2023). PENILAIAN TERHADAP KEMAMPUAN TAMPUNG DAN WAKTU PELAYANAN DI GERBANG TOL TANJUNG DUREN. https://doi.org/10.25105/jrltb.v1i2.17957

Ichwan, M., & Arifin, Z. N. (2022). Analisis Peningkatan Kinerja Gerbang Tol Cempaka Putih (Vol. 4, Issue 2).

Pradhitasari H, & Pradono. (2011). MANFAAT INVESTASI PEMBANGUNAN JALAN TOL BANDUNG INTRA URBAN DARI PERSPEKTIF MAKRO (Bandung Intra Urban Toll Road Investment Benefits, A Macro Perspectives). In VOLUME (Vol. 13).

Rendino, Zalima, M., Annisa, S., Amelia, S., & Panorama, M. (2023). Kontribusi TOL (Tax On Location) dalam Pembangunan Ekonomi Di Palembang.

Rini, D. C. P. (2020). PERENCANAAN JUMLAH GARDU PADA TOL PASURUAN – PROBOLINGGO.

Sari, M., Saidah, D., & Wahyuni, E. (2018). Dampak Kemacetan di Jalan Tol Brebes Timur. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik, 05(01). http://ejournal.stmt-trisakti.ac.id/index.php/jmtranslog

Sumaryoto. (2010). DAMPAK KEBERADAAN JALAN TOL TERHADAP KONDISI FISIK, SOSIAL, DAN EKONOMI LINGKUNGANNYA. In Journal of Rural and Development: Vol. I (Issue 2).

Suprayitno, B. (2012). PRIVATISASI JALAN TOL SEBAGAI SOLUSI DALAM MEMPERCEPAT TERWUJUDNYA INFRASTRUKTUR JALAN TOL YANG MEMADAI DI INDONESIA.

Syahira, K., & Utomo, N. (2022). Evaluasi Kinerja Gardu Tol pada Gerbang Exit Tol Waru Utama.

Syofa, Djuniati, S., & MM, H. S. (2024). Analisis Kinerja Pelayanan Gardu Tol Pekanbaru-Dumai. 12(1). https://doi.org/10.35583/js.v12i1.197

Wahyuni, P. D., & Bernik, M. (2020). Analisis Sistem Antrian dalam Penggunaan E-Toll untuk Menentukan Jumlah Gardu Optimal pada Gerbang Tol.

Downloads

Published

2025-04-20

Issue

Section

Articles
Abstract views: 93 , PDF Downloads: 73