PENERAPAN SISTEM POIN KEHADIRAN UNTUK MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN PADA MATA KULIAH MANAJEMEN SAINS

Authors

  • Masruroh Masruroh Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n2.p45-49

Keywords:

poin kehadiran, karakter, disiplin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan sistem poin kehadiran untuk menanamkan karakter disiplin mahasiswa pada mata kuliah Manajemen Sains. Penelitian ini merupakan penelitian pre experimental dengan desain one group pre test post test. Data diambil dari 106 mahasiswa Teknik Informatika yang mengambil mata kuliah Manajemen Sains yang terbagi dalam 4 kelas. Data didapatkan melalui observasi dengan instrumen lembar pengamatan kehadiran mahasiswa. Karakter disiplin mahasiswa dinilai berdasarkan persentase mahasiswa yang datang terlambat lebih dari 30 menit selama perkuliahan. Pengamatan dilakukan selama satu semester. Semakin kecil persentase mahasiswa yang datang terlambat, semakin baik karakter disiplin tertanam. Data dianalisis menggunakan uji t untuk mengetahui efektivitas penerapan sistem poin kehadiran untuk menanamkan karakter disiplin mahasiswa pada mata kuliah Manajemen Sains. Hasil analisis data menggunakan uji t menunjukkan thitung sebesar 3,89 dan ttabel untuk n = 4 dan α = 0,05 sebesar 2,35. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan sistem poin kehadiran efektif untuk menanamkan karakter disiplin mahasiswa pada mata kuliah Manajemen Sains.

Kata Kunci : poin kehadiran,karakter, disiplin.

References

Arikunto, Suharsimi, 2010, Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta, Rineka Cipta.

Chrismayanti, P. A., I Made Tegeh, dan Luh Ayu Tirtayani, 2016, Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Perlaku Kedisiplinan pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Pradnya Paramita, e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Ganesha, vol. 4 no. 3, diakses 29 Juli 2018, (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/download/8770/5691)

Cleopatra, Maria, 2015, Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika, Jurnal Formatif, vol. 5 no. 2 hh. 168-181.

Departemen Pendidikan Nasional, 2010, Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa, Jakarta, Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), 2018, disiplin, diakses 6 Agustus 2018, (https://kbbi.web.id/disiplin)

Purnama, Rizki, 2017, Terapi Behavior dengan Teknik reward dan Punishment dalam Meningkatkan Disiplin Diri Anak Usia Pra Sekolah Kelas TK A RA Darul Hafidhin Wonocolo Surabaya, Skripsi S1, Universitas Islam Negeri Surabaya, diakses 7 Agustus 2018, (http://digilib.uinsby.ac.id/19173/1/Abstrak.pdf)

Pemerintah Republik Indonesia, 2003, Undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta, Pemerintah Republik Indonesia.

Sudjana, 2005, Metoda Statistika, Bandung, Tarsito.

Wahyu, Zainul Akhyar, dan Maryana, 2015, Menanamkan Nilai Disiplin Anak pada Lingkungan Keluarga di Desa Sungai Pinang Lama Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, vol. 5 no. 10 hh. 853-858.

Wuryandani, W., B. Maftuh, Sapriya, dan D. Budimansyah, 2014, Internalisasi Nilai Karakter Disiplin Melalui Penciptaan Iklim Kelas yang Kondusif di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta, Jurna Pendidikan Karakter, vol. 4 no. 2, hh. 175-184.

Downloads

Published

2019-02-28

How to Cite

Masruroh, M. (2019). PENERAPAN SISTEM POIN KEHADIRAN UNTUK MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN PADA MATA KULIAH MANAJEMEN SAINS. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 3(2), 45–49. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n2.p45-49
Abstract views: 846 , PDF Downloads: 578