Analisis Persaingan Pengunaan Pengiriman Barang dan Jasa Oleh Toko Online di Medan Menggunakan Metode Teori Permainan

Isi Artikel Utama

Parapat Gultom
Rony Marpaung
Annisa Pratiwi

Abstrak

Pelayanan jasa pengiriman barang adalah suatu badan usaha yang bergerak dalam bidang bisnis pengiriman barang, adapun jalur dalam pengiriman barang tersebut melalui jalur darat, jalur udara, atau jalur laut dan memberikan pelayanan yang secara efektif dan efisien guna memenuhi kepuasan pelanggan yang akan mengirimkan barangnya. Banyaknya penggunaan jasa pengiriman barang menyebabkan pesatnya persaingan antara usaha ini, sehingga untuk masing-masing perusahaan jasa pengiriman barang harus memiliki strategi yang optimal. Untuk mencari strategi pemasaran yang optimal maka penelitian ini menerapkan teori permainan sebagai arahan hasil optimalisasi strategi pemasaran dengan pengambilan data hasil kepuasan penggunaan layanan jasa pengiriman barang tersebut melalui data dari kuesioner. Hasil penelitian didapatkan bahwa strategi optimal pada perusahaan Kantor Pos Indonesia terletak pada strategi kelima yaitu jangkauan lokasi. Strategi optimal untuk perusahaan JNE terletak pada strategi kedua, yaitu ketepatan waktu. Terakhir, stategi optimal untuk perusahaan J&T terletak pada strategi ketiga, yaitu layanan jemput. Tujuan yang sangat diprioritaskan dari penelitian ini adalah bagaimana perusahaan yang telah menjadi objek penelitian ini bisa menerapkan strategi optimal sesuai dengan hasil yang sudah diperoleh.

Rincian Artikel

Bagian
Analysis
Biografi Penulis

Parapat Gultom, Universitas Sumatera Utara

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia

Rony Marpaung, Universitas Sumatera Utara

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia

Annisa Pratiwi, Universitas Sumatera Utara

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia