SIMULASI METODE RESAMPLING DAN PENDUGAAN DATA HILANG TERBAIK

Main Article Content

Vinny Yuliani Sundara
Rini Warti
Ainun Mardia

Abstract

Analisis data sudah sangat luas digunakan dalam penelitian, namun masalah pada data seperti jumlah sampel yang sedikit dan adanya data hilang tidak dapat dihindari. Metode resampling dan pendugaan data hilang mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui metode resampling dan pendugaan data hilang yang terbaik dengan melihat hasil penduga rasio dan ragam dugaan rasio dari berbagai metode tersebut. Penelitian ini menggunakan metode simulasi dengan menggunkan bahasa pemrograman R. Pada penelitian ini metode Jackknife menghasilkan dugaan rasio yang sama dengan metode Stratified Random Sampling. Ragam dugaan rasio metode Jackknife dan Bootstrap relatif lebih kecil dibandingkan metode Stratified Random Sampling. Pada metode Bootstrap ragam dugaan tergantung pada banyaknya ulangan, semakin banyak ulangan maka ragam dugaan rasio relatif lebih kecil. Pada metode pendugaan data hilang untuk kasus ini metode Imputasi Regresi (Deterministik) dan algoritma EM lebih baik dibandingkan metode Imputasi Regresi (Stokastik) dikarenakan dugaan rasio yang lebih mendekati dan ragam dugaan rasio yang relatif lebih kecil.

Article Details

Section
Statistics

References

[1] B. Efron. The Jackknife, The Bootstrap, and Other Resampling Plans, SIAM. Philadelphia, Pennsylvania, 1982.

[2] Mendenhall, Scheaffer, and Ott, Elementary Survey Sampling, Wadsworth Publishing Company A Division of International Thomson Publishing Inc, 1982.

[3] W. Septiana, Pendugaan Galat Baku Nilai Tengah Menggunakan Metode Resampling Jackknife dan Bootsrtrap Nonparametric , Lampung : Univerisitas Lampung, 2013.