Media Baru dan Paham Radikalisme Pada Kalangan Remaja Di Kota Kendari Sulawesi Tenggara

Penulis

  • Aldilal Aldilal State Institute for Islamic Studies (IAIN) Kendari, Kendari
  • La Ode Mansabdar Kanande State Institute for Islamic Studies (IAIN) Kendari, Kendari
  • Yusyrifah Halid State Institute for Islamic Studies (IAIN) Kendari, Kendari
  • Aminudin Aminudin State Institute for Islamic Studies (IAIN) Kendari, Kendari

DOI:

https://doi.org/10.26740/jsm.v7n1.p1-18

Kata Kunci:

new media, media effects, radicalism, youth

Abstrak

Pemanfataan alat komunikasi yakni media baru yang terus menunjukan perkembangan pesat pada saat ini telah mengahadirkan beragam polemik akan perkembangan informasi  dan cara berekspresi pada masyarakat di media baru, namun dalam perkembangannya media baru memberikan dampak yang baik dan juga buruk khususnya pada para pengguna media baru yakni Remaja. Pemanfaatan media baru juga pada saat ini dimanfaatkan oleh kelompok teroris untuk menyebarkan paham radikalismenya menggunakan media baru dengan tujuan untuk mempengaruhi atau melakukan perekrutan yang  menyasar para remaja. Menggunakan metode penelitian kualitatif, sampel penelitian diambil dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan data primer & data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama,  Remaja di Kota Kendari saat ini tidak memiliki panduan atau literasi mengenai paham-paham radikalisme di media sosial.  Kedua, kebanyakan remaja di Kota Kendari memilih memberikan respon  terhadap  akun yang terindikasi paham radikal di media sosial dengan melaporkan akun tersebut. Ketiga, sedikit remaja merespon memilih untuk tetap melihat atau mengkonsumsi dan membiarkan akun yang menyebarkan paham radikal tersebut, kemungkinan akan rentan terpengaruh atau terpapar paham radikalisme.

Referensi

Apriadi Tamburaka. 2013. Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bakti, Agus Surya. 2016. Deradikalisasi Nusantara (Perang Semesta Berbasis Kearifan Lokal Melawan Radikalisme Dan Terorisme). Daulat Press: Daulat Press.

Cahyono, A. S. 2016. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157. https://doi.org/10.36563/publiciana.v9i1.79

Defleur, M.L., dan S. Ball Rokeach. 1975. Theories of Mass Communication. 3rd ed. New York: David McKay.

Mcquaill, Denis. 2000. Mass Communication Theory.

Mcquaill, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Unde, Andi Alimuddin. 2014. Televisi & Masyarakat Pluralistik. Prenadamedia group.

Diterbitkan

2023-05-24

Cara Mengutip

Aldilal, A. A., Kanande, L. O. M., Halid, Y., & Aminudin, A. (2023). Media Baru dan Paham Radikalisme Pada Kalangan Remaja Di Kota Kendari Sulawesi Tenggara. The Journal of Society and Media, 7(1), 1–18. https://doi.org/10.26740/jsm.v7n1.p1-18
Abstract views: 415 , PDF Downloads: 414