PEMBUATAN PECAH POLA BUSANA PENGANTIN JOMBANG KEBESARAN ARIMBI (BUSANA PENGANTIN JOMBANG WANITA)
Main Article Content
Abstract
Jombang belumlah memiliki busana pengantin yang tetap dimana setiap kota memiliki ciri khas dalam busana pengantin yang menggambarkan kota tersebut, contohnya seperti Jogja Putri yang berasal dari Yogyakarta. Pada artikel pembuatan Pecah Pola Busana Pengantin Jombang Kebesaran Arimbi (Pada Busana Pengantin Wanita), dimana proses pembuatan pola dasar dengan menggunakan sistem pola Porrie Mulliawan. Tujuan penelitian ini menghasilkan pecah pola busana pengantin Jombang wanita pada busana pengantin Jombang Kebesaran sesuai dengan desain/rancangan. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dimana metode ini dimulai dari ketepatan ukuran, desain, analisis desain, pola dasar, pecah pola bolero, bustier, draperi, selendang, obi, dan kain jadi. Dari pola busana pengantin jombang kebesaran arimbi pada busana pengantin wanita menghasilkan pola bolero, pola bustier, pola draperi, pola obi, pola selendang dan pola kain jadi.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Aryanto, H. (2008). Makna Tanda Pada Fesyen Pengantin Jawa Bergaya Modern.
Azis, S., Ashari, A. F. A., Handayani, H. P., Dewi, G. S. K., Hermaliani, E. H., & Rahayu,
Dewi, T. K. (2019). Modul Vest dan Bolero Customade Kelas XI SMK. In Modul (p.
.
Hariana, H. (2021). Pembentukan Hiasan Kepala Busana Pengantin Sebagai Proses Pembelajaran Dalam Menciptakan Modifikasi. Jurnal Kajian Seni, 7(1), 95. https:// doi.org/10.22146/jksks.55046
Jamal Munawir, M. C. (2020). Nilai Edukatif Dalam Budaya Lombok Nyongkolan. Imaji,
Katiah, C. A. W. (2013). Pesona draperi pada imperial period rome style.
Kusumawardani, H., Prahastuti, E., & Hadijah, I. (2017). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Boga dan.
Maudina, S. N., Ramli, Z., & Nandanggawe. (2019). Wrapped Kain Pada Objek Yang Terbungkus. 1.
Meyrasyawati, D. (2013). Fesyen dan Identitas: Simbolisasi Budaya dan Agama dalam Busana Pengantin Jawa Muslim di Surabaya. Makara Human Behavior Studies in Asia, 17(2), 99. https://doi.org/10.7454/mssh.v17i2.2955
Muliawan, P. (2012). Konstruksi Pola Busana Wanita (S. R. B. G. Mulia (ed.); 5th ed., p.
. Penerbit Libri.
Murahati, R. T. (2020). PERBANDINGAN BUSTIER MENGGUNAKAN POLA J.H. MEYNEKE dan CHARMANT TERHADAP TUBUH UKURAN S,M, dan L. 8508007.
Permatasari, A. Y., & Suhartini, R. (2020). Journal of Fashion & Textile Design Unesa.
Riyanto, A. A., & Zulbahri, L. (2009). Modul Dasar Busana. Universitas Pendidikan Indonesia, 1, 66. https://docplayer.info/30943299-Modul-dasar-busana-oleh-prof- dr-arifah-a-riyanto-m-pd-dra-liunir-zulbahri-m-pd.html
Safitri, R. (2018). PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBUATAN POLA BLUS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE LEARNING TOGETHER DI SMK N 3 CIMAHI.
Santoso, T. (2010). Tata Rias & Busana Pengantin Seluruh Indonesia (P. G. P. U. Jakarta (ed.)). PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta.
Sari, D. A. P. L. (2021). Pentingnya Pengetahuan Desain Busana Bagi Profesi di Dunia Fashion: Ekspektasi vs Realita Desain. https://wolipop.detik.com/wedding- news/d-
Suprihatiningsih. (2021). Prakarya dan Kewirausahaan Tata Busana Madrasah Aliyah Merencanakan Pembuatan Busana dan Menjahit Busana. In ebook (p. 20). Deepublish.
Yusmerita. (2007). Modul Desain Busana. Universitas Negeri Padang, 80. https://www. google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8& ved=2ahUKEwigqN-nrsT8AhXBUXwKHX4MBSgQFnoECAoQAQ&url=http
%3A%2F%2Frepository.unp.ac.id%2F1763%2F1%2FYUSMERITA_829_07. pdf&usg=AOvVaw2zKIIGf0q5ZlK_d3_u1Nm2