Perkembangan Perilaku Prososial Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Mardi Putra 01 Kota Batu

Authors

  • Siera Saharani
  • Tomas Iriyanto
  • Nur Anisa

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2021.2.1.19-30

Keywords:

Perilaku Prososial, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Abstrak

Penanaman pembiasaan yang baik haruslah ditanamkan sejak dini, hal ini merupakan dasar utama untuk pembentukkan perilaku-perilaku sosial emosional yang baik pada anak. Perilaku sosial yang diharapakan adalah tumbuhnya perilaku prososial. Peneliti menemukan fakta bahwa terdapat salah satu anak di kelompok A TK Mardi Putra 01 Kota Batu yang memiliki perilaku prososial yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perilaku prososial yang dimiliki oleh subjek penelitian, mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi perilaku prososial pada subjek penelitian, mendeskripsikan intervensi guru dalam mengembangkan perilaku prososial pada subjek penelitian, serta mendeskripsikan hasil pengembangan perilaku prososial pada subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, sumber data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakn single subject research yaitu dengan satu anak sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa RFZ telah memiliki gambaran umum atau bentuk perilaku prososial pada anak usia 4-5 tahun. Bentuk-bentuk perilaku prososial pada anak tersebut antara lain mampu mentaati aturan, antusiasme dalam melakukan permainan, serta bersikap empati. Faktor yang mempengaruhi perilaku prososial pada anak adalah faktor faktor dari anak itu sendiri atau bawaan, faktor suasana hati, faktor kondisi atau tempat tinggal, dan faktor empati. Intervensi atau upaya guru yang dilakukan untuk meningkatkan perilaku prososial pada anak adalah dengan pembiasaan.

Kata kunci : Perilaku Prososial, Pendidikan Anak Usia Dini

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Tomas Iriyanto

Universitas Negeri Malang

Nur Anisa

Universitas Negeri Malang

References

<p><strong>DAFTAR PUSTAKA</strong></p><p>Asih, Gusti Yuli, &amp; Pratiwi. M. M. S. 2010. Perilaku Prososial Ditinjau Dari Empati dan Kematangan Sosial. <em>Jurnal Psikolog Universitas Muria Kudus</em>, (Online), 1(1): 34, (http://eprints.umk.ac.id/268), diakses pada 15 Februari 2020.</p><p>Dayakisni, Tri, &amp; Hudaniah. 2015. <em>Psikologi Sosial</em>. Malang: UMM Press</p><p>Fatimah, Enung. 2010. <em>Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik)</em>. Bandung: CV Pustaka Setia.</p><p>Hamzah, Nur. 2015. <em>Pengembangan Sosial Anak Usia Dini</em>. Pontianak: IAIN Pontianak Press. Hidayat, Komaruddin, &amp; Bushori, Khoiruddin. 2016. <em>Psikologi Sosial Aku, Kami, dan Kita</em>. Jakarta: Erlangga.</p><p>Hidayat, Komaruddin, &amp; Bushori, Khoiruddin. 2016. <em>Psikologi Sosial Aku, Kami, dan Kita</em>. Jakarta: Erlangga.</p><p>Hurlock, Elizabeth B. 1978. <em>Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi Keenam</em>. Jakarta: Erlangga.</p><p>Muryanto, Hagus, dkk. 2014. Terapi œBer-Bi Untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Pada Siswa TK Desa Sewulan, Madiun. <em>Jurnal Penelitian LPPM</em>, (Online), 3 (1): 40, (http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JP-LPPM/article/view/381/353), diakses pada 25 Februari 2020.</p><p>Prima, Ellen. 2018. Upaya Guru Dalam Menumbuhkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini (Studi Pada Guru di TK Khalifah Purwokerto). <em>Jurnal Studi Islam Gender dan Anak</em>, (Online), 13 (2): 196, (http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/yinyang/article/view/2089/1382), diakses pada 15 Februari 2020.<em></em></p><p>Ristekdikti. 2016. <em>Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional</em>, (Online), (https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf), diakses pada 13 Februari 2020.</p><p>Susanto, Ahmad. 2011. <em>Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya</em>. Jakarta: Kencana.</p><p>Susanto, Ahmad. 2015. <em>Bimbingan &amp; Konseling di Taman Kanak-Kanak</em>. Jakarta: Prenamedia Group.</p><p>Susanto, Ahmad. 2018. <em>Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Konsep, Teori, dan Aplikasinya</em>. Jakarta: Prenamedia Group.</p><p>Ulfatin, Nurul. 2013. <em>Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya</em>. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.</p><p>Wiyani, Novan Ardy. 2014. <em>Mengelola &amp; Mengembangkan Kecerdasan Sosial &amp; Emosi Anak Usia Dini</em>. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media</p>

Downloads

Published

2021-05-01

Issue

Section

Articles
Abstract views: 513 , PDF Downloads: 350