Lip Service Presiden Jokowi: Politisasi Wacana Demokrasi dan Antikorupsi
DOI:
https://doi.org/10.26740/jsm.v7n2.p341-369Kata Kunci:
lips service, political discourse analysis, discourse politicization, texts, contextsAbstrak
Komunikasi membutuhkan perhatian pada kejujuran dan kepercayaan. Komunikator harus memiliki kredibilitas yang dapat dipercaya. Pidato akan dihargai jika sesuai dengan tindakan. Kesenjangan antara tuturan dan tindakan implementasi hanya akan menjadikan tuturan sebagai lip service saja. Ada dua tujuan dari penelitian ini. Pertama, mengungkap berbagai teks basa-basi dari Presiden Jokowi. Kedua, mengungkap konteks munculnya teks komunikasi basa-basi Presiden Jokowi. Pembacaan teks dan konteks yang terjalin ini akan memberikan pemahaman yang komprehensif tentang komunikasi lip service Presiden Jokowi sekaligus pemahaman mengapa komunikasi lip service tersebut terjadi. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Wacana Politik (PDA). Penggunaan metode PDA adalah untuk menganalisis teks dan konteks komunikasi lip service Jokowi. Teks dan konteks yang diteliti antara lain teks tentang diperbolehkannya demonstrasi pada pelantikan Presiden periode kedua Jokowi, revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), permintaan Presiden Jokowi agar masyarakat lebih masif dalam mengkritisi, dan mengenai Negara. Tes Wawasan (TWK) bagi pegawai KPK. Komunikasi lip service Presiden Jokowi terjadi ketika pokok pembicaraan terkait dengan dua wacana. Pertama, wacana yang berkaitan dengan nilai-nilai fundamental demokrasi. Kedua, wacana terkait antikorupsi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa komunikasi lip service dilakukan untuk mempolitisasi wacana agar Presiden Jokowi tetap diasosiasikan sebagai pemimpin yang demokratis dan antikorupsi.
Kata Kunci: Lip Service, Aanlisis Wacana Politik, Politisasi Wacana, Teks, Konteks
Referensi
Aristotle. 2007. On Rhetoric A Theory of Civic Discourse (2nd ed.). Oxford University Press.
Aspinall, E., & Mietzner, M. 2019. Indonesia's democratic paradox: competitive elections amidst rising illiberalism. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 55(3), 295-317.
Asrinaldi, & Yusoff, M. A. 2023. Power consolidation and its impact on the decline of democracy in Indonesia under President Jokowi. Cogent Social Sciences, 9(1), 2232579.
Baum, M. A., & Groeling, T. 2008. New media and the polarization of American political discourse. Political Communication, 25(4), 345-365.
Bland, B. 2020. Man of Contradictions Joko Widodo and The Struggle to Remake Indonesia. penguin special. https://doi.org/10.4324/9781315175379-5
Bourchier, D., & Jusuf, W. 2023. Liberalism in Indonesia: between authoritarian statism and Islamism. Review of Asian Studies, 47(1), 69-87.
Eriyanto. 2011. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. LKiS.
Fealy, G. 2020. Jokowi in the Covid-19 era: Repressive pluralism, dynastyism and the overbearing state. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 56(3), 301-323.
Haryatmoko. 2019. Critical Discourse Analysis (Analisis Wacana Kritis). Rajawali Pers.
Safiera, H. N. 2022. Analisis Framing Pemberitaan dengan Tajuk "Jokowi: The King of Lip Service di Kompas.com. UIN Syarif Hidayatullah.
Satrio, S. 2022. Analisis Semiotika E-Poster Jokowi: The King of Lip Service Berdasarkan Kajian Persepsi Visual. Jurnal Bahasa Visual, 1.
Sayuti, A. 2020. Analisis Gaya Komunikasi Presiden Jokowi saat Berpidato Melalui Unggahan di Media Sosial Youtube. Universitas Islam Negeri Ar-Ranity.
Sulistijanto, A. B. 2018. Komunikasi Politik Jokowi. Simbiosa Rekatama Media.
Tapsell, R. 2017. Media Power in Indonesia: Oligarchs, Citizens and Digital Revolution. In Indonesia.
Tinov, M. Y. T. and B. W. 2018. Gaya Komunikasi Politik Presiden Joko Widodo dalam Menyikapi Isu-Isu Kebijakan Publik Melalui Media Massa. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, Vol. 14, No. 24, Sept. 2018, 14(Ilmu Pemerintahan).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 The Journal of Society and Media

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

