KETERAMPILAN MENGAJAR PADA GURU TAMAN KANAK-KANAK: TINJAUAN PADA KETERAMPILAN MENJELASKAN

Authors

  • Ica Lisnawati Universitas Al Azhar Indonesia
  • Rohita Rohita Universitas Al Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2020.1.1.55-70

Keywords:

Keterampilan, Menjelaskan, Guru, Pembelajaran

Abstract

Keterampilan mengajar merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam mengajar yang salah satunya adalah keterampilan menjelaskan. Keterampilan menjelaskan sangat penting dimiliki oleh seorang guru karena guru yang terampil dalam menjelaskan akan membuat anak paham dan mengerti tentang apa yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan keterampilan menjelaskan yang dimiliki guru Taman Kanak-kanak. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data pada penelitian ini ialah guru kelas kelompok B TK Islam Al Ikhlas. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang mencakup tahap reduksi, display, dan verifikasi data. Indikator keterampilan menjelaskan yaitu kemampuan merencanakan dan kemampuan menyajikan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menjelaskan telah dimiliki guru terutama pada aspek perencanaan, namun pada aspek penyajian, guru harus meningkatkan kemampuannya terutama pada penggunaan bahasa yang efektif (tidak berbelit-belit), baik, dan benar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asril, Zainal. 2010. Micro Teaching disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. Jakarta: Rajawali Pers.http://alix.sch.id/tk-islam/

Hamzah, B. 2007. Profesi Kependidikan Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah dan Lamatenggo, Nina. 2016. Tugas Guru dalam Pembelajaran Aspek yang Mempengaruhi. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Meleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Minarti, Sri. 2013. Ilmu Pendidikan Islam :FaktaTeoritis-Filosofis dan Aplikasi-Normatif. Jakarta: Amzah.

Mujtahid. 2011. Pengembangan Profesi Guru. Malang: UIN Maliki Press.

Oemar, Hamalik. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146. 2014. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan dan KebudayaanRepublik Indonesia Nomor 137. 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.

Prastowo, Andi. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Ridho, Nur. 2011. œPembelajaran Bermaknahttp://skp.unair.ac.id/repository/GuruIndonesia/pemb elajaranbermakn_nurridho_10581.pdf.

Sukandarrumidi. 2012. Metodologi Penelitian Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Supriadi, Didi dan Darmawan, Deni. 2012. Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suswantoro, Edi. 2012. PAUD di Indonesia Sejarah, Implementasi Kebijakan, dan Inovasi Pembelajaran. Bandung: PP PAUDNI.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Usman, Uzer. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14. 2005. Guru dan Dosen. Jakarta.

Downloads

Published

2022-10-06

How to Cite

Lisnawati, I., & Rohita, R. (2022). KETERAMPILAN MENGAJAR PADA GURU TAMAN KANAK-KANAK: TINJAUAN PADA KETERAMPILAN MENJELASKAN. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 1(1), 55–70. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2020.1.1.55-70

Issue

Section

Articles
Abstract views: 3435 , PDF Downloads: 2088