MODEL INTERVENSI FUNGSI STEP UNTUK PERAMALAN HARGA SAHAM PT. GARUDA INDONESIA (PERSERO) TBK DI MASA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Septri Damayanti
Siska Yosmar

Abstract

Sektor industri penerbangan Indonesia mengalami dampak negatif yang cukup hebat akibat COVID-19. Hal tersebut membuat performa finansial maskapai-maskapai di Indonesia memburuk, terutama berimbas kepada merosotnya close price index industri penerbangan milik pemerintah, khususnya PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA). Model intervensi merupakan suatu model time series yang digunakan untuk memodelkan dan meramalkan data yang mengandung intervensi baik dari faktor internal maupun eksternal. data harga Adapun tujuan penelitian ini akan membahas mengenai model intervensi fungsi step untuk menentukan model terbaik dan meramalkan saham PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk untuk periode berikutnya. Data yang digunakan adalah data harian close price index dari tanggal 2 Januari 2020 sampai dengan tanggal 8 Januari 2021. Berdasarkan penelitian ini diperoleh model intervensi fungsi step terbaik untuk data saham PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk adalah model ARIMA (3,1,3) dengan orde intervensi b = 2, s = 0, dan r = 0. Pada penelitian menggunakan model tersebut didapatkan hasil peramalan data saham menggunakan model intervensi fungsi step  yang berada dalam ambang batas 95% confidence interval dengan nilai peramalan Root Mean Square Error (RMSE) sebesar 5,02, artinya tingkat kesalahanya 5,02%.

Article Details

Section
Statistics
Author Biographies

Septri Damayanti, Bengkulu University

Prodi S1 Matematika FMIPA Universitas Bengkulu

Siska Yosmar, Bengkulu University

Prodi S1 Matematika FMIPA Universitas Bengkulu

References

[1] IQPlus. Ini Dampak Pandemi COVID-19 ke Garuda Indonesia. 16 September 2020. https://www.sinarmassekuritas.co.id/ini-dampak-pandemi-covid-19-ke-garuda-indonesia. Diakses 13 Januari 2021.
[2] Wei, W.W.S., 2006. Time Series Analysis: Univariate and Multivariate 2nd Edition. New Jersey : Pearson Education.
[3] Sari, R.N., Mariani, S., Handikawati, P. 2016. œAnalisis Intervensi Fungsi Step pada Harga Saham (Studi Kasus Saham PT. Fast Food Indonesia Tbk). UNNES Journal of Mathematics 5(2).
[4] Chrystine, A., Hoyyi, A., Safitri, D. 2014. œAnalisis Intervensi Fungsi Step (Studi Kasus pada Jumlah Pengiriman Benda Pos ke Semarang pada Tahun 2006-2011). Jurnal Gaussian, Vol. 3, No.3, hal. 293-302.
[5] Ekayanti, R., Maria, M.N., Sulistianingsih, E. 2014. œAnalisis Model Intervensi Fungsi Step untuk Peramalan Kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) terhadap Besarnya Pemakaian Listrik. Buletin Ilmiah Mat. Stat. dan Terapannya. Vol. 3, No. 3, hal. 175-184.
[6] Budiarti, L., Tarno., Warsito, B. 2013. œAnalisis Intervensi dan Deteksi Outlier pada Data Wisatawan Domestik (Studi Kasus di Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Gaussian, Vol.2, No.1.
[7] Brockwell, P.J. dan Davis, R.A. 2002. Introduction to Time Series and Forecasting. Springer-Verlag. New York.
[8] Makridakis, S., Wheelwright, S.C., McGee, V.E. 1988. Metode dan Aplikasi Peramalan, Jilid 1 Edisi Kedua. Ir. Untung Sus Andriyanto, penerjemah. Jakarta. Erlangga. Terjemahan dari: Forecasting, 2nd Edition.
[9] Wei, W.W.S., 1990. Time Series Analysis. Addison Wisley Publishing Company. Canada.
[10] https://finance.yahoo.com/quote/GIAA.JK/history?p=GIAA.JK. Diakses 12 Januari 2021.