PERKEMBANGAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK MARDI PUTRA 01 KOTA BATU
DOI:
https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2021.2.1.19-30Keywords:
Perilaku Prososial, Pendidikan Anak Usia DiniAbstract
Penanaman pembiasaan yang baik haruslah ditanamkan sejak dini, hal ini merupakan dasar utama untuk pembentukkan perilaku-perilaku sosial emosional yang baik pada anak. Perilaku sosial yang diharapakan adalah tumbuhnya perilaku prososial. Peneliti menemukan fakta bahwa terdapat salah satu anak di kelompok A TK Mardi Putra 01 Kota Batu yang memiliki perilaku prososial yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perilaku prososial yang dimiliki oleh subjek penelitian, mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi perilaku prososial pada subjek penelitian, mendeskripsikan intervensi guru dalam mengembangkan perilaku prososial pada subjek penelitian, serta mendeskripsikan hasil pengembangan perilaku prososial pada subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, sumber data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakn single subject research yaitu dengan satu anak sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa RFZ telah memiliki gambaran umum atau bentuk perilaku prososial pada anak usia 4-5 tahun. Bentuk-bentuk perilaku prososial pada anak tersebut antara lain mampu mentaati aturan, antusiasme dalam melakukan permainan, serta bersikap empati. Faktor yang mempengaruhi perilaku prososial pada anak adalah faktor faktor dari anak itu sendiri atau bawaan, faktor suasana hati, faktor kondisi atau tempat tinggal, dan faktor empati. Intervensi atau upaya guru yang dilakukan untuk meningkatkan perilaku prososial pada anak adalah dengan pembiasaan.
Kata kunci : Perilaku Prososial, Pendidikan Anak Usia Dini
Downloads
References
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini (JP2KG AUD)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.