MEDIA NUMBER SENSE UNTUK MENGENALKAN BILANGAN PADA ANAK USIA DINI DENGAN MULTISENSORI

Authors

  • Ruqoyyah fitri Anwar Universitas Negeri surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v5n2.p55-64

Keywords:

media pembelajaran, number sense, kemampuan mengenal bilangan, multisensori.

Abstract

Rendahnya pengenalan konsep bilangan pada anak usia dini disebabkan pengajaran number sense bersifat abstrak dan banyak menggunakan lembar kerja, sehingga dibutuhkan pengembangan media pembelajaran yang dilengkapi panduan bagi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran Number Sense yang telah dikembangkan dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Terpadu Al Ibrah Gresik. Metode pengembangan yang dipakai mengikuti model pengembangan Borg and Gall yang mengadaptasi 10 langkah pengembangan model Dick and Carey. Teknik analisis data dengan desain Quasi Eksperimen menggunakan One Group Pretest Posttes Design dengan seluruh sampel yang berjumlah 36 anak. Berdasarkan hasil validasi tiga orang ahli terhadap produk yang dikembangkan, dinyatakan bahwa produk media pembelajaran number sense sudah sesuai dan baik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata kemampuan anak sesudah diberi pembelajaran menggunakan media number sense.  Peningkatan ini disebabkan anak tertarik untuk bermain dan senang menggunakan media berupa kartu dan kepingan hitung karena media tersebut bersifat multisensori, yaitu melibatkan modalitas belajar anak baik visual, auditory, kinesthetic, maupun tactile sehingga anak bisa dengan mudah mengenal konsep bilangan dan operasinya secara konkret sambil bermain. Penelitian ini memberi ide efisien tentang cara mengenalkan number sense di taman kanak-kanak secara multisensori dan diperlukan penelitian lanjutan tentang implikasi media ini pada kemampuan matematika anak di sekolah dasar.

Author Biography

Ruqoyyah fitri Anwar, Universitas Negeri surabaya

lecturer (Early Childhood Education)

References

<p class="DaftarPustaka">Bambini, 2010. <em>Montessori Early Childhood Education Mathematics</em>. Amerika: Bambini Montessori Materials.</p><p class="DaftarPustaka">Bano, N. 2012. <em>Developing Number Sense in Young Children through Collaborative Action Research</em> (Unpublished master's article). Desertasi. Pakistan: Aga Khan University, Karachi. </p><p class="DaftarPustaka">Burn, M. 2007. <em>About Teaching Mathematics a k-8 Resource.</em> 3nd Edition. California: Math Solution Publication.</p><p class="DaftarPustaka">Booth, J. L., McGinn, K. M., Barbrieri, C., Begolli, K. N., Chang, B., Miller-Cotto, D., ... &amp; Davenport, J. L. 2017. Evidence For Cognitive Science Principles that Impact Learning in Mathematics. <em>Acquisition of complex arithmetic skills and higher-order mathematics concepts</em>, <em>3</em>, 297-325.</p><p class="DaftarPustaka">Charlesworth, R. 2005. <em>Experiences in </em><em>M</em><em>ath For </em><em>Y</em><em>oung </em><em>C</em><em>hildren</em>. Fifth Edition. United States: Thomson Delmar Learning</p><p class="DaftarPustaka">Clements, D. H. 2000. ˜ConcreteManipulatives, Concrete Ideas. <em>Contemporary Issues in Early Childhood</em>, <em>1</em>(1), 45-60.</p><p>Couglin, P. A. 2004. <em>Menciptakan Kelas yang Berpusat pada Anak</em>. Wasington DC: Childrens Resources International, INC</p><p class="DaftarPustaka">Departemen Pendidikan Nasional. 2009. <em>Lampiran Permendiknas No 58 Tahun 2009.</em> Jakarta: Depdiknas.</p><p class="DaftarPustaka">Dewantara, Ki Hadjar. 2013. <em>Pendidikan</em>. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.</p><p class="DaftarPustaka">Dyson, N. I., Jordan, N. C., &amp; Glutting, J. 2013. A Number Sense Intervention for Low-Income Kindergartners at Risk for Mathematics Difficulties. <em>Journal of Learning Disabilities</em>, <em>46</em>(2), 166-181.</p><p>Feldman, J. R. 2005. <em>A Survival Guide </em><em>for The Preschool Teacher.</em> New York: The Center For Applied Research and Education.</p><p>Fezz, S. 2010. <em>Montessori </em><em>and Early Childhood</em>. London: Sage Publication</p><p>Fitri, R., Mustaji, M., &amp; Bachri, B. (2018, February). Numeric Toys Media: Introducing Number Sense in Early Childhood with Movement and Multisensory Cards. In <em>1st International Conference on Education Innovation (ICEI 2017)</em>. Atlantis Press.</p><p>Fuson, K. C. 2012. <em>Childrens Counting </em><em>and Concepts </em><em>of Number</em>. Springer Science &amp; Business Media.</p><p>Gall, M.D., Gall, J., dan Borg, W. R. 2007. <em>Educational Research </em><em>an Introduction</em>. Boston: Pearson: Education, Inc.</p><p>Griffin, S. 2004. Teaching Number Sense. <em>Improving Achievement in Math and Science</em>,<em> 61</em>(5), 39-42. </p><p>Handayani, DN. 2010. <em>The Early Development </em><em>of Number Sense </em><em>with </em><em>The Support </em><em>of Structuring</em>. <a href="http://p4mriunismuh.wordpress.com/2010/09/27/the-early-development-of-number-sense-with-the-support-of-structuring-a-design-research-on-number-sense-by-d-n-handayani/">http://p4mriunismuh.wordpress.com/2010/09/27/the-early-development-of-number-sense-with-the-support-of-structuring-a-design-research-on-number-sense-by-d-n-handayani/</a>. Diunduh 12 November 2012.</p><p>Jordan, N. C., Kaplan, D., Nabors Oláh, L., &amp; Locuniak, M. N. 2006. Number Sense Growth in Kindergarten: A Longitudinal Investigation of Children at Risk for Mathematics Difficulties. <em>Child </em><em>Development</em>, <em>77</em>(1), 153-175.</p><p>Kemendikbud RI Dirjen PAUDNI. 2012. TK Tak Boleh Fokus Ajari Calistung. Warta. <a href="http://www.paudni.kemdikbud/">http://www.paudni.kemdikbud</a>. go.id/asal-tanpa-paksaan-anak-tk-boleh-diajari-calistung/ Diunduh 12 November 2012.</p><p>Lembaran Negara Republik Indonesia Undang-Undang Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003.</p><p>Munadi, Y. 2008. <em>Media </em><em>Pembelajaran: </em><em>Sebuah </em><em>Pendekatan </em><em>Baru</em>. Jakarta: GP Press.</p><p>Oppermann, E., Anders, Y., &amp; Hachfeld, A. 2016. The Influence of Preschool Teachers Content Knowledge and Mathematical Ability Beliefs on Their Sensitivity to Mathematics in Childrens Play. <em>Teaching and Teacher Education</em>, <em>58</em>, 174-184.</p><p>Pollitt, R., Cohrssen, C., Church, A., &amp; Wright, S. 2015. Thirty-one is a lot! Assessing four-year-old children's number knowledge during an open-ended activity. <em>Australasian Journal of Early Childhood</em>, <em>40</em>(1), 13.</p><p>Ren. 2009. Number Sense. <a href="http://theawakeningofmind.blogspot.com/2009/02/%20number-sense.html.%20Diunduh%2030%20November%202012">http://theawakeningofmind.blogspot.com/2009/02/ number-sense.html. Diunduh 30 November 2012</a>.</p><p>Reys, R. E., Lindquist, M., Lambdin, D. V., &amp; Smith, N. L. 2014. <em>Helping </em><em>Children </em><em>Learn </em><em>Mathematics</em>. John Wiley &amp; Sons.</p><p>Ruseffendi. 2005. <a href="http://repository.%20upi.edu/operator/upload/s_pgsd_0904883_%20chapter2.pdf">http://repository. upi.Edu/operator/upload/s_pgsd_0904883_ chapter2.pdf</a>. Diunduh 30 November 2012.</p><p>Seldin, Tim. 2006. <em>How to Raise an Amazing Child The Montessori Way</em>. New York: DK Publishing.</p><p>Starkey, P., Klein, A., &amp; Wakeley, A. 2004. Enhancing Young Childrens Mathematical Knowledge Throug A Pre-Kindergarten Mathematics Intervention. <em>Early Childhood Research Quarterly</em>, <em>19</em>(1), 99-120.</p><p>Sudjana, N., Riva`i, A. 2010. <em>Media </em><em>Pengajaran</em>. Bandung: Sinar Baru Algensindo.</p><p>Sugiyono. 2009. <em>Metode </em><em>Penelitian </em><em>Pendidikan</em>. Bandung: Alfabeta.</p><p>Sugiyono. (2010). <em>Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R &amp; D</em>. Bandung: Alfabeta.</p><p>Susanto, A. (2011). <em>Perkembangan Anak Usia Dini Pegantar </em><em>dalam Berbagai Aspeknya</em>. Jakarta: Kencana.</p><p>Suparno, P. 2001. <em>Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget</em>. Yogyakarta: Kanisius.</p><p>Suyadi. 2010. <em>Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini</em>. Yogyakarta: Pedagogia</p><p>UM, Tim. 2010. <em>Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. </em>Malang: Universitas Negeri Malang.</p><p>Uttal, D. H., Scudder, K. V., &amp; DeLoache, J. S. 1997. Manipulatives as Symbols: A New Perspective on The Use of Concrete Objects to Teach Mathematics. <em>Journal of applied developmental psychology</em>, <em>18</em>(1), 37-54.</p><p>Wening. 2012. <em>Bunda </em><em>Sekolah </em><em>Pertamaku</em>. Solo: Tinta Medina.</p><p class="DaftarPustaka">Yusuf, M. et al., 2003. <em>Pendidikan </em><em>B</em><em>agi </em><em>A</em><em>nak dengan </em><em>P</em><em>roblema </em><em>B</em><em>elajar</em>. Solo: Tiga Serangkai.</p>

Downloads

Published

2021-04-19
Abstract views: 884 , PDF Downloads: 676