Kapitalisasi Teknologi untuk Siaran Budaya Jawa untuk Melayani Komunitas Urban Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.26740/jsm.v7n1.p49-71Kata Kunci:
cultural radio, radio media fm, the network society, virtual ethnographyAbstrak
Studi ini mengeksplorasi pemanfaatan teknologi di Radio Media 90.1 FM untuk menyiarkan program budaya Jawa untuk peningkatan finansial. Pendengar terbesar radio ini adalah masyarakat urban Surabaya yang mencintai budaya Jawa. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi virtual sehingga peneliti dapat partisipatif secara online dan offline dengan kegiatan penyiaran. Pata peneliti mendapatkan data tentang kebijakan program dan kegiatan komunitas pecinta budaya Jawa pada saat penyiaran program budaya. Lima informan dalam studi ini, yaitu WID, ANT, SAM, GEN, MUS merupakan perwakilan unsur manajemen, programer, penyiar, teknisi, dan pendengar loyal. Studi ini menemukan bahwa adaptasi teknologi yang digunakan untuk kapitalisasi adalah aplikasi audio streaming dan Facebook. Melalui akun Facebook (https://www.facebook.com/Media90.1FM), para pendengar membangun komunitas virtual pecinta budaya Jawa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa interaksi komunitas pecinta budaya Jawa di Facebook (viewers, likes, dan comments) merupakan bentuk kapitalisasi teknologi yang diterapkan oleh Radio Media 90,1 FM sebagai data yang langsung dimanfaatkan oleh pengiklan.
Kata Kunci: Radio Budaya, Radio Media FM, Masyarakat Jaringan, Etnografi Virtual
Referensi
Achmad, Zainal Abidin, and Juwito. 2020. Sritanjung FM: Mediamorfosis Dari Radioe Lare Using Menjadi Kebanggaan Banyuwangi. Surabaya: Sahaja.
Durant, Alan, and Marina Lambrou. 2009. Language and Media: A Resource Book for Students. New York: Routledge.
Eltzroth, Carter, and Charles Kenny. 2003. Broadcasting and Development Options for the World Bank. 11. Washington, DC.
Federal Ministry of Transport and Digital Infrastructure. 2017. Action Plan for the Transformation of Radio Broadcasting in the Digital Age. Berlin.
Gazi, Angeliki, Guy Starkey, and Stanislaw Jedrzejewski. 2011. Radio Content in the Digital Age: The Evolution of a Sound Medium. Edited by A. Gazi, G. Starkey, and S. Jedrejewski. Bristol: Intellect.
George, William, and Scott Roberts. 2002. Radio Industry Review 2002: Trends in Ownership, Format, and Finance. Paper #11. Washington.
Hine, Christine, ed. 2005. Virtual Methods : Issues in Social Research on the Internet. 1st ed. Oxford: Berg.
PRSSNI Jawa Timur. 2014. "RADIO MEDIA 90.10 FM." Radiojatim.Com. Retrieved 28 July, 2022 (https://www.radiojatim.com/index.php?option=com_content&view=article&id=79&Itemid=310).
Strinati, Dominic. 2018. An Introduction to Theories of Popular Culture. 2nd ed. London and New York: Routledge.
Turkle, Sherry. 2011. Life on the Screen: Identity in the Age of the Internet. New York: Simon and Schuster.
Woods & Poole Economics. 2019. Local Radio and TV: Helping Drive the United States Economy. Washington DC.
World Bank Group. 2016. Digital Dividends. Washington DC.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 The Journal of Society and Media

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

