PENCIPTAAN BUSANA PESTA MALAM DENGAN INSPIRASI PESTA TOPENG DI PALAZZO PISANI MORETTA

Main Article Content

Renita Zaesar Fitriani
Yulistiana Yulistiana

Abstract

Busana pesta malam ialah pakaian khusus dengan gaya pakaian modis yang berlaku dan ditentukan oleh mode untuk dikenakan pada malam hari. Pada penelitian ini menggunakan sumber ide pesta topeng di Palazzo Pisani Moretta yang berada di Venice, Italia. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembuatan dan hasil jadi pada penciptaan busana pesta malam dengan inspirasi pesta topeng di palazzo pisani moretta. Metode yang digunakan yaitu metode double diamond yang terdiri dari beberapa tahap: discover,define,develop, dan deliver. Tahap awal discover, pencarian informasi serta sumber ide. Tahap kedua, define, pembuatan moodboard setelah mendapatkan sumber ide. Tahap develop, pembuatan pengembangan 5 desain busana wanita dan 4 desain busana pria. Tahap akhir deliver, tahap penerapan detail dan hiasan yaitu pada detail mapping payet, manipulating double edged cicular flounce yang terinspirasi dari palazzo pisani moretta, desain hisan payet pada busana pria yang terinspirasi dari fasad bangunan palazzo pisani moretta. Pada busana wanita menggunakan bahan utama satin sedangkan busana pria menggunakan bahan wool. Busana pria dan wanita menggunakan kmbinasi kain jacquard berwarna dark purple. Hasil jadi busana pesta malam sesuai dengan yang diharapkan, menghasilkan look elegant, classy dan mysterious serta center of interest yang terealisasikan pada detail busana.

Article Details

Section
Articles

References

Anggarini, A., Agnes Natalia Bangun, D., Irpan Saripudin, dan, Studi Desain Grafis, P., Teknik Grafika Penerbitan, J., & Negeri Jakarta, P. (2020). Alternatif Model Penyusunan Mood Board Sebagai Metode Berpikir Kreatif Dalam Pengembangan Konsep Visual. Journal Printing and Packaging Technology, 1, 1–7.

Antara, M., & Yogantari, M. V. (2018). Keragaman Budaya Indonesia Sumber Inovasi Industri Kreatif. Senada, 1, 292–301.

Antika, D. D., & Russanti, I. (2023). Penciptaan Bridal Gown Muslim Inspirasi Dari Burung Kakatua. Fashion, 1, 128–137.

Cahyadi, A. T. (2020). Target Market Target Audience. Uniikom, 10. https://repository. unikom.ac.id/63398/1/04-Target Audiens %281%29.pdf

Diliwanti, R. A. (2018). Masquerade Sebagai Inspirasi Fotografi Fashion. FSMR ISI Yogyakarta. http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40781

Imaniyah, A. R., & Wahyuningsih, U. (2020). Penerapan Teknik Anyaman Dengan Motif Corak Insang Pada Busana Pengantin. 1, 128–137.

Indarti. (2020). Metode Proses Desain Dalam Penciptaan Produk Fashion Dan Tekstil.

1, 128–137.

O’ Rourke, P. J. (2015). Carnevale di Venezia: Performance and spectatorship at the Venice carnival. October.

Rini, K. (2019). Perbedaan Hasil Jadi Jas Wanita Yang Menggunakan Interfacing Cufner Dengan Interfacing Kain Gula.

Rohmatillah, R., & Mein, K. (2021). Minat Wali Murid Taman Kanak Kanak Terhadap Busana Pesta Anak Berbahan Jacquard. E-Journal, 10(1), 48–53.

Sakti, A. W., & Fiaunillah, W. H. (2023). Penerapan Crinoline Sebagai Garnitur Pada Busana Pesta Malam Model Strapless. Fashion, 1, 128–137.

Salman, Z. (2020). Mengolah Wol Sebagai Aneka Kerajinan Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat kelurahan Talang Jambe Dan Karang Taruna.

Syamsul, R. L., & Ernawati, E. (2024). Implementasi Pembelajaran Menggunakan Moodboard pada Pelatihan Desainer Pakaian Kreasi di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Padang. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 14(1), 200. https://doi. org/10.33087/dikdaya.v14i1.623

Taryati, A & Puspitasari, F. (2018). Eksplorasi Jamur Ganoderma Applanatum Dengan

Hiasan Ruffle Pada Busana Pesta Sore. Fashion Perspektif, 9(1), 96–108. Welte, S. (2017). Masked Venice Unveiled.