Nurturing Political Engagement: Political Communication Strategies for Generation Z in the Lead-up to the 2024 Election in West Java

Penulis

  • Evie Ariadne Shinta Dewi Universitas Padjadjaran, Bandung
  • Hadi S Arifin Universitas Padjadjaran, Bandung
  • Ikhsan Fuadi Universitas Padjadjaran, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.26740/jsm.v7n2.p370-388

Kata Kunci:

gen-z, repressive political communication, strategy, election 2024

Abstrak

Presiden Joko Widodo menyatakan di tahun 2045 mendatang generasi Z akan mengubah wajah politik Indonesia. Pernyataan presiden tersebut perlu diperjelas, ke arah mana dan dengan strategi komunikasi seperti apa perubahan wajah politik yang dibebankan pada Gen-Z ini akan dicapai. Jika ingin mengarahkan potensi Gen-Z ke arah perubahan yang lebih baik bagi masa depan Indonesia, maka sejak sekarang diperlukan upaya untuk merumuskan model komunikasi yang memadai dan sesuai dengan karakteristik Gen-Z. Dalam konteks Pemilu, memastikan pemilih Gen-Z memiliki pengetahuan dan kesadaran politik adalah ugas utama parpol dan KPU. Tujuan penelitian ini untuk mengelaborasi strategi komunikasi politik bagi generasi Z dalam menghadapi Pemilu 2024. Data pada studi deskriptif ini dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara mendalam terhadap para tokoh Partai Politik dan KPU daerah di wilayah Jawa Barat. Hasil riset menunjukan Gen-Z Jabar adalah pengguna media sosial yang aktif, waktu yang mereka habiskan setiap hari rata-rata di atas empat jam (46,2%), dengan pilihan empat besar platform,  Whatsapp (94,2%), Instagram (89,7%), Youtube (69,9%), Tiktok (66,7%) dan Facebook (44,8%). Dari data ini, nampaknya KPU juga Parpol dapat mengintensifkan sosialisasinya melalui platform media sosial pilihan para Gen-Z ini. Temuan riset lainnya, bahwa kendati masih terjadi kesenjangan antara kebutuhan Gen-Z Jabar untuk mendapatkan pendidikan pemilih dengan kapasitas KPU daerah dan Partai Politik dalam memenuhi kebutuhan tersebut, tetapi hampir 80% Gen-Z di Jawa Barat menyatakan akan menggunakan hak suaranya pada pemilu 2024 nanti. Selain itu, diperlukan SDM KPU dan Parpol yang memiliki keterampilan khusus semacam Content Creative, mengingat pembuatan Podcast, Meme dan Humor politik bukan suatu hal yang mudah, tapi tidak berarti mustahil dilakukan. KPU dan Parpol juga sebaiknya dapat memberi akses lebih lebar untuk para Gen-Z terlibat lebih aktif dalam proses pemilu.

Kata Kunci: Gen-Z, Pendidikan Pemilih, Komunikasi Politik, Komunikasi Pemerintah, Strategi, Pemilu 2024.

Biografi Penulis

Evie Ariadne Shinta Dewi, Universitas Padjadjaran, Bandung

Referensi

Arafat, T. A., Budi, I., Mahendra, R., & Salehah, D. A. (2020, November). Demographic analysis of candidates supporter in twitter during indonesian presidential election 2019. In 2020 International Conference on ICT for Smart Society (ICISS) (pp. 1-6). IEEE

Asmiyanto, T., Ferezagia, D. V., Inamullah, M. H., Abdurrahman, Z., & Roselina, E. (2021). The effect of information-seeking behavior on gen-Z political preference: Study on 2020 district heads election in depok and south tangerang. Library Philosophy & Practice, 2021(October), 1-17

Bennett, W. L., & Segerberg, A. (2013). The logic of connective action: Digital media and the personalization of contentious politics. Information, Communication & Society, 15(5), 739-768.

Bresler, M., Galiullina, S., & Gerasimova, D. (2020). Transformation of the values of Generation Z-Residents of the digital society of sustainable development. In E3S Web of Conferences (Vol. 208, p. 09043). EDP Sciences.

Broadbent, E., Gougoulis, J., Lui, N., Pota, V., & Simons, J. (2017). Generation Z: Global citizenship survey. London: Varkey Foundation

Chaffee, S. H., & Frank, C. D. (2017). How we learn to make good political decisions: A research agenda. The International Journal of Press/Politics, 22(4), 429-442.

Damanik, Erond.L. (2018). WHATSAPP DAN PEMILIH PEMULA DI KOTA MEDAN: Partisipasi Politik Era Demokrasi Digital pada Pemilihan Gubernur Provinsi Sumatera Utara 2018. The Journal of Society & Media 2018, Vol. 2(2) 81-108 https://journal.unesa.ac.id/index.php/jsm/index

Deckman, M., & McDonald, J. (2023). Uninspired by Old White Guys: The Mobilizing Factor of Younger, More Diverse Candidates for Gen Z Women. Politics & Gender, 19(1), 195-219.

Delli Carpini, M. X., & Keeter, S. (1996). What Americans know about politics and why it matters. Yale University Press.

Efriza, E. (2019). Penguatan Sistem Presidensial dalam Pemilu Serentak 2019. Jurnal Penelitian Politik, 16(1), 1-15. doi: https://doi.org/10.14203/jpp.v16i1.772

Faudzi, Agus Machfud et al. (2019). Social Conflict In Contestation Of Indonesia Election. The Journal of Society and Media 2019, Vol. 3(2) 159-177

Fridkin, K. L., & Kenney, P. J. (2011). The changing role of presidential debate moderators. Presidential Studies Quarterly, 41(2), 271-291.

Gentina, E. (2020). Generation Z in Asia: a research agenda. In E. Gentina & E. Parry (eds). The new generation Z in Asia: Dynamics, differences, digitalization (The changing context of managing people (pp 3-19). Bingley: Emerald Publishing.

Huda, N. m. & Nasef, M. I. (2017). Penataan Demokrasi & Pemilu di Indonesia Pasca Reformasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kosar, S. A., Muruthi, B. A., Shivers, C., Zarate, J., & Byron, J. (2023). Millennials and Generation Z: Men’s perspectives on hashtag feminism. The Journal of Men’s Studies, 31(3), 478-499.

Little, R. (2009). The political engagement of young people in Europe. Youth & Society, 41(3), 380-404.

McBeth, M. K., Belyea, J., & Perry, A. (2021). Dalton and Putnam: Teaching Political Polarization to Generation Z Students. PS: Political Science & Politics, 54(4), 750-754.

McBeth, M. K. (2022). Coddled or Engaged? Teaching Political Tolerance to Generation Z Students. Journal of Political Science Education, 18(4), 438-454.

McNair, B. (2003). Journalism and democracy: An evaluation of the political public sphere. Routledge.

Milner, H. (2002). Civic education: What makes students learn. Yale University Press.

Nuhrawati, A. (2018). Hukum dan Demokrasi Jalan Menuju Kesejahteraan Rakyat. Pleno Jure, 7(2), 16-27.

Parmelee, J. H., Perkins, S. C., & Beasley, B. (2023). Personalization of politicians on Instagram: what Generation Z wants to see in political posts. Information, Communication & Society, 26(9), 1773-1788.

Saputro, R. H., Anggoro, T., Muslim, S., Wardani, I. U., Fatmawati, E., Yusuf, M., & Yusuf, M. A. (2023). Gaining Millenial and Generation Z Vote: Social Media Optimization by Islamic Political Parties. resmilitaris, 13(1), 323-336.

Saltis, M. N., Critchlow, C., & Fulling-Smith, J. (2023). “I’m More than Just My Gender”: The Experiences of Today’s Transgender and Gender Expansive Youth. Journal of LGBTQ Issues in Counseling, 17(3), 223-241.

Seyfi, S., Sharifi-Tehrani, M., Hall, C. M., & Vo-Thanh, T. (2023). Exploring the drivers of Gen Z tourists’ buycott behaviour: A lifestyle politics perspective. Journal of Sustainable Tourism, 1-19.

Sloam, James (2016). Diversity and voice: The political participation of young people in the European Union. British Journal of Politics & International Relations,

Smith, A., & Anderson, M. (2018). Social Media Use in 2018. Pew Research Center. [Online]. Available: https://www.pewresearch.org/internet/2018/03/01/social-media-use-in-2018/

Spitznagel, E. (2020). Generation Z is bigger than millennials – and they’re out to change the world. New York Post. https://nypost.com/2020/01/25/generation-z-is-bigger-than-millennials-and-theyre-out-to-change-the-world/

Susanti, A., & Natalia, T. W. (2018, August). Public space strategic planning based on Z generation preferences. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 407, No. 1, p. 012076). IOP Publishing.

Tun, A. L. (2023). Deconstructing and Reinforcing Gender Norms and Cultural Taboos in Myanmar's Spring Revolution. Journal of Burma Studies, 27(1), 29-63.

Widiyaningrum, W. Y. (2019). Menumbuhkan nilai kesadaran Pancasila di kalangan generasi muda: Kajian teoretis. Jurnal JISIPOL, 3(3), 69-58.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-29

Cara Mengutip

Dewi, E. A. S., Arifin, H. S. ., & Fuadi, I. . (2023). Nurturing Political Engagement: Political Communication Strategies for Generation Z in the Lead-up to the 2024 Election in West Java. The Journal of Society and Media, 7(2), 370–388. https://doi.org/10.26740/jsm.v7n2.p370-388
Abstract views: 590 , PDF Downloads: 272

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama