Building Sociological Imagination through Social Media:
A Study on Instagram Account @Sociology_Perspective
DOI:
https://doi.org/10.26740/jsm.v7n2.p425-445Kata Kunci:
social media, instagram, learning media alternatives, knowledge, sociological imaginationAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konten dan kegiatan yang disajikan akun Instagram @Sociology_Perspective sebagai upaya memperkaya pemahaman tentang sosiologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi secara online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akun Instagram @Sociology_Perspective memiliki berbagai konten dan kegiatan yang terdiri dari ruang menulis, diskusi, dan informasi. Berbagai konten dan kegiatan tersebut dapat memberikan dampak yang beragam seperti menambah wawasan sosiologi, membantu peningkatan akademik mata kuliah sosiologi, meningkatkan soft skill, serta membangun daya berpikir kritis. Dampak tersebut akan membantu dalam peningkatan pemahaman dasar ilmu sosiologi dan membangun imajinasi sosiologi. Namun imajinasi sosiologi tidak dapat terbentuk hanya dengan memanfaatkan konten dan kegiatan dari akun tersebut. Membangun imajinasi sosiologis membutuhkan waktu yang lama serta kegiatan pengamatan secara langsung di masyarakat untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai realitas kehidupan sosial.
Referensi
Elsayed, W. (2021). The negative effects of social media on the social identity of adolescents from the perspective of social work. Heliyon, 7(2), e06327.
Gale, J. (2021). The Complete Instagram Manual (9th ed.). Papercut Limited.
Mills, C. W. (1959). The sociological imagination. Oxford University Press.
Patterson, G. R., DeBaryshe, B. D., & Ramsey, E. (2017). A developmental perspective on antisocial behavior. Routledge.
Sumarno, L. (2022). Tentang Kami. http://sociologyperspective.id/about.php
Susilo, D., & Rachmad, K. (2017). 20 Tokoh Sosiologi Modern. ArRuzz Media.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 The Journal of Society and Media

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

