Fungsi Manajemen Kepala Sekolah, Motivasi, dan Kinerja Guru

Authors

  • Rita Lisnawati Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p143-149

Keywords:

Fungsi Manajemen Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Kinerja Guru

Abstract

Abstrak

Dalam dunia pendidikan saat ini banyak sekali persaingan. Output yang dihasilkan oleh sekolah harus sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Kepala sekolah sebagai manajer berperan penting dalam mewujudkan tujuan tersebut. Selain itu guru juga diharapkan tidak hanya mentransfer ilmu saja namun mampu memberikan kinerja dengan maksimal. Agar guru tersebut bisa mencapai kinerja yang maksimal maka harus didorongoleh motivasi yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat fungsi manajemen kepala sekolah, motivasi guru, dan kinerja guru serta seberapa besar pengaruh motivasi guru terhadap kinerja guru.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) yang desebarkan pada responden, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Respon yang diukur melalui kuesioner disesuaikan dengan 4 skala likert. Uji validitas menggunakan Pearson Product Moment. Teknik analisis yang digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif, sedangkan untuk menjawab hipotesis penelitian terkait motivasi guru dan kinerja guru menggunakan Analisis Infernsial Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Tingkat fungsi manajemen kepala sekolah berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata jawaban responden sebesar 72,92. 2) Tingkat motivasi guru secara inferensial termasuk kategori tinggi dengan rata-rata skor 60 < µ ≤ 80. 3) Tingkat kinerja guru secara inferensial termasuk kategori tinggi dengan rata-rata skor 60 < µ ≤ 80. 4) Motivasi guru berpengaruh terhadap kinerja guru dengan koefisien determinasi model regresi linier sebesar 68,82 %.

 

Abstract

Nowadays, there are many competitions in the world of education. Output which is generated by school should be in accordance with national education goals. Principal as the manager plays an important role in creating the goals. In addition, teachers are also expected not only to transfer knowledge but also to provide the maximum performance. In order to make teachers achieve maximum performance, they must be driven by high motivation. This research aims to find out how is the function level of principal management, motivation and performance of teacher and how big is the influence of teacher motivation on teacher performance.The technique of data collection is using a questionnaire which is spread to respondents, observations, interviews, and documentation. Responses were measured by questionnaire is adapted to 4 Likert scale. The test of validity is using Pearson Product Moment. The analysis technique which is used to answer the research questions is using the descriptive statistical analysis, while to answer the research hypothesis related to the motivation of teachers and teacher performance  is using Simple Linear Regression Inferential Analysis. The results showed that: 1) The level of function of principal management is in high category with an average value of respondents amounted to 72.92. 2) The level of teacher motivation inferentially is in high category with an average score of 60 < μ ≤ 80. 3) The level of teacher performance inferentially is in high category with an average score of 60 < μ ≤ 80. 4) The motivation of teachers affects the performance of teachers with determination coefficient of linear regression models by 68.82%.

References

Asad, M., 1998. Psikologi Industri, Yogyakarta: LIberty.

Depdiknas, 2007. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Hadi, S., 2010. Pengaruh Keterampilan Manajer Kepala Sekolah dalam Hubungan Kemanusiaan dan Motivator Terhadap Kinerja Guru SDN di Kabupaten Lamongan. Universitas Negeri Surabaya.

Hasibuan, M., 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.

Mangkunegara, A.P., 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan ke tujuh, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mauliyah, A., 2010. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru di Yayasan Buana Wedoro Waru Sidoarjo. Universitas Negeri Surabaya.

Muslihuddin, 2007. Pengaruh Kemampuan Manajer Kepala Sekolah dan Kemampuan Supervisi Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kota Selong Kabupaten Lombok Timur. Universitas Negeri Surabaya.

Pidarta, M., 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta.

Richardson & Barbe, 1986. Principals is Perhaps the Most Significant Single Factor in Establishing an effective School, Retrieved from http://bank-ilmu540.blogsport.com.

Siagian, S., 2007. Teori Motivasi dan Aplikasinya, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudibyo, A., 2008. Manajemen dan Fungsi-fungsinya, Bandung: Pustaka Setia.

Sudijarto, 1993. Menuju Pendidikan Nasional yang Relevan dan Bermutu, Jakarta: Balai Pustaka.

Susanto, A., 2008. Sistem Informasi Manajemen, Bandung: Lingga Jaya.

Sutopo, H.B., 1999. Metode Penelitian Kualitatif, Surakarta: UNS Press.

Sutrisno, H., 1985. Metodologi Research Jilid I dan II, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tendik, D., 2008. Langkah-Langkah PTS, Bandung: PT. Gunung Agung.

Wahjusumidjo, 1999. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2018-01-09

How to Cite

Lisnawati, R. (2018). Fungsi Manajemen Kepala Sekolah, Motivasi, dan Kinerja Guru. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 2(2), 143–149. https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p143-149
Abstract views: 6614 , PDF Downloads: 3539