MINAT KONSUMEN TERHADAP BATIK MIROTA SURABAYA

Main Article Content

Dewi Lutfiati

Abstract

Tujuan Artikel ini adalah untuk mengetahui minat konsumen dalam penggunaan batik sebagai busana dan pelengkap busana bagi konsumen yang berkunjung di Mirota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Obyek penelitian adalah minat konsumen dalam penggunaan busana dan pelengkap busana batik ditinjau dari jenis kelamin, usia, dan kesempatan pemakaian dengan subyek penelitian yaitu konsumen yang membeli busana dan pelengkap busana batik di Mirota Surabaya sebanyak 50 responden. Metode pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan persentase dan uji crosstab dengan bantuan program SPSS 17, untuk melihat besarnya nilai Chi Square. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) minat responden wanita yang menggunakan busana batik lebihbanyak dari pada konsumen pria,  yaitu sebesar 66%; 2) minat konsumen berdasarkan usia ternyata lebih banyak responden usia dewasa yang menggunakan busana batik jika dibandingkan dengan pelengkap busana batik yaitu sebesar 94%; 3) minat konsumen berdasarkan kesempatan pemakaian busana batik responden pria usia dewasa adalah busana pesta (66,7%) dan busana kerja (33,3%), sedangkan wanita usia dewasa sebesar 42,3% busana pesta, dan 26,9% busana kerja; 4) ada hubungan antara jenis kelamin, usia responden, dan kesempatan pemakaian dengan  minat konsumen dalam penggunaan batik sebagai busana dan pelengkap busana di Mirota Surabaya.

Article Details

Section
volume 01 nomor 01 tahun 2017