PENERAPAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN BONEKA TANGAN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER ANAK PADA KELOMPOK A
DOI:
https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2022.3.2.173-184Abstract
Karakter sebagai suatu watak, tabiat, akhlak, atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebajikan yang diyakini dan digunakan sebagai landasan untuk cara pandang, berpikir, bersikap, dan bertindak. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode bercerita. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui data empiris terhadap penerapan metode bercerita menggunakan boneka tangan untuk memgembangkan karakter anak pada
kelompok A di TK Muslimat Tanada Wadungasri Waru Sidoarjo. 2) Untuk menganalisis seberapa besar hasil dari penerapan metode bercerita menggunakan boneka tangan untuk mengembangkan karakter pada kelompok A di TK Muslimat Tanada Wadungasri Waru Sidoarjo. Hasil penerapan metode bercerita menggunakan boneka tangan untuk mengembangkan karakter anak pada kelompok A di TK Muslimat Tanada Wadungasri Waru Sidoarjo mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal tersebut dapat dilihat selama tiga kali pertemuan, ditemukan dalam hal mengucapkan kata tolong terdapat 2 anak mulai berkembang (MB) 14 anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 9 anak berkembang sangat baik (BSB), dalam hal mengucap kata terima kasih yang terdiri dari 16 anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 9 anak berkembang sangat baik (BSB), dalam hal mengucapkan kata maaf terdapat 4 anak mulai berkembang (MB) 13 anak berkembang sesuai harapan (BSH) 8 anak berkembang sangat baik (BSB).
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


