Kontestasi Aktor di TikTok Dalam Mencapai Popularitas

Penulis

  • Afdhal Afdhal Universitas Pattimura
  • Etin Prihatina State University of Jakarta
  • Yuanita Apriliandini Siregar State University of Jakarta
  • Rakhmat Hidayat State University of Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/jsm.v6n2.p444-465

Kata Kunci:

contest, popularity, TikTok, habitus, capital

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konteks media sosial TikTok sebagai ranah kontestasi bagi lima kreator konten mahasiswa IPB University dalam mencapai status popularitas, dan modal lima kreator konten mahasiswa IPB University pada ranah media sosial TikTok dalam mencapai status popularitas dan untuk mendeskripsikan implikasi kontestasi pada ranah media sosial TikTok bagi lima kreator konten mahasiswa IPB University. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dan wawancara digital melalui platform zoom meetings, Instagram, YouTube, whatsapp dan line, dokumentasi, dan kajian studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa TikTok menjadi ranah kontestasi bagi lima kreator konten mahasiswa IPB University yang didasarkan pada kepemilikan modal, habitus dan perbedaan praktik. Pembedaan (distinction) dan selera menjadi faktor penguat setiap kreator konten dalam berkontestasi sebagai ciri khas kreator dan penanda kelasnya dalam TikTok. Modal yang mendominasi meliputi modal budaya, modal simbolik yang dipengaruhi modal ekonomi, serta lingkungan pertemanan yang membentuk habitus kreator konten. Kontestasi di TikTok memberikan dampak berupa perbedaan hasil kontestasi, yakni peningkatan pendapatan (modal ekonomi), dan perkembangan relasi atau jaringan (modal sosial).

Referensi

Bourdieu, Pierre. 1984. Distinction A Social Critique of the Judgement of Taste. edited by R. Nice. Kittredge Hall: Harvard University Press.

Bourdieu, Pierre. 1990. On Television. New York: The New Press.

Bourdieu, Pierre. 1993. The Field of Cultural Production. New York: Columbia University Press.

Bourdieu, Pierre, and Loic J. D. Wacquant. 1992. An Invitation to Reflexive Sociology. Cambridge: Polity Press.

Grenfell, Michael. 2008. Pierre Bourdieu: Key Concepts. Buckinghamshire: Acumen Publishing.

Diterbitkan

2023-03-25

Cara Mengutip

Afdhal, A., Prihatina, E., Siregar, Y. A., & Hidayat, R. (2023). Kontestasi Aktor di TikTok Dalam Mencapai Popularitas. The Journal of Society and Media, 6(2), 444–465. https://doi.org/10.26740/jsm.v6n2.p444-465
Abstract views: 478 , PDF Downloads: 569