Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X OTKP di SMKN 2 Buduran

Authors

  • Efi Rustin Romadhoni Ekasari Universitas Negeri Surabaya
  • Novi Trisnawati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p236-245

Keywords:

Public Administration, Auditory Intellectually Repetition, Learning outcomes.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena masih banyak hasil belajar siswa dalam mata pelajaran administrasi yang berada di bawah Kriteria Penguasaan Minimum (KKM). Itu karena model pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah yang menghasilkan pembelajaran pasif, beberapa siswa masih berbicara sendiri dan tentu saja kegiatan belajarnya masih berpusat pada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada kompetensi dasar menganalisis posisi, tugas dan deskripsi pekerjaan untuk kelas X OTKP di SMK Negeri 2 Buduran. Jenis penelitian ini adalah eksperimental. Desain penelitian adalah Quasi Experimental Design dengan jenis desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah kelas X OTKP 1 sebagai kelas kontrol dan X OTKP 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah lembar tes hasil belajar pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan thitung 2,635 Sig. (2-tailed) yaitu 0,006 dan tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05) dengan df sebesar 72, maka tabel = 1,993. Dalam hasil ini diketahui bahwa Ha diterima dan Ho ditolak dengan uji-t Karen <0,05 yaitu 0,006 <0,05 dan t hitung> t tabel adalah 1,993> 2,635. Peningkatan hasil belajar yang signifikan di kelas eksperimen adalah sama dengan 29,73.

 

 

References

Agoestanto, A., dkk. (2018). The Effectiveness of Auditory Intellectually Repetition Learning Aided by Questions Box Towards Students Mathematical Reasoning Ability Grade XI SMA 2 Pati. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(1), 17-23.

Agustiana, E., Putra, F. G., & Farida. (2018). Pengaruh Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan Pendekatan Lesson Study terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Matematika, 1(1), 1-6.

Anwar, M. (2018). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prenamedia Group.

Aprianti & Kesumawati, N. (2019). Pengaruh Model Auditory Intellectual Repetition terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Disposisi Matematis di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 10-21.

Hamalik, O. (2016). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasnawati, Ikman, & Sari, A. (2016). Effectiveness Model of Auditory Intellectually Repetition (AIR) to Learning Outcomes of Math Students. International Journal of Education and Research, 4(5), 249-258.

Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: Rosdakarya.

Komara, E. (2014). Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: Refika Aditama.

Manurung, D. & Sagita, R. (2019). Auditory, Intellectually, and Repetition (AIR) Learning Model in Listening Procedural Text. The 1st Multy-Dispinary National Conference "The Role of Science in Development in the Era Industrial Revolution 4.0 based on Local Wisdom", hlm. 951-966, University of Muhammadiyah, Sumatera Utara.

Martini, N. K., Tripalupi, L. E., & Haris, I. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di SMA Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(1), 295-304.

Roesminingsih & Susarno, L. H. (2016). Teori dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Fakultas Ilmu Pendidikan.

Rusmono. (2017). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sadiman, A. S., dkk. (2014). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sani, R. A. (2015). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sutiyani, I., dkk. (2017). Applying Auditory Intellectually Repetition (AIR) Model in Cell Material for Student. Jurnal Biology of Education, 6(2), 149-157.

Sutrisno, V. L. P. & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111-120.

Undang-undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Uno, H. B. (2011). Perencanaan Pembelajaran (VII). Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-08-14

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 884 , PDF Downloads: 2141