Building Sociological Imagination through Social Media:

A Study on Instagram Account @Sociology_Perspective

Penulis

  • Annissa Damayanti Universitas Negeri Jakarta, Jakarta
  • Rakhmat Hidayat Universitas Negeri Jakarta, Jakarta
  • Afdhal Afdhal University of Pattimura, Ambon

DOI:

https://doi.org/10.26740/jsm.v7n2.p425-445

Kata Kunci:

social media, instagram, learning media alternatives, knowledge, sociological imagination

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konten dan kegiatan yang disajikan akun Instagram @Sociology_Perspective sebagai upaya memperkaya pemahaman tentang sosiologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi secara online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akun Instagram  @Sociology_Perspective memiliki berbagai konten dan kegiatan yang terdiri dari ruang menulis, diskusi, dan informasi. Berbagai konten dan kegiatan tersebut dapat memberikan dampak yang beragam seperti menambah wawasan sosiologi, membantu peningkatan akademik mata kuliah sosiologi, meningkatkan soft skill, serta membangun daya berpikir kritis. Dampak tersebut akan membantu dalam peningkatan pemahaman dasar ilmu sosiologi dan membangun imajinasi sosiologi. Namun imajinasi sosiologi tidak dapat terbentuk hanya dengan memanfaatkan konten dan kegiatan dari akun tersebut. Membangun imajinasi sosiologis membutuhkan waktu yang lama serta kegiatan pengamatan secara langsung di masyarakat untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai realitas kehidupan sosial.

Referensi

Ainiyah, N. (2018). Remaja millenial dan media sosial: media sosial sebagai media informasi pendidikan bagi remaja millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221–236.

Akram, W., & Kumar, R. (2017). A study on positive and negative effects of social media on society. International Journal of Computer Sciences and Engineering, 5(10), 351–354.

Dinatha, N. M. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Facebook untuk Menilai Sikap Ilmiah (Afektif) Mahasiswa. Journal of Education Technology, 1(3), 211–217.

Elsayed, W. (2021). The negative effects of social media on the social identity of adolescents from the perspective of social work. Heliyon, 7(2), e06327.

Gale, J. (2021). The Complete Instagram Manual (9th ed.). Papercut Limited.

Garoutte, L. (2018). The sociological imagination and community-based learning: Using an asset-based approach. Teaching Sociology, 46(2), 148–159.

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. The Internet and Higher Education, 19, 18–26.

Goswami, V., & Singh, D. R. (2016). Impact of mobile phone addiction on adolescent’s life: A literature review. International Journal of Home Science, 2(1), 69–74.

Haryanto, H. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Komunitas Pustakawan Homogen Dalam Rangka Pemanfaatan Bersama Koleksi Antar Perguruan Tinggi. Edulib, 5 (1), 83–89.

Hironimus-Wendt, R. J., & Wallace, L. E. (2014). The sociological imagination and social responsibility. Teaching Sociology, 37(1), 76–88.

Housiaux, A. (2019). Existentialism and INSTAGRAM. The Phi Delta Kappan, 101(4), 48–51. https://www.jstor.org/stable/26861455

Kebede, A. (2019). Practicing sociological imagination through writing sociological autobiography. Teaching Sociology, 37(4), 353–368.

Lase, D. (2019). Pendidikan di era revolusi industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 28–43.

Massengill, R. P. (2015). Sociological writing as higher-level thinking: Assignments that cultivate the sociological imagination. Teaching Sociology, 39(4), 371–381.

Mauliza, N., & Yuhermansyah, E. (2021). Perceraian Pada Masa Pandemi Covid-19 di Mahkamah Syar’iyah Lhokseumawe. El-Hadhanah: Indonesian Journal Of Family Law And Islamic Law, 1(2), 172–184.

Mawardi, U. (2019). Peningkatan Soft Skill Anak Usia Dini Melalui Media Mindscape pada Pembelajaran Terpadu Model Nested di Lembaga PAUD Nasyiah Jakarta. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 149–162.

McCoy, C. (2014). Awakening Students’ Sociological Imagination. Contemporary Issues in Education Research, 5(2), 61–66.

Mills, C. W. (1959). The sociological imagination. Oxford University Press.

Nell Trautner, M., & Borland, E. (2013). Using the sociological imagination to teach about academic integrity. Teaching Sociology, 41(4), 377–388.

Nikolaeva, E. M., & Kotliar, P. S. (2017). Strategy of Media Education: Philosophical and Pedagogical Aspects. Journal of History Culture and Art Research, 6(6), 132–138.

Patterson, G. R., DeBaryshe, B. D., & Ramsey, E. (2017). A developmental perspective on antisocial behavior. Routledge.

Puga, I., & Easthope, R. (2017). An Analysis of C. Wright Mills’s The Sociological Imagination. Macat Library.

Pujiono, A. (2021). Media sosial sebagai media pembelajaran bagi generasi Z. Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 1–19.

Raut, V., & Patil, P. (2016). Use of Social Media in Education: Positive and Negative impact on the students. International Journal on Recent and Innovation Trends in Computing and Communication, 4(1), 281–285.

Sari, M. P., & Lubis, E. E. (2017). Fenomena penggunan media sosial instagram sebagai komunikasi pembelajaran agama Islam oleh mahasiswa fisip universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 4(2), 1–13.

Siddiqui, S., & Singh, T. (2016). Social media its impact with positive and negative aspects. International Journal of Computer Applications Technology and Research, 5(2), 71–75.

Sumarno, L. (2022). Tentang Kami. http://sociologyperspective.id/about.php

Susilo, D., & Rachmad, K. (2017). 20 Tokoh Sosiologi Modern. ArRuzz Media.

Tkacová, H., Králik, R., Tvrdoň, M., Jenisová, Z., & Martin, J. G. (2022). Credibility and Involvement of Social Media in Education—Recommendations for Mitigating the Negative Effects of the Pandemic among High School Students. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(5), 2767.

Yilmazsoy, B., Kahraman, M., & Utku, K. (2020). Negative aspects of using social networks in education: A brief review on WhatsApp example. Journal of Educational Technology and Online Learning, 3(1), 69–90.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-28

Cara Mengutip

Damayanti , A., Hidayat, R., & Afdhal, A. (2023). Building Sociological Imagination through Social Media:: A Study on Instagram Account @Sociology_Perspective. The Journal of Society and Media, 7(2), 425–445. https://doi.org/10.26740/jsm.v7n2.p425-445
Abstract views: 295 , PDF Downloads: 196