Analisis Tarif Angkutan Umum Berdasarkan BOK, ATP, dan WTP Dilengkapi Simulasi Penetapan Tarif Berbasis Website (Studi Kasus: Angkutan Lingkungan Kota Blitar)
DOI:
https://doi.org/10.26740/mitrans.v2n2.p128-137Keywords:
Tarif, BOK, ATP, WTP, WebsiteAbstract
Keberadaan angling di Kota Blitar kalah saing dengan transportasi lain perihal penawaran tarif yang relatif mahal dan adanya keraguan karena kurangnya transparansi tarif maupun informasi angkutan. Dirumuskan beberapa permasalah dari fenomena yang ada yaitu bagaimana besaran tarif eksisting angkutan jika dibandingkan nilai BOK, ATP dan WTP serta bagaimana perancangan suatu website tarif angkutan dengan titik 0 stasiun Kota Blitar. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis tarif angkutan dibandingkan dengan nilai biaya operasional, ATP, dan WTP, serta merencanakan website yang dapat memberikan informasi terkait angkutan kepada calon pengguna jasa. Metode kuantitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian diperoleh nilai biaya operasional kendaraan sebesar Rp6.400,00. Nilai ATP sebesar Rp5.900 serta besaran WTP Rp2.700,00. Dari besaran nilai ATP dan WTP disimpulkan kemampuan masyarakat Kota Blitar dalam membayar jasa angkutan relatif tinggi dibandingkan kemauan membayar sehingga tarif angling dapat dinaikkan sampai batas ideal tetapi diperlukan peningkatan pelayanannya. Perancangan website diawali dengan pengadaan infrastruktur teknis berupa domain dan server, serta instalasi dan konfigurasi platform WordPress. Tampilan website berisikan profil angkutan, list tarif angkutan, pemesanan angkutan, artikel bacaan, serta bagian kritik dan saran.
References
Adisasmita, R. (2010). Dasar-dasar Ekonomi Transportasi. Graha Ilmu.
Akbar, Z. Z. A., Hermawan, B. A., MT, B. A. H., & ... (2022). Studi Biaya Operasional Kendaraan Angkutan Umum di Kota Kediri (Studi Kasus: Trayek Line A Dan Line F).
Arum, S. (2014). Analisa Tarif Angkutan Umum Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan, ATP dan WTP. Media Teknik Sipil, 12(2).
BPS Kota Blitar. (2024). Kota Blitar Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kota Blitar.
Hadi, S. (2017a, Agustus 31). Kota Blitar Akan Launching Angkutan Lingkungan Ala Bemo. Tribun Jatim. https://jatim.tribunnews.com/2017/08/31/kota-blitar-akan-launching-angkutan-lingkungan-ala-bemo?page=all
Hadi, S. (2017b, September 26). Tarif Angkutan Lingkungan di Kota Blitar Mencekik, Warga dan Wisatawan Pada Ngedumel Begini. Tribun Jatim. https://jatim.tribunnews.com/2017/09/26/tarif-angkutan-lingkungan-di-kota-blitar-mencekik-warga-dan-wisatawan-pada-ngedumel-begini
Herlina, N., Hendra, H., & Rizaldi, F. (2020). Analisis Rasio Tarif Transportasi Online dan Konvensional Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan, Ability To Pay, Dan Willingness To Pay. Akselerasi: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 1(2).
Jalil, E., Anggraini, R., & Sugiarto, S. (2018). Analisis Biaya Operasional Kendaraan, Ability To Pay dan Willingness To Pay Untuk Penentuan Tarif Bus Trans Koetaradja Koridor III. Jurnal Arsip Rekayasa Sipil dan Perencanaan, 1(4), 1-10.
Kamaluddin, R., & Krisnawati, L. (2003). Ekonomi Transportasi: Karakteristik, Teori, dan Kebijakan. Ghalia Indonesia.
Karim, A., Yunus, A. I., Lesmini, L., Sunarta, D. A., Suparman, A., Khasanah, Martila, D., Saksono, H., Asniar, N., & Andari, T. (2023). Manajemen Transportasi. Yayasan Cendekia Mulia Mandiri.
Miro, F. (2012). Pengantar Sistem Transportasi. Erlangga.
Muhammad, R. (2014). Peran Transportasi Dalam Perkembangan Suatu Wilayah.
Nasution, M. N. (2004). Manajemen Transportasi. Ghalia Indonesia.
Nurvitasari, E., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Grab (Studi Pada Pengguna Aplikasi Grab Fitur GrabFood). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1). https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1472-1481
Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur (Patent SK.687/AJ.206/DRJD/2002). (2002).
Rahman, A., Mudiyono, R., & Wibowo, K. (2023). Analisis Ability To Pay dan Willingness To Pay Tarif Bus Rapid Transit Trans Jateng. Rang Teknik Journal, 6(1). https://doi.org/10.31869/rtj.v6i1.3430
Riady, E. (2017, November 1). Ini Angling, Bajaj Ramah Lingkungan di Kota Blitar Siap Antar Penumpang. Detik News. https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-3708452/ini-angling-bajaj-ramah-lingkungan-di-blitar-siap-antar-penumpang
Rujakat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Deepublish.
Saputra, A. B., Sunarto, S., & Samin, S. (2021). Analisis tarif Angkutan Umum Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan, Ability To Pay dan Willingness To Pay. Jurnal Teknik Sipil: Rancang Bangun, 7(1), 1-8.
Sriwahyuni, E. (2023, Mei 5). Bajaj Angling Kalah Saing, Perlu Strategi Jitu dari Pemkot Blitar. Radar Tulungagung. https://radartulungagung.jawapos.com/blitar/76794180/bajaj-angling-kalah-saing-perlu-strategi-jitu-dari-pemkot-blitar
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiawami, Ed.). Alfabeta.
Warpani, S. P. (2002). Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Penerbit ITB.
Widayanti, A., Soeparno, & Karunia, B. (2014). Permasalahan Dan Pengembangan Angkutan Umum di Kota Surabaya. Jurnal Transportasi, 14(1).

