Evaluasi Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Pedesaan di Kabupaten Bangkalan (Rute: Kamal - Tanah Merah - Blega - Lomaer)

Authors

  • Seruni Hanum Universitas Negeri Surabaya
  • Anita Susanti Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Kinerja pelayanan, Angkutan Pedesaan, Kondisi Pelayanan

Abstract

Kondisi pelayanan angkutan pedesaan di Kabupaten Bangkalan, khususnya di trayek D1 saat ini masih mengalami beberapa permasalahan, sepert diantaranya penurunan jumlah kapasitas penumpang yang diangkut, ketersediaan angkutan, hingga waktu antara yang lama. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melakukan analisis mengenai evaluasi kinerja pelayanan angkutan, menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif.  Hasil dari evaluasi ini menunjukkan sebagian besar parameter kinerja pelayanan dinilai tidak memenuhi standar yang telah ditetapkan, antara lain seperti umur kendaraan yang telah berumur 19 tahun, perhitungan load factor yang hanya 33%, headway mencapai 20 menit, waktu perjalanan hanya 42 menit, hingga kecepatan yang mencapai 29 km/jam. Parameter waktu tunggu menjadi satu – satunya parameter yang memenuhi standar, yaitu hanya selama 4,2 menit. Dengan demikian, masih banyak diperlukan peningkatan kinerja pelayanan angkutan umum di Kabupaten Bangkalan, khususnya pada trayek D1.

References

Kase, E. F., Sidyn, T. A. A., & Tan, V. (2019). Kinerja Pelayanan Angkutan Mobil Penumpang Umum Trayek Termina Mena - Kota Ruteng. Teknosiar, 13(1), 46–56.

Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: SK.687/AJ.206/DRJD/2002 tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur

Kumalawati, A., Hangge, E. E., & Raja, D. (2022). Analisis Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Bus Akdp Antar Kota (Studi Kasus : Angkutan Umum Trayek Bajawa – Ende ). JUTEKS : Jurnal Teknik Sipil, 7(1), 28.

Mulyadi, & Adawiyah, R. (2023). Analisis Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan. 324–338.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 98 Tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum dalam Trayek

Purnomo, R. A. (2022). Evaluasi Kinerja Pelayanan Angkutan Kota Samarinda (Studi Kasus Trayek B). Ruang, 8(1), 15–25.

Rofii, I., Burhan, D., & Hasan, N. (2022). Analisis Keberadaan Ojek Online Terhadap Bangkalan Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam ( Maslahah Mursalah ). Jurnal Kaffa, 1(4), 1–19.

Saudi, A. I. (2023). Kajian Evaluasi Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Operasional Angkutan Umum Penumpang Kabupaten Majene. JTT (Jurnal Teknologi Terpadu), 11(2), 249–259.

Suakanto, S., Ferdiawan, R., & Anshary, F. M. Al. (2022). Perancangan Aplikasi Transportasi Angkot Berbasis Mobile untuk Penumpang Menggunakan Metode User Centered Design. TELKA - Telekomunikasi Elektronika Komputasi Dan Kontrol, 8(2), 138–148.

Sulistyowati, A., & Muazansyah, I. (2019). Optimalisasi Pengelolaan dan Pelayanan Transportasi Umum (Studi pada “Suroboyo Bus” di Surabaya). IAPA Proceedings Conference, 152–165.

Triana, S., Sjafruddin, A., Karsaman, R. H., & Kaderi, S. (2022). Integration of Mass Public Transport Fare in the Jakarta Area. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1065(1).

Downloads

Published

2024-04-27

Issue

Section

Articles
Abstract views: 50 , PDF Downloads: 31