PUZZLE IN MODEST WEAR

Main Article Content

Shafatul Khadijah
Desra Imelda
Fadri Rahmat

Abstract

Penciptaan busana bertujuan agar para pemakai dapat memilih busana pada beberapa kesempatan seperti wisata, event tertentu dan pesta. Karya ini dirancang untuk memberikan kesan casual dan feminine romantic dengan siluet A dan H sesuai dengan detail busana. Warna yang digunakan yaitu baby blue, navy dan broken white. Metode penciptaan karya ini melalui beberapa tahapan yaitu eksplorasi meliputi observasi, internet searching dan studi dokumen. Perancangan meliputi trend, moodboard, sketsa alternatif dan desain terpilih. Perwujudan meliputi alat, bahan, teknik dan proses pembuatan karya. Hasil dari rancangan karya yang diwujudkan yaitu ready to wear, ready to wear deluxe dan haute couture yang dipagelarkan di Gedung Hoerijah Adam pada tanggal 25 Juni 2024. Karya ini berjudul Puzzle In Modest Wear. Modest Wear merupakan gaya berpakaian yang sopan, tertutup dan tidak terlalu memperlihatkan lekuk tubuh. Puzzle yang digunakan pada penciptaan karya ini yaitu jigsaw puzzle dengan bentuk kepingan asimetris. Jigsaw puzzle diterapkan pada penciptaan karya karena membangkitkan imajinasi dan memberikan inspirasi ketika melihat bentuk puzzle yang acak. Potongan asimetris kepingan puzzle dengan jahit aplikasi dan potongan bentuk puzzle pada busana memberikan kesan unik pada modest wear yang diciptakan. Busana ini menerapkan tenun lurik Jawa Tengah sebagai bahan tradisonal dalam penciptaan karya.

Article Details

Section
Articles

References

Aini, E. K., dkk. (2021). "Pengaruh Opportunity Recognition Dan Inovasi Model Bisnis Pada Kinerja Bisnis Industri Modest Fashion". Jurnal Invovasi Penelitian, Vol.2 No.3.

Adi, W. (2010). Rubik Gede Siapa Takut. Yogyakarta: Gradien Mediatama

Bintang, J. M., & Awangga, R. M. (2022). Tutorial Membuat Game Puzzle Roblox.

Bandung: Penerbit Buku Pedia.

Fitri, Qurratha laila dkk, 2023. Feminime Romantic Style dengan Aplikasi Songket Balai Panjang Payakumbuh. Jurnal of Fashion Desaign. Vol.III. No.I

Hidayah, T. N., & Puspitasari, F. (2021). Modifikasi Busana Tradisional Bali dengan Korsase Bunga sebagai Decorative Trims. Corak: Jurnal Seni Kriya, 10(2), 209- 212.

Ilhami, S., dkk. (2022). "Meta Analisis Praktikalitas Media Pembelajaran Puzzle". Journal On Teacher Education, Vol.4 No.2.

Kamandaru, dkk. (2022). Proses Penciptaan Karya Seni Rupa Dan Desain. Solo: Yayasan Lembaga Gumun Indonesia.

Nugroho.S.(2015). Manajemen Warna Dan Desain. Yogyakarta : CV Andi Offest.

Rahmawati, E. A. (2019). “Perancangan Desain Modest Wear pada PT.Diva Makmur Perkasa Sidoarjo”. (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya).

Ratnayanti, G. (2021). Sikap Preventif Melalui Teknik Puzzle. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Kamandaru, dkk. (2022). Proses Penciptaan Karya Seni Rupa Dan Desain. Solo: Yayasan Lembaga Gumun Indonesia.

Wahyuningsih, S. E., & Irmayanti, I. (2020). Perbedaan Kualitas Hasil Pengepresan Interfacing pada Blazer Ditinjau dari Alat Press. Fashion and Fashion Education Journal, 9(1), 7-12.