Teknologi Informasi dan Pembebasan Perempuan: Feminisme dalam Kisah Serial “Layangan Putus”

Penulis

  • Yelly Elanda Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Suharnanik Suharnanik Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Lusi Rispita Asmara Zhejiang Gongshang University, Hangzhou

DOI:

https://doi.org/10.26740/jsm.v7n1.p72-88

Kata Kunci:

feminism, cyberfeminist, identity, female gaze

Abstrak

Perempuan dalam film layangan putus yang menjadi subjek tulisan ini adalah Kinan. Kinan merupakan tokoh utama serial Layangan Putus yang tayang di WeTV, menceritakan kisah cinta segitiga. Kinan diperankan Putri Marino, perempuan dengan kemampuan menggunakan teknologi informasi dalam mengungkap perilaku suami yang selingkuh kemudian memutuskan berpisah. Penelitian ini menggunakan media serial program televisi yang sedang trending topik sebagai bagian dari fenomena posisi perempuan dalam rumah tangga, kemampuan perempuan untuk bersikap dan bersuara dengan kemampuan teknologi informasinya. Metode penelitian ini berupa analisa text wacana kritis, kemudian studi literatur dalam memberikan gambaran kondisi perempuan di era digital. Hasil studi ini menunjukkan bahwa film layangan putus telah mengakomodir sudut pandang perempuan atau female gaze dalam menceritakan pengalamannya. Perempuan yang direpresentasikan dalam sosok Kinan digambarkan sebagai subjek yang aktif, memiliki pilihan dalam menentukan perilaku dan tindakannya. Perempuan memanfaatkan teknologi informasi untuk keluar dari hubungan yang tidak sehat dalam pernikahan. Perempuan lebih mampu menunjukkan identitasnya meskipun bertabrakan dengan nilai-nilai yang berkembang dalam masyarakat.

Referensi

Adiprasetio, J., & Larasati, W. 2019. Remediation and Counter Hegemony of Gender Dichotomy in Indonesian Family: Multimodal Discourse Analysis of Two Kecap Advertisements. The Indonesian Journal of Southeast Asian Studies, 3(1), 119–142.

Ardanareswari, I. 2018. Seks Dalam Layar. Dialog Pustaka.

Artarina, M., & Ariana, W. R. 2019. Feminitas dan Wanita Pelakor. SASTRA, 9(2), 101–108.

Astuti, D. 2020. Melihat Konstruksi Gender dalam Proses Modernisasi di Yogyakarta. Populika, 8(1).

Azgha, R., Wardarita, R., & Wardiah, D. 2021. The Study of Feminism in the Novel of the Choice Mother God Works Rizka Azizah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1).

Barker, C., & Janne, A. E. 2021. Kajian Budaya. Pustaka Pelajar.

Barli, C., Sili, S., & Valiantien, M. N. 2017. Women Portrayal in Patriarchal Society Through Female Main Characters in Zemeckis’ Beowulf Film (2007). Ilmu Budaya, 1(3).

Dewi, M. D. 2019. The Representation of Patriarchy in Indonesian Children Folk Tales from Sumatra Island. Lingua Cultura, 13(3), 167–172.

Elanda, Y. 2018. Representasi Mitos Kecantikan dalam Kolom Female. Journal of Urban Sociology, 1(1).

Elanda, Y. 2021. The Construction of an Ideal Mother amid the Covid-19 Pandemic: Gender Injustice Experienced by Career Women while Working From Home. HUMANISM : Journal of Gender Studies, 5(1). https://doi.org/10.30983/humanisme.v5i1.3670

Febro, D. J., Catindig, C. A. M., & Caparida, T. L. 2021. ICT Literacy for Marginalized Girls and Women’s Empowerment. Asian Women, 37(1), 51–91.

Getty, M. S. 2018. Shaming the Other Woman (Pelakor) Female Catfight as a Spectacle in Social Media. Proceedings Language in the Online & Offline World 6: The Fortitude.

Grunberg, L. M. 2020. Male Gaze in the Cinema. How Women, in General, and Mothers, in particular, are Represented in the Movies of the ’70s. Analyze Journal of Gender and Feminist Studies, 15(29), 83–94.

Hartini, C. L., Sari, A. N., & Suhendi, D. I. 2022. Representasi Monstrositas Perempuan dalam Kumpulan Cerpen Sihir Perempuan Karya Intan Paramaditha. Ilmu Budaya, 6(4), 1479–1488.

Janitra, A. P. 2018. Persepsi Perempuan Terhadap Konsep Pelakor di Media Sosial. Humanisma, 2(1), 55–63.

Kabeer, N. 2020. Women’s Empowerment and Economic Development: A Feminist Critique of Storytelling Practices in ‘Randomista’ Economics. Feminist Economics, 26(2), 1–26.

Kusuma, R. S., & Yuan Vitasari. 2017. Gendering the Internet: Perempuan Pada Ruang Gender Yang Berbeda. Jurnal ILMU KOMUNIKASI , 14(1).

Lestari, I. T. W., & Suprapto, D. 2020. Representasi Feminisme dalam Film 7 Hari 7 Cinta 7 Wanita. Kaganga Komunika, 2(1), 23–37.

Lobo, C. V. 2018. In Search of the Female Gaze: Women as Practitioners of Fashion Photography. Cental Saint Martins.

Long, Z. 2023. The Gendered Gaze on Social Media: the Female Gaze as Rebellion. BCP Education and Psychology, 9.

Mahanani, F., D, A. S., & B, P. A. S. 2020. Representasi Male Gaze terhadap Perempuan dalam Iklan Dot Dodo. Audiens, 1(2), 199–2005.

McAllister, P. M., & DeCarvalho, J. L. 2014. Sexualized Branded Entertainment and the Male Consumer Gaze. TripleC, 12(1), 299–314.

Meiliana, S. 2016. Sociology of Literature&Feminist Sociological Theory. Pustaka Mandiri.

Mubarok, I. 2017. Male Gaze dalam Film The Handmaiden. Interaksi Online, 6(1), 1–15.

Mulatsih, M. 2020. Posthumanism in Two Fanfiction Stories: The Cyborg and Cyborg. International Journal of Humanity Studies (IJHS), 4(2), 81–87.

Nadeau, F. 2022, January. Review Serial Layangan Putus. CNN Indonesia.

Ngila, D., Nelius Boshoff, Frances Henry, Roseanne Diab, Shirley Malcom, & Jennifer Thomson. 2017. Women’s Representation in National Science Academies: An Unsettling Narrative. South African Journal of Science.

Offiong, E. E., Eyo, I. E., & Offiong, E. A. 2021. Patriarchy, Culture and the Social Development of Women in Nigeria. Pinisi Journal of Art, Humanity and Social Studies, 1(4), 79–86.

Osoliova, V. 2021. Framing the Absence and Presence of Rebecca: Female Subjectivity and Voyeurism On and Off-Screen in Alfred Hitchcock’s Rebecca. Americana E-Journal of American Studies in Hungary, 17(1).

Pratiwi, B. Z. R., & Susilowati, E. 2020. Persepsi Komunitas Solo Hijabers Mengenai Konstruksi Citra Perempuan dalam Kontes Kecantikan. Aristo, 8(2), 381–405.

Putrianti, E., Sumaryadi, & Alya, C. W. 2022. Male Gaze the Role of Women in the Wedding Agreement Film: Case Study of Feminism Paradigm. The International Journal of Humanities&Social Sciences, 10(7).

Rodriguez, V. G. L. 2017. 500 Days of Postfeminism: a Multidisciplinary Analysis of the Manic Pixie Dream Girl Stereotype in Its Contexts. Prisma Social, 2, 167–201.

Careful, A. 2019. Kesetaraan Gender dalam Dunia Pendidikan. Tarbawi, 1.

Sahmeni, E., & Afifah, N. 2019. Using Critical Discourse Analysis (CDA) in Media Discourse Studies: Unmask the Mass Media. Journal of Research and Innovation in Language, 1(2).

Saraswati, A., & Sartini, N. W. 2017. Wacana Perlawanan Persebaya 1927 terhadap PSSI: Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough. Mozaik Humaniora, 17(2).

Sari, R., Putri, E. S., Herdi, H., & Hamuddin, B. 2018. Bridging Critical Discourse Analysis in Media Discourse Studies. Indonesian EFL Journal, 4(2).

Sharma, S., & Bumb, A. 2021. Role Portrayal of Women in Advertising: An Empirical Study. Journal of International Women’s Studies, 22(9), 236–255.

Silverio, A. S., Wilkinson, C., & Wilkinson, S. 2021. The Male Gaze or Male Gays? From Romance to Bromance through Performances of Gender and Sexuality by Two of Love Island’s Favourite Characters. Sexuality and Culture, 25(3).

Suharnanik, S., & Yulairini, S. 2022. Family Welfare Empowerment (PKK) Role in Set Woman Cooperation to Support Economy Creative Empowerment Based on Community. Revista de Cercetare si Interventie Sociala, 77.

Surahman, S. 2015. Representasi Feminisme dalam Film Indonesia. LISKI, 1(2), 119–145.

Susandijani. 2018, February 20. Heboh Video Viral Bu Dendy: Suami Direbut, Pelakor Dilempar Uang. Tempo. Co.

Sutanto, M. S. 2020. Dekonstruksi Representasi Perempuan pada Poster Film Pahlawan Super Produksi Hollywood. Andharupa, 6(1).

Toni, A. 2019. Pengaruh Feminisme Terhadap Cerai Gugat Di Pengadilan Agama. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 20(1), 59–64.

Wardianto, K. G. 2018, February 25. Pelakor Jadi Tren, Apa kata Hasil Riset tentang Fenomena ini? Kompas.Com.

Xu, H., Zhang, Z., Wu, L., and Wang, J. C. 2019. The Cinderella Complex: Word Embeddings Reveal Gender Stereotypes in Movies and Books. Plos One, 14(11).

Zhu, N., & Chang Lei. 2019. Involved but Not Fixed: a Life History Account of Gender Roles and Gender Inequality. Frontiers in Psychology, 10.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-04-30

Cara Mengutip

Elanda, Y. ., Suharnanik, S., & Asmara, L. R. . (2022). Teknologi Informasi dan Pembebasan Perempuan: Feminisme dalam Kisah Serial “Layangan Putus”. The Journal of Society and Media, 7(1), 72–88. https://doi.org/10.26740/jsm.v7n1.p72-88
Abstract views: 245 , PDF Downloads: 208