PERANCANGAN MOTIF UNTUK SERAGAM SEKOLAH BERSUMBER IDE PERPADUAN RUMAH ADAT BOYANG DAN MOTIF KAIN TENUN SEKOMANDI MENGGUNAKAN APLIKASI CORELDRAW DI KEKEAN WASTRA GALLERY
Main Article Content
Abstract
Penggunaan seragam sekolah sangat lekat dengan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di lingkungan sekolah. Seragam sekolah memiliki beberapa macam jenis yaitu seragam nasional, seragam pramuka, seragam olahraga, dan seragam khas sekolah yang menunjukkan kekhasan masing-masing sekolah. Dalam seragam khas sekolah, di tiap-tiap sekolah memiliki bentuk motif yang beda-beda. Motif tersebut dibuat dengan bentuk-bentuk unik dan juga mengangkat kekhasan daerahnya. Seperti daerah Sulawesi Barat, dua dari banyak keunikan yang menjadi kekhasan daerahnya antara lain ialah rumah adat Boyang dan kain tenun Sekomandi. Kedua hal tersebut diangkat dalam suatu busana berupa seragam sekolah melalui sebuah motif. Pembuatan motif dilakukan dengan proses perancangan yang melalui beberapa pengembangan menggunakan teknik tertentu dan melalui berbagai tahapan. Kekean Wastra Gallery menjadi sarana untuk perwujudan antara perpaduan kekhasan daerah tersebut. Di era digital seperti saat ini proses pembuatan motif dilakukan secara digital guna lebih cepat dan mudah. Aplikasi software salah satunya aplikasi CorelDRAW dapat digunaan dalam proses perancangannya. Untuk penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perancangan bersumber ide rumah adat Boyang dan motif kain tenun Sekomandi menggunakan aplikasi CorelDRAW. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif. Dalam penelitian metode kualitatif memiliki tujuan guna memahami suatu makna melalui peristiwa dan suatu proses. Hasil perancangan berupa motif seragam sekolah yang memuat ciri khas daerah Sulawesi Barat, yaitu rumah adat Boyang dan motif kain tenun Sekomandi, berukuran 100 × 120 cm. Penerapan budaya daerah berupa rumah adat Boyang dan motif kain tenun Sekomandi dilakukan sebagai upaya pelestarian budaya daerah Sulawesi Barat melalui seragam sekolah yang dikenakan siswa di wilayahnya.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Awwali, M. R., & Sulartopo. 2015. Media Pembelajaran Desain Grafis di SMA 1 Kudus Berbasis Multimedia Interaktif. Semarang: Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer (STEKOM)
Hidayat, Ikhsan. 2020. Proses Pembuatan Kain Tradisional Sekomandi Desa Batuisi Kecamatan Kalumpang Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar
Hidayat, W. dkk. 2016. Perancangan Media Video Desain Interior Sebagai Salah Satu Penunjang Promosi dan Informasi. Journal Cerita: Creative Education Of Research In Information Technology and Artificial Informatics. Vol 2 No 1 (2016), 35-49.
Nur, Rusdi Dkk. 2018. Perancangan Mesin-Mesin Industri. Yogyakarta: Deepublish Nurranisa, Nadira. 2020. Perancangan Desain Motif Batik Tulis Dengan Sumber Ide
Ornamen Makam Raja - Raja Kerajaan Binamu Kabupaten Jeneponto pada Kemeja
Pria. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Trisnawan, T. S. 2017. Pendidikan Karakter Disiplin Melalui Pakaian Seragam Di Sekolah Dasar. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto..