Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Pada Kompetensi Dasar Memahami Komunikasi Kantor di SMK Krian 2 Sidoarjo

Authors

  • Rizqika Arisendy Universitas Negeri Surabaya
  • Durinta Puspasari Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p211-223

Keywords:

cooperative learning model, numbered heads together, office communication

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dalam Kompetensi Dasar Memahami Komunikasi Kantor kelas X OTKP 2 di SMK Krian 2 Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 3 siswa sebagai sumber wawancara, dan 2 siswa sebagai sumber triangulasi. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik uji validasi menggunakan triangulasi. Analisis mekanis data yang digunakan oleh peneliti dalam analisis model data Miles dan Huberman yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, tampilan data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dalam Kompetensi Dasar Pemahaman Komunikasi Kantor kelas X OTKP 2 di SMK Krian 2 Sidoarjo mendapat respon positif dari siswa. Hal ini disebabkan situasi yang terjadi pada aktivitas belajar yang optimal dan kreatif dan tidak motonous situasi tersebut memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dengan guru dan berinteraksi dengan siswa. Sehingga dalam proses pembelajaran bisa lebih cepat rasa nyaman dan senang dalam mengikuti proses belajar sehingga materi yang diberikan lebih mudah dipahami. Hal ini disebabkan situasi yang terjadi pada aktivitas belajar yang optimal dan kreatif dan tidak motonous situasi tersebut memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dengan guru dan berinteraksi dengan siswa. Sehingga dalam proses pembelajaran bisa lebih cepat rasa nyaman dan senang dalam mengikuti proses belajar sehingga materi yang diberikan lebih mudah dipahami. Hal ini disebabkan situasi yang terjadi pada aktivitas belajar yang optimal dan kreatif dan tidak motonous situasi tersebut memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dengan guru dan berinteraksi dengan siswa. Sehingga dalam proses pembelajaran bisa lebih cepat rasa nyaman dan senang dalam mengikuti proses belajar sehingga materi yang diberikan lebih mudah dipahami. 

References

Alufha, R. (2015). Pembelajaran Tari Melinting Menggunakan Model Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) di SMP. Jurnal Seni dan Pembelajaran. 3(4), 1-12.
Annisa, P.E. & Farahsanti, I. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Pemahaman dan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M). 2(2), 1-13.
Apriani, A.N. & Wangid, M.N. (2015). Pengaruh SSP Tematik-Integratif terhadap Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Kelas III SD. Jurnal Prima Edukasia. 3(1), 12-25.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: PT Rineka Cipta.
Fathurrohman, M. (2017). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar Bandung: Pustaka Setia.
Hamiyah, N. & Jauhar, M. (2014). Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta.
Kurnila, V.S., dkk. (2018). Pemecahan Masalah dengan Pendekatan Saintifik dan Koperatif Tipe NHT, serta Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika. 3(2), 132-145.
Pakpahan, M. & Riwayati, R. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Think Pair Share (TPS) pada Materi Ekosistem di Kelas VII. Jurnal Pelita Pendidikan. 4(2), 86-92.
Rachman, F.H. & Soeryanto. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) pada Mata Pelajaran Gambar Teknik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TPM-1 di SMK Raden Patah Mojosari. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA. 05(01), 108-113.
Rosyad, M.F. & Asto, I.G.P. (2014). Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Tipe Jigsaw di SMKN 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 03(01), 63-68.
Sari, E.M. (2014). Penerapan Bimbingan Kelompok untuk Kemantapan Pilihan Karier Siswa Kelas X-3 SMA Sunan Drajat Sugio- Lamongan. Jurnal BK. 4(3), 1-6.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Solikhin, M. (2015). Upaya Meningkatkan Keberanian Siswa Bertanya dan Prestasi Belajar dengan Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media. Jurnal Pendidikan. 16(2), 74-99.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.
Susilo, Y. & Khabibah, S. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Materi Ajar Perbandingan dan Fungsi Trigonometri pada Siswa Kelas X. Jurnal Matematika. 2(2), 1-8.
Syarifuddin, M. & Sumbawati, M.S. (2019). Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Tutorial Website pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas XI RPL SMK Krian 1. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education. 03(2), 114-123.
Thobroni, M. (2015). Belajar & Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyajakarta: Ar-Ruzz Media.
Wijayati, N., Kusumawati, I., & Kushandayani, T. (2011). Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 2(2), 281-286.
Yulinda, L., Mustapa, K. & Ratman, R. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Dipadu Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Imanuel Palu. Jurnal Akademika Kimia, 7(2), 75-79.

Downloads

Published

2020-08-14

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 656 , PDF Downloads: 952