Lip Service Presiden Jokowi: Politisasi Wacana Demokrasi dan Antikorupsi

Penulis

  • Putri Arthadea Khansa Universitas Brawijaya, Malang
  • Esti Junining Universitas Brawijaya, Malang
  • Oni Dwi Arianto Unit Pendidikan Kebangsaan dan Karakter (UPKK) Universitas Airlangga, Surabaya
  • Agus Wahyudi Universitas NU Surabaya , Surabaya
  • Andik Yuliyanto Universitas Negeri Surabaya, Surabaya
  • Ervan Kus Indarto Universitas Airlangga, Surabaya
  • Rima Firdaus Universitas Airlangga, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jsm.v7n2.p341-369

Kata Kunci:

lips service, political discourse analysis, discourse politicization, texts, contexts

Abstrak

Komunikasi membutuhkan perhatian pada kejujuran dan kepercayaan. Komunikator harus memiliki kredibilitas yang dapat dipercaya. Pidato akan dihargai jika sesuai dengan tindakan. Kesenjangan antara tuturan dan tindakan implementasi hanya akan menjadikan tuturan sebagai lip service saja. Ada dua tujuan dari penelitian ini. Pertama, mengungkap berbagai teks basa-basi dari Presiden Jokowi. Kedua, mengungkap konteks munculnya teks komunikasi basa-basi Presiden Jokowi. Pembacaan teks dan konteks yang terjalin ini akan memberikan pemahaman yang komprehensif tentang komunikasi lip service Presiden Jokowi sekaligus pemahaman mengapa komunikasi lip service tersebut terjadi. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Wacana Politik (PDA). Penggunaan metode PDA adalah untuk menganalisis teks dan konteks komunikasi lip service Jokowi. Teks dan konteks yang diteliti antara lain teks tentang diperbolehkannya demonstrasi pada pelantikan Presiden periode kedua Jokowi, revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), permintaan Presiden Jokowi agar masyarakat lebih masif dalam mengkritisi, dan mengenai Negara. Tes Wawasan (TWK) bagi pegawai KPK. Komunikasi lip service Presiden Jokowi terjadi ketika pokok pembicaraan terkait dengan dua wacana. Pertama, wacana yang berkaitan dengan nilai-nilai fundamental demokrasi. Kedua, wacana terkait antikorupsi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa komunikasi lip service dilakukan untuk mempolitisasi wacana agar Presiden Jokowi tetap diasosiasikan sebagai pemimpin yang demokratis dan antikorupsi.

Kata Kunci: Lip Service, Aanlisis Wacana Politik, Politisasi Wacana, Teks, Konteks

Referensi

Akbar, I. 2016. Democracy And Social Movement: Student Movement Towards The Dynamics Of Social Change. Jurnal Wacana, Vol. 1(2), 107–115.

Alfaroby, M. I. and S. 2023. Jurnal Disastri : LANGUAGE POLITENESS STRATEGIES IN PODCASTS. 5(1), 25–34.

Allifiansyah, S. 2017. Kaum Muda, Meme, dan Demokrasi Digital di Indonesia. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 13(2), 151–164. https://doi.org/10.24002/jik.v13i2.676

Arianto, O. D. 2021. Represif Political Communication through Legal Produks to Preserve Ideology of Jokowi’s Government. The Journal of Society and Media. https://doi.org/10.26740/jsm.v5n1.p173-198

Aristotle. 2007. On Rhetoric A Theory of Civic Discourse (2nd ed.). Oxford University Press.

Aspinall, E., & Mietzner, M. 2019. Indonesia's democratic paradox: competitive elections amidst rising illiberalism. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 55(3), 295-317.

Asrinaldi, & Yusoff, M. A. 2023. Power consolidation and its impact on the decline of democracy in Indonesia under President Jokowi. Cogent Social Sciences, 9(1), 2232579.

Bachtiger, A. at al. 2018. The Oxford Handbook of Deliberative Democracy. 1–31.

Baum, M. A., & Groeling, T. 2008. New media and the polarization of American political discourse. Political Communication, 25(4), 345-365.

Bick, E. 2016. Lip-service to service: the Knesset debates over civic national service in Israel, 1977–2007. Israel Affairs, 22(1), 126–149. https://doi.org/10.1080/13537121.2015.1111630

Biron, M., & Bamberger, P. A. 2011. More than lip service: Linking the intensity of empowerment initiatives to individual well-being and performance. International Journal of Human Resource Management, 22(2), 258–278. https://doi.org/10.1080/09585192.2011.540150

Bland, B. 2020. Man of Contradictions Joko Widodo and The Struggle to Remake Indonesia. penguin special. https://doi.org/10.4324/9781315175379-5

Bourchier, D., & Jusuf, W. 2023. Liberalism in Indonesia: between authoritarian statism and Islamism. Review of Asian Studies, 47(1), 69-87.

Dewi, D. M., & Widyawati, D. 2021. Peran Internet dalam Meningkatkan Pembangunan Demokrasi di Kawasan Barat Indonesia [The Role of the Internet in Improving Democratic Development in Western Indonesia. Jurnal Politica Dinamika Masalah Politik Dalam Negeri Dan Hubungan Internasional, 12(1), 43–66. https://doi.org/10.22212/jp.v12i1.2029

Eriyanto. 2011. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. LKiS.

Faliha, S., & Putri, K. Y. S. 2022. Semiotic Analysis of Jokowi’s Political Meme “the King of Lip Service” and “YNTKTS” as Media for Criticism in the Digital Age. Persepsi: Communication Journal, 5(2), 87–98. https://doi.org/10.30596/persepsi.v5i2.10183

Fealy, G. 2020. Jokowi in the Covid-19 era: Repressive pluralism, dynastyism and the overbearing state. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 56(3), 301-323.

Fikri, M. H. 2021. Pengaruh Terpaan Konten Instagram ‘Jokowi: The King of Lip Service’ oleh @BEMUI_OFFICIAL terhadap Tingkat Kepercayaan Masyarakat Atas Kredibilitas Presiden Joko Widodo. UIN Sunan Kalijaga.

Gummesson, E. 2010. Lip service - A neglected area in service marketing. Journal of Services Marketing, 1(1), 19–23.

Hady, N., & Ibrahim, M. H. Bin. 2023. State Relations, Media, and the Power of Civil Society after the fall of The New Order Regime in Indonesia. The Journal of Society and Media, 7(1), 267–280. https://doi.org/10.26740/jsm.v7n1.p267-280

Haryatmoko. 2019. Critical Discourse Analysis (Analisis Wacana Kritis). Rajawali Pers.

Mietzner, M. 2014. How Jokowi won and democracy survived. Journal of Democracy, 25(4), 111–125. https://doi.org/10.1353/jod.2014.0073

Muhtadi, B. 2015. Jokowi’s First Year: A Weak President Caught between Reform and Oligarchic Politics. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 51(3), 349–368. https://doi.org/10.1080/00074918.2015.1110684

Najamuddin, et al. 2022. STUDENT CRITICISM TO JOKOWI’S POLICY : (Critical Discourse Analysis on Uploads of BEM UI 2021 on Instagram. Jurnalisa, 8, No 2.

Nelson, H. G. 2002. Being in Service: Lip Service? Room Service? Self-Service? Protective or Military Service? Social or Public Service? Full Service? Systems Research and Behavioral Science, 19(5), 407–416. https://doi.org/10.1002/sres.497

Novianto, A., & Wulansari, A. D. 2023. Responding to Elite Consolidation: the Anti-Cement-Factory Movement Resisting Oligarchy in an Indonesian Local Election. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 26(3), 298–310. https://doi.org/10.22146/jsp.50591

Safiera, H. N. 2022. Analisis Framing Pemberitaan dengan Tajuk "Jokowi: The King of Lip Service di Kompas.com. UIN Syarif Hidayatullah.

Satrio, S. 2022. Analisis Semiotika E-Poster Jokowi: The King of Lip Service Berdasarkan Kajian Persepsi Visual. Jurnal Bahasa Visual, 1.

Sayuti, A. 2020. Analisis Gaya Komunikasi Presiden Jokowi saat Berpidato Melalui Unggahan di Media Sosial Youtube. Universitas Islam Negeri Ar-Ranity.

Sibaweh, N. and C. H. 2021. Makna Gerakan Sosial Meme “Jokowi: The King of Lip Service” pada Akun Instagram BEM UI. Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 6 No 4, 364–382.

Sulistijanto, A. B. 2018. Komunikasi Politik Jokowi. Simbiosa Rekatama Media.

Sumartias, S., Pulubuhu, D. A. T., Sudarmono, Adi, A. N., & Ratnasari, E. 2023. Democracy in the Indonesian Digital Public Sphere: Social Network Analysis of Twitter Users’ Responses to the Issue of Nationalism Knowledge Test at the Corruption Eradication Commission (TWK-KPK). Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 26(3), 240–257. https://doi.org/10.22146/jsp.70896

Syarif, Z. A. 2022. Interpretation of Double Movement Theory in the Case of ‘The King Of Lip Service.’ Journal of Islamic Communication and Counseling, 1(2), 122–140. https://doi.org/10.18196/jicc.v1i2.16

Tapsell, R. 2017. Media Power in Indonesia: Oligarchs, Citizens and Digital Revolution. In Indonesia.

Tinov, M. Y. T. and B. W. 2018. Gaya Komunikasi Politik Presiden Joko Widodo dalam Menyikapi Isu-Isu Kebijakan Publik Melalui Media Massa. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, Vol. 14, No. 24, Sept. 2018, 14(Ilmu Pemerintahan).

Warburton, E. 2016. Jokowi and the New Developmentalism. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 52(3), 297–320. https://doi.org/10.1080/00074918.2016.1249262

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-29

Cara Mengutip

Khansa, P. A. ., Junining, E., Arianto, O. D., Wahyudi, A., Yuliyanto, A., Indarto, E. K., & Firdaus, R. (2023). Lip Service Presiden Jokowi: Politisasi Wacana Demokrasi dan Antikorupsi. The Journal of Society and Media, 7(2), 341–369. https://doi.org/10.26740/jsm.v7n2.p341-369
Abstract views: 183 , PDF Downloads: 164