PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERORIENTASI MODEL PEMBELAJARAN PEMAKNAAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PDF WUSTHA

Authors

  • Syamsudin Syamsudin Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI), Al Fithrah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n2.p50-57

Keywords:

Pembelajaran pemaknaan, Motivasi belajar, Hasil belajar

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan pada semua kalangan (termasuk di dalam pondok pesantren) merupakan upaya yang harus dilakukan untuk menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pemerintah melalui Kementerian Agama memberikan perhatian khusus terhadap pondok pesantren dengan mengeluarkan peraturan tentang pendidikan keagamaan islam termasuk di dalamnya Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Wustha yang merupakan pendidikan formal setara SMP di dalam pondok pesantren. PDF Wustha dalam kurikulumnya mencantumkan pelajaran umum termasuk IPA. Namun dalam prakteknya pelajaran ini seolah hanya menjadi pelengkap sehingga motivasi dan hasil belajar siswa sangat rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran IPA berorientasi model pembelajaran pemaknaan untuk melatih motivasi dan hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif-kualitatif dengan hasil implementasi: 1) keterlaksanaan pembelajaran; 2) respon siswa ; 3) aktivitas siswa ; 4) motivasi belajar siswa; serta 5) hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada 35 siswa kelas VII PDF Wustha Al Fithrah Surabaya semester genap tahun ajaran 2017/2018 dengan rancangan One-Group Pre test and Post test Design. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif-kualitatif dengan hasil: 1) Keterlaksanaan sangat baik (skor rata-rata 3.78); 2) siswa merespon sangat positif (97.05%); 3) Aktivitas siswa bersifat student center; 4) Motivasi belajar siswa meningkat; 5) Hasil belajar belajar siswa meningkat (N-gain 0.76). Simpulan penelitian ini adalah motivasi dan hasil belajar siswa PDF Wustha dapat ditingkatkan secara efektif menggunakan model pembelajaran pemaknaan.

Kata Kunci: Pembelajaran pemaknaan, Motivasi belajar, Hasil belajar

References

Arikunto, suharsimi. (2010). œProsedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Borich, G. (1994). Observation skill for effective teaching. New York: Mac Millan Publishing Company.

Hake. (1999). Analyzing change/gain scores. Tersedia online: http://www.physicsindiana.edu/sdi/Analyzing-Cange-Gain.pdf.

Harjasujana, A.S dan Yeti Mulyati. (1997). Membaca 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Ibrahim, Muslimin. (2008). Model Pembelajaran IPA Inovatif Melalui Pemaknaan. Jakarta: Tim Peneliti Balitbang.

Ibrahim, Muslimin (2014). Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar Berbasis Kurikulum 2013. Premiere Educandum. Vol 1 no 1 (2014). Tersedia online http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=359743

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2014) Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2014 Tentang Pendidikan Keagamaan Islam. Jakarta. Kemenag.

Kuhlthau, C.C.and Todd. R.J.(2008). Guided inquiry. (Online). Tersedia. www. icwc.wikispaces.com/file/view/Guided+Inquiry.doc. Diakses 6 januari (2014).

Ratumanan, G.T. dan Laurens. (2011). Evaluasi hasil belajar pada tingkat satuan pendidikan. Surabaya: Unesa Unversity Press.

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sardiman, A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.

Trianto. (2011). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Tuckman, B. W. (1875). Conducting educational research; second edition. USA: Harcout Brace Jovanovich, Publisher.

Downloads

Published

2019-02-28

How to Cite

Syamsudin, S. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERORIENTASI MODEL PEMBELAJARAN PEMAKNAAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PDF WUSTHA. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 3(2), 50–57. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n2.p50-57
Abstract views: 1506 , PDF Downloads: 1051