PENGARUH 5 TEKNIK FINGER PAINTING TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B

Authors

  • Dinda Fitri Nur Chayanti Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Setyowati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2022.3.1.1-18

Abstract

Salah satu kemampuan dasar anak yang perlu dikembangkan ialah kemampuan motorik yang terdiri dari dua yakni motorik kasar serta motorik halus. Menurut perolehan observasi awal diketahui bahwa kemampuan motorik halus anak masih belum berkembang secara optimal, sehingga perlu usaha menstimulasi kemampuan motorik halus salah satunya dengan memberikan aktivitas finger painting dengan maksud agar mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B di TK Istiqomah Surabaya. Penelitian ini berjenis eksperimen Pre-Eksperimental Design dengan jenis rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B di TK Istiqomah Surabaya dengan sampel penelitian 24 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon Match Pairs Test dengan rumus  <  dengan menggunakan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil pengolahan data yang diperoleh  untuk N=24 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh sebesar 81, maka (0<81). Dengan demikian, maka  ditolak dan  diterima. Sehingga, hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan 5 teknik finger painting berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus pada anak kelompok B di TK Istiqomah Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-16

How to Cite

Chayanti, D. F. N., & Setyowati, S. . (2022). PENGARUH 5 TEKNIK FINGER PAINTING TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(1), 1–18. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2022.3.1.1-18

Issue

Section

Articles
Abstract views: 600 , PDF Downloads: 830