PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGASI DENGAN MEDIA FILM UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN DAN PRESTASI BELAJAR

Authors

  • Abdul Awwalim SMA Negeri 1 Gedangan, Kabupaten Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.26740/metafora.v2n4.p72-82

Keywords:

Group Investigation Model, Documentary Movie Media, State Defense Awareness, Learning Achievement

Abstract

This research aimed to see how: The application of Group Investigation Model by movie documenter in raising awareness of State Defense and class XII student achievement IPS SMAN 1 Gedangan. . The research procedure used was Classroom Action Research. This study was conducted in three cycles, each of which consisted of four stages: planning, acting, observing, and reflecting. The research methods employed were observation on the group investigation learning process with movie media, questionnaire of students State Defense Awareness and cognitive test to find out the student learning achievement, and interview. The result achieved in this research was as follow. The application of Group Investigation model with documentary movie could also improve the State Defense awareness as indicated by the students State Defense awareness values of 64.59 in pre-cycle, increasing to 71.09 in cycle I, 75.28 in cycle II and 78.813 in cycle III, with the classical passing of 96.88% or 31 students. The learning achievement in each cycle also increased significantly from 67.63 in pre-cycle to 73.38 in cycle I, 79.06 in cycle II, and 83.75 in cycle III. The number of students passing the class was 11 in pre-cycle, 17 in cycle I, 21 in cycle II and 29 in cycle III.

References

Agus Suprijono, 2009. Cooferative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arif Sadiman, dkk. 1984. Media Pendidikan.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Azhar Arsyad, 1996. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Depdiknas,2006. Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 Mata Pelajaran Sejarah. Jakarta : Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Garnasih 2009 œPemanfaatan Media Film untuk meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Menulis Hanzi di kelas Bahasa SMA Negeri 1 Karanganom.

Harmadi, 2011."Penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Lais Musi Banyuasin". Skripsi, tidak diterbitkan.
Leo Agung S, 2012, Implementasi Model Pembelajaran IPS terpadu Studi Evaluatif di SMP Kota Surakarta, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol.18 Nomor 2, Juni 2012.

Leo Agung dan Sri Wahyuni. Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogjakarta : PT. Ombak

Martiningrum. 2013. œPenerapan Model Problem Based Learning PBL Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar. Tesis Pascasarjana UNS: tidak diterbitkan.

Miftahul Huda.2011. Cooperatif Learning, Metode, Teknik, Struktur dan Model. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhamad Arif, 2005.Pengembangan Pendekatan Inkuiri pada Mata Pelajaran Sejarah.Jakarta: LIPI.

Ninik Sri Handayani 2014, œPenerapan Model Group Investigasi dengan Media Film Dokumenter Pada Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2013/2014. Tesis Pascasarjana UNS : tidak diterbitkan.

Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Depdiknas

Permendiknas No. 41 tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sartono Kartodirdjo. 1992. Pendekatan ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Sri Anita, 2014, Media Pembelajaran, Surakarta : UNS Press

Sugiyono. 2010, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung : CV Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, dkk. 2007.Penelitian tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Triyono, 2013, Metodologi Penelitian Pendidikan, Yogyakarta : PT Ombak

Wina Sanjaya, 2013, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta : Group Kencana Prenada Media.

WJS Poerwodarminto, 1985, Kamus umum bahasa Indonesia. Jakarta : PN Balai Pustaka

Zainal Aqib, 2013. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual Inovatif. Bandung: Yrama Widya.

http://www.asikbelajar.com/2012/11/model-pembelajaran-group-investigation.html diunduh tanggal 30 Desember 2013 pukul 11.00 wib

http://titimaghfiroh.blogspot.com/2012/09/film-dokumenter.html diunduh tanggal 30 Desember 2013 pukul 11.30 wib

http://lib.uin-malang.ac.id/?mod=th_detail&id=06130044 diunduh tanggal 31 Desember 2013 Pukul 11.46 Wib

http://harmadi-derasid.blogspot.com/2011/12/pengaruh-penggunaan-media-video.html diunduh tanggal 31 Desember 2013 Pukul 11.46 Wib

http://diyanasosant.wordpress.com/2011/12/01/metode-penelitian-kuantitatif/ diunduh tanggal 31 Desember 2013 pukul 11.45 wib

Downloads

Published

2020-10-02
Abstract views: 86 , PDF Downloads: 66