Urgensi Literasi Digital dalam Meningkatkan Kesiapan Kerja di Revolusi Industri 4.0

Penulis

  • Taufiq Rahmat Universitas Al-Ghifari, Bandung
  • M Taufan Ashshiddiqi Universitas Al-Ghifari, Bandung
  • Diah Apriliani Universitas Al-Ghifari, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.26740/jsm.v8n1.p307-326

Kata Kunci:

digital literacy competence, work readiness, gen-z, rural area

Abstrak

Revolusi Industri 4.0 dan pandemi covid-19 mengubah kebiasaan dan cara kerja dunia usaha dan dunia industri dengan pendekatan teknologi digital yang berpotensi mengancam berbagai profesi dan kesempatan kerja. Lulusan pendidikan tinggi dan generasi muda juga masih menyumbang angka pengangguran yang cukup mendominasi. Untuk itu, calon tenaga kerja perlu dibekali kompetensi literasi digital agar memiliki kesiapan bersaing dan beradaptasi dengan dunia kerja saat ini. Kajian ini berupaya mengukur sejauh mana dan pentingnya kompetensi literasi digital bagi tenaga kerja Gen-Z lulusan perguruan tinggi dalam menghadapi dunia kerja. Penelitian ini menggunakan metode explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner skala Likert 1-5, disebarkan kepada 133 responden yang dipilih oleh peneliti, menyasar tenaga kerja lulusan perguruan tinggi dengan rentang usia 24-29 (Gen-Z) di wilayah Jawa Barat Selatan dengan simple random sampling teknik. Kemudian data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan persamaan struktural Structural Equation Modeling. Hubungan pengetahuan, keterampilan, dan sikap & nilai pada kompetensi literasi digital terhadap Kesiapan Kerja Generasi Z di Pedesaan Jawa Barat Selatan berpengaruh positif signifikan. Kajian ini belum mengidentifikasi cakupan penuh generasi lulusan perguruan tinggi atau Gen-Z untuk semua lulusan, perlunya penelitian lanjutan yang fokus pada pengembangan sumber daya manusia pedesaan.

Referensi

Alexander, B., Becker, S. A., Cummins, M., & Giesinger, C. H. (2017). Digital literacy in higher education, Part II: An NMC Horizon project strategic brief. The New Media Consortium.

Becker, S. A., Cummins, M., Davis, A., Freeman, A., Hall, C. G., & Ananthanarayanan, V. (2017). NMC horizon report: 2017 higher education edition. The New Media Consortium.

Bick, A., Blandin, A., & Mertens, K. (2020). Work from home after the COVID-19 Outbreak. Federal Reserve Bank of Dallas, Research Department.

Firouzi, F., Chakrabarty, K., & Nassif, S. (2020). Intelligent internet of things: From device to fog and cloud. Springer.

Friedlmaier, M., Tumasjan, A., & Welpe, I. M. (2018). Disrupting industries with blockchain: The industry, venture capital funding, and regional distribution of blockchain ventures. Venture Capital Funding, and Regional Distribution of Blockchain Ventures (September 22, 2017). Proceedings of the 51st Annual Hawaii International Conference on System Sciences (HICSS).

Gueye, M., & Exposito, E. (2020). University 4 . 0 : The Industry 4 . 0 paradigm applied to Education. January. https://hal-univ-pau.archives-ouvertes.fr/hal-02957371/document

Law, N., Woo, D., & Wong, G. (2018). A global framework of reference on digital literacy skills for indicator 4.4. 2. UNESCO.

Lestari, S., & Santoso, A. (2019). The Roles of Digital Literacy, Technology Literacy, and Human Literacy to Encourage Work Readiness of Accounting Education Students in the Fourth Industrial Revolution Era. KnE Social Sciences, 3(11), 513. https://doi.org/10.18502/kss.v3i11.4031

Nikolaev, A., Artemiev, I., Parfenov, E., & Radnaeva, L. (2020). New Didactic Approaches in Conditions of Inclusive Education. In Lecture Notes in Networks and Systems (Vol. 131, Issue March). https://doi.org/10.1007/978-3-030-47415-7_30

Rahmat, T, Nuryani, E., Siswanto, D., & Undang, G. (2021). ServQual and WebQual 4.0 for usability check academic information system of private university. Journal of Physics: Conference Series, 1869(1), 12097.

Rahmat, T., & Apriliani, D. (2023). Model of Global HR Development and Green Economy Diplomacy: Strengthening Global Environmental Governance in Indonesia. Journal of Law and Sustainable Development, 11(11), e404-e404.

Rahmat, T., Faozanudin, M., & Nurany, F. (2024). Manajemen E-Government. Mafy Media Literasi Indonesia.

Schwab, K. (2018). The global competitiveness report 2018. World Economic Forum, 671.

Sima, V., Gheorghe, I. G., Subi?, J., & Nancu, D. (2020). Influences of the industry 4.0 revolution on the human capital development and consumer behavior: A systematic review. Sustainability, 12(10), 4035.

World Economic Forum. (2017). The Future of Jobs Employment, Skills and Workforce Strategy for the Fourth Industrial Revolution. Global Challenge Insight Report, January. https://doi.org/10.23943/princeton/9780691172811.003.0009

Yulianti, M., Asniati, A., & Juita, V. (2021). Pengaruh Keahlian Akuntansi, Literasi Digital dan Literasi Manusia Terhadap Kesiapan Kerja Calon Akuntan di Era Disrupsi Teknologi Digital. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(2), 449. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i2.389

Diterbitkan

2024-04-29

Cara Mengutip

Rahmat, T., Ashshiddiqi, M. T., & Apriliani, D. (2024). Urgensi Literasi Digital dalam Meningkatkan Kesiapan Kerja di Revolusi Industri 4.0. The Journal of Society and Media, 8(1), 307–326. https://doi.org/10.26740/jsm.v8n1.p307-326
Abstract views: 654 , PDF Downloads: 574