Kapitalisasi Teknologi untuk Siaran Budaya Jawa untuk Melayani Komunitas Urban Surabaya

Penulis

  • Zainal Abidin Achmad Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur http://orcid.org/0000-0001-8580-761X
  • Didiek Tranggono Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Surabaya
  • Ahmad Shidqi Haetami Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Surabaya
  • Juliana Nur Rachmah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Surabaya
  • Salsa Billa Frisanti Sanin Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Surabaya
  • A.A.I. Prihandari Satvikadewi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jsm.v7n1.p49-71

Kata Kunci:

cultural radio, radio media fm, the network society, virtual ethnography

Abstrak

Studi ini mengeksplorasi pemanfaatan teknologi di Radio Media 90.1 FM untuk menyiarkan program budaya Jawa untuk peningkatan finansial. Pendengar terbesar radio ini adalah masyarakat urban Surabaya yang mencintai budaya Jawa. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi virtual sehingga peneliti dapat partisipatif secara online dan offline dengan kegiatan penyiaran. Pata peneliti mendapatkan data tentang kebijakan program dan kegiatan komunitas pecinta budaya Jawa pada saat penyiaran program budaya. Lima informan dalam studi ini, yaitu WID, ANT, SAM, GEN, MUS merupakan perwakilan unsur manajemen, programer, penyiar, teknisi, dan pendengar loyal. Studi ini menemukan bahwa adaptasi teknologi yang digunakan untuk kapitalisasi adalah aplikasi audio streaming dan Facebook. Melalui akun Facebook (https://www.facebook.com/Media90.1FM), para pendengar membangun komunitas virtual pecinta budaya Jawa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa interaksi komunitas pecinta budaya Jawa di Facebook (viewers, likes, dan comments) merupakan bentuk kapitalisasi teknologi yang diterapkan oleh Radio Media 90,1 FM sebagai data yang langsung dimanfaatkan oleh pengiklan.
Kata Kunci: Radio Budaya, Radio Media FM, Masyarakat Jaringan, Etnografi Virtual

Biografi Penulis

Zainal Abidin Achmad, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Dr. Zainal Abidin Achmad, S.Sos., M.Si., M.Ed. adalah dosen Ilmu Komunikasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Indonesia.  Ia menjadi reviewer di Jurnal MKP Universitas Airlangga (Sinta 2), Jurnal ETNOSIA Universitas Hasanuddin (Sinta 2), Jurnal Komunikasi Islam UIN Sunan Ampel Surabaya (Sinta 2). Ia memiliki pengalaman kerja dalam berbagi aktivitas advokasi dan community development bersama berbagai Kementerian, NGO dalam dan luar negeri dan badan dunia (Kementerian PUPR, BAPPENAS, Kemenkopolhukam, Kemendagri, Kemenag, Reform Institute, LP3ES, PUPUK, The Asia Foundation, World Bank,  USAID, AusAID, UNICEF). Ia memiliki kontribusi dalam serangkaian riset opini dan exit poll pada pemilu dan pemilukada di wilayah Indonesia. Saat ini, Ia memiliki konsistensi mendorong penerapan Index Democracy Indonesia sejak berpartisipasi dalam UNDP IDI-Project. Ia memiliki pengalaman mengajar jurnalistik pers, hukum media massa, komunikasi politik, sosiologi komunikasi, media relations, dan komunikasi pemasaran. Gelar sarjana (S.Sos.) diperoleh dari Ilmu Komunikasi, Universitas Airlangga Surabaya. Gelar master pertama (M.Si.) diperoleh dari Ilmu Ilmu Sosial, Universitas Airlangga Surabaya.  Gelar master kedua (M.Ed.) diperoleh dari Bilingual Education, Rangsit University, Thailand. Sedangkan gelar doktor (Dr.) diperoleh dari Ilmu Sosial, Universitas Airlangga, Surabaya. Ia lahir di Pacitan, pada tanggal 19 Mei 1973.  Memiliki berbagai aktivitas profesi dan sosial. Antara lain, sebagai (1) Ketua Ikatan Alumni Komunikasi Universitas Airlangga, periode 2019-2024. (2) Pengurus Himpunan Pembina Bahasa Indonesia (HPBI) Jawa Timur, periode  2019–2024. (3) Wakil ketua bidang penerbitan ilmiah, Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Jawa Timur, periode 2018-2023. (4) Humas Ikatan Alumni FISIP Universitas Airlangga, periode 2018-2023. (5) Wakil Ketua Bidang  Humas,  Publikasi  dan  Dokumentasi,  Ikatan  Alumni  Lemhannas RI  (IKAL), Komisariat Provinsi Jawa Timur, periode 2017-2022.

Referensi

Achmad, Zainal Abidin, Heidy Arviani, and Nobertus Ribut Santoso. 2021. “The Sanak-Kadang Jodhipati: A New Form of Virtual Radio Listeners Community.” Jurnal ASPIKOM 6(1):94–109. doi: 10.24329/aspikom.v6i1.830.

Achmad, Zainal Abidin, and Rachmah Ida. 2018. “Etnografi Virtual Sebagai Teknik Pengumpulan Data Dan Metode Penelitian.” The Journal of Society & Media 2(2):130–45. doi: 10.26740/jsm.v2n2.p130-145.

Achmad, Zainal Abidin, Rachmah Ida, and Mustain Mustain. 2020. “A Virtual Ethnography Study: The Role of Cultural Radios in Campursari Music Proliferation in East Java.” ETNOSIA: Jurnal Etnografi Indonesia 5(2):221–37.

Achmad, Zainal Abidin, and Juwito. 2020. Sritanjung FM: Mediamorfosis Dari Radioe Lare Using Menjadi Kebanggaan Banyuwangi. Surabaya: Sahaja.

Achmad, Zainal Abidin, Juwito Juwito, and Muhammad Saud. 2020. “The Local Creative Ads on Sritanjung FM to Increase Financial Revenue During COVID-19 Pandemic.” Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi 6(2):135–46. doi: 10.30813/bricolage.v6i02.2229.

Al-hassan, Seidu, Alhassan Andani, and Abdulai Abdul-malik. 2011. “The Role of Community Radio in Livelihood Improvement: The Case of Simli Radio.” Field Actions Science Reports 5(October 2012):1–6.

Andayani, Tri Juniati, and Zainal Abidin Achmad. 2020. “‘Parenting with Rumah Keluarga Risman’ Facebook Group as Information Society and Determinant of Technology Function.” Indonesian Journal of Social Sciences 12(02):62–72.

Castells, Manuel. 2004. “Informationalism, Networks, and the Network Society: A Theoretical Blueprint.” P. 488 in The network society: a cross-cultural perspective, edited by M. Castells. Northampton: Edward Elgar.

Castells, Manuel. 2008. “Materials for an Exploratory Theory of the Network Society.” British Journal of Sociology 51(1):5–24. doi: 10.1080/000713100358408.

Cumming, Ann Marie. 2019. “Study Finds Local TV And Radio Industry Creates $1.17 Trillion In Economic Activity Annually." National Association Broadcasters. Retrieved 1 November, 2019 (https://www.nab.org/documents/newsroom/pressRelease.asp?id=5147).

Durant, Alan, and Marina Lambrou. 2009. Language and Media: A Resource Book for Students. New York: Routledge.

Eltzroth, Carter, and Charles Kenny. 2003. Broadcasting and Development Options for the World Bank. 11. Washington, DC.

Ervan, and Hery Setiawan. 2019. “Lewat Radio, Pecinta Campursari Melebur Dalam Temu Kangen." Sentralone.Com, 3 January.

Fatimatuzzahro, Fatimatuzzahro, and Zainal Abidin Achmad. 2022. “What If It Was You (#WIIWY) Digital Activism on TikTok to Fight Gender-Based Violence Online and Cyberbullying.” Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik 35(4):450–65. doi: 10.20473/mkp.V35I42022.450-465.

Federal Ministry of Transport and Digital Infrastructure. 2017. Action Plan for the Transformation of Radio Broadcasting in the Digital Age. Berlin.

Gazi, Angeliki, Guy Starkey, and Stanislaw Jedrzejewski. 2011. Radio Content in the Digital Age: The Evolution of a Sound Medium. Edited by A. Gazi, G. Starkey, and S. Jedrejewski. Bristol: Intellect.

George, William, and Scott Roberts. 2002. Radio Industry Review 2002: Trends in Ownership, Format, and Finance. Paper #11. Washington.

Hine, Christine. 2004. “Virtual Ethnography Revisited.” Online Research Methods, Research Methods Festival.

Hine, Christine, ed. 2005. Virtual Methods : Issues in Social Research on the Internet. 1st ed. Oxford: Berg.

Hujanen, Taisto, and Per Jauert. 1998. “The New Competitive Environment of Radio Broadcasting in the Nordic Countries: A Short History of Deregulation and Analysis.” Journal of Radio & Audio Media 5(1):105–31. doi: 10.1080/19376529809384533.

Internews. 2011. “Starting a Local Radio Station.” 104.

Khelsea, Yustika Okta, Zainal Abidin Achmad, Didiek Tranggono, and Dyva Claretta. 2021. “Etnografi Virtual Perilaku Impulsive Buying Remaja Muslimah Penggemar K-Pop Di Surabaya.” Jurnal Komunikasi Islam 11(02):264–89. doi: 10.15642/JKI.2021.11.02.264-289.

Lister, Brian, Caroline Mitchell, and Tony O’Shea. 2010. Managing Radio. Edited by B. Lister. Sedgefield.

Mu-azu, Iddirisu Andani, and G. P. Shivram. 2017. “The Impact of Radio Broadcast in Local Dialect on Rural Community.” Journal of Applied and Advanced Research 2(3):114. doi: 10.21839/jaar.2017.v2i3.76.

Mudhai, Okoth Fred. 2011. “Survival of ‘Radio Culture’ in a Converged Networked New Media Environment.” Pp. 253–86 in Popular Media, Democracy and Development in Africa, edited by H. Wasserman. London: Routledge.

Mulyadi, Ivan. 2011. “Melakukan Segmentasi Dengan Demografi.” Marketing. Co.Id, June.

Murdock, Graham, and Peter Golding. 2016. “Political Economy and Media Production: A Reply to Dwyer.” Media, Culture & Society 38(5):763–69. doi 10.1177/0163443716655094.

PRSSNI Jawa Timur. 2014. "RADIO MEDIA 90.10 FM." Radiojatim.Com. Retrieved 28 July, 2022 (https://www.radiojatim.com/index.php?option=com_content&view=article&id=79&Itemid=310).

Rosén, Björn. 2008. The Future of Radio. Stockholm-Globen.

Rusdi, Farid. 2012. “Bahasa Daerah Dan Industri Radio.” Menggagas Pencitraan Berbasis Kearifan Lokal 347–56.

Rysan, Razanah Mutiara, Syifa Syarifah Alamiyah, Dyva Claretta, and Zainal Abidin Achmad. 2021. “Etnografi Virtual Kritik Satire Video YouTube’s Got Talent Di Kanal Skinnyindonesian24.” Translitera: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media 10(2):44–60.

Schmidt, Blandine. 2012. “Interactivity on Radio in the Internet Age: A Case Study from France.” Pp. 28–34 in Radio Content in the Digital Age, edited by S. Gazi and Jedrzejewski. Bristol: Intellect.

Sterling, S. Revi, John O’Brien, and John K. Bennett. 2009. “Advancement through Interactive Radio.” Information Systems Frontiers 11(2):145–54. doi: DOI 10.1007/s10796-009-9170-3.

Strinati, Dominic. 2018. An Introduction to Theories of Popular Culture. 2nd ed. London and New York: Routledge.

Suzananet. 2022. “Suzana Radio Network." Http://Www.Suzananet.Com/. Retrieved 20 July, 2022 (http://www.suzananet.com/).

Turkle, Sherry. 2011. Life on the Screen: Identity in the Age of the Internet. New York: Simon and Schuster.

Wahyuningtyas, Dwi, Ade Kusuma, Roziana Febrianita, and Zainal Abidin Achmad. 2021. “Local Language Programs in Cultural Radios to Maintain Indonesian National Identity.” Etnosia: Jurnal Etnografi Indonesia 6(1):47–65. doi: 10.31947/etnosia.v6i1.11973.

Woods & Poole Economics. 2019. Local Radio and TV: Helping Drive the United States Economy. Washington DC.

World Bank Group. 2016. Digital Dividends. Washington DC.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-24

Cara Mengutip

Achmad, Z. A., Tranggono, D. ., Haetami, A. S., Rachmah, J. N., Sanin, S. B. F., & Satvikadewi, A. P. (2023). Kapitalisasi Teknologi untuk Siaran Budaya Jawa untuk Melayani Komunitas Urban Surabaya. The Journal of Society and Media, 7(1), 49–71. https://doi.org/10.26740/jsm.v7n1.p49-71
Abstract views: 154 , PDF Downloads: 156