OPTIMASI PENDISTRIBUSIAN PRODUK MENGGUNAKAN METODE INTEGER LINEAR PROGRAMMING (Studi Kasus : Pt Awet Sarana Sukses Gorontalo)

Main Article Content

Safrudin Ismail
Ismail Djakaria
Djihad Wungguli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meminimumkan total biaya operasional pendistribusian produk pada PT. Awet Sarana Sukses Gorontalo menggunakan model optimasi Capacitated Vehicle Routing Problem with Time Windows (CVRPTW) dan diselesaikan menggunakan metode Integer Linear Programming (ILP). Manfaat dari penelitian ini untuk memberikan kontribusi penting pada perusahaan dalam melakukan perencanaan proses pendistribusian produk, dengan memperhatikan biaya operasional, rute terpendek yang dilalui dan waktu bongkar muat kendaraan (time windows). Dalam penelitian ini solusi yang didapatkan berupa solusi yang optimum yang dihasilkan dengan cara menjumlahkan nilai fungsi objektif dari ketiga wilayah yang dibuat. Hasil optimasi mendapatkan Nilai objektif  sebesar Rp 675.660,- dengan menggunakan 6 kendaraan dari 33 kedaraan yang tersedia dan kendaraan melakukan proses pendistribusian sesuai dengan jenis produk yang dipesan serta tidak melebihi waktu time windows yang ditentukan oleh agen.

Article Details

Section
Algebra

References

[1] E. Adriantantri, J. D. Irawan, and S. Indriani, œImplementasi Metode Saving Matriks Pada Program Komputer Untuk Penentuan Pendistribusian Produk, Ind. Inov. J. Tek. Ind., vol. 5, no. 1, pp. 1014, 2015.

[2] D. Lalang, B. Silalahi, and F. Bukhari, œVehicle Routing Problem Time Windows Dengan Pengemudi Sesekali, J. Math. Its Appl., vol. 17, no. 2, p. 87, 2018.

[3] G. Klosowski, E. Kozlowski, and A. Gola, œInteger Linear Programming in Optimization of Waste After Cutting in the Furniture Manufacturing, vol. 17, pp. 4352, 2016.

[4] K. Braekers, K. Ramaekers, and I. Van Nieuwenhuyse, œThe vehicle routing problem: State of the art classification and review, Comput. Ind. Eng., vol. 99, pp. 300313, 2016.

[5] V. Wahyuni, œPenyelesaian Capacitated Vehicle Routing Problem Menggunakan Greedy Randomized Adaptive Search Procedure, Institut Pertanian Bogor, 2015.

[6] W. L. Wiston, Operation Research¯: Application and Algorithm, Fourth Edi. Canada: Thomson, 2000.

[7] Y. Saji and M. E. Riffi, œA novel discrete bat algorithm for solving the travelling salesman problem, Neural Comput. Appl., vol. 27, no. 7, pp. 18531866, 2016.