MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR SISWA

Authors

  • Rita Prima Bendriyanti Universitas Dehasen Bengkulu
  • Citra Dewi Universitas Dehasen Bengkulu
  • Ismi Nurhasanah SMPIT Khairunnas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v6n2.p70-74

Keywords:

modul berbasis karakter kinerja, bimbingan karir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru mata pelajaran Bahasa Indonesia SMPIT Khairunnas Kota Bengkulu kelas IX dengan menerapkan model pembelajaran diferensiasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu dengan menguji model pembelajaran diferensiasi pada siswa saat belajar, lalu disajikan hasilnya. Melalui metode eksperimen bertujuan supaya nantinya bisa meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik dalam menemukan dan memahami suatu konsep atau teori mata pelajaran yang sedang dipelajari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model diferensiasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan semangat belajar siswa dan memunculkan kreatifitas yang tinggi dari siswa Peningkatan ini harus terlihat dari pola pokok pertemuan 1 dengan klasifikasi yang cukup layak hingga mengagumkan pada pola pertemuan kedua 2. Simpulan pada penelitian ini bahwa model diferensiasi dimanfaatkan selama pembelajaran dapat memperluas kegembiraan siswa dan pengajar dalam proses pendidikan dan pembelajaran.

References

<p class="normal">Abel, R.A., Deitz, R., Su, Y. 2014. Are Recent College Graduates Finding Good Jobs? <em>Current Issues in Economics and Finance. </em>20 (1), 1-8.</p><p class="DaftarPustaka">Atmaja, T. T. 2014. Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Melalui Bimbingan Karir dengan Penggunaan Media Modul. <em>PSIKOPEDAGOGIA</em>, 3 (2), 58-69.</p><p class="DaftarPustaka">Bain, S.F. 2012. School counselors: a review of contemporary issues. <em>Research in Higher Education Journal</em>, 1-7.</p><p class="DaftarPustaka"><em>Borg</em>, W. R. and <em>Gall</em>, M. D. <em>1983</em>. <em>Educational Research: An Introduction.</em> New. York: Longman.                                                                                                                                                                                                                                                                         </p><p class="normal">Daniels, D. 2013. The Role of School Counsellors in Supporting Teaching and Learning in Schools of Skills in the Western Cape. Tesis tidak dipubikasikan, Universsity of the Wetern Cape.</p><p class="normal">Leksana, D. M., Wibowo, M.E., &amp; Tadjri, I. 2013. Pengembangan Modul Bimbingan Karir Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa. <em>Jurnal Bimbingan Konseling, </em>2 (1), 1-9.</p><p class="normal">Naimah, T., &amp; Rahardjo, P. 2012. Pengembangan Modul Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Jiwa Wirausaha Remaja. <em>Proyeksi,</em> 7 (1), 55-66.</p><p class="normal">Nurbaity, Rizky, Y., Nadia, Tawakal, I., &amp; Rizky, I. 2017. <em>Pengembangan Dumatari Sebagai Media Bimbingan Karier</em>. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis KKNI, 4 6 Agustus 2017, Malang, Jawa Timur, Indonesia.</p><p class="normal">Richard-Schuster, K. Ruffolo, M.C., Nicoll, K. L., Distelratt, C., Galura, J., Mishkin, A. 2015. Exploring Challenges Faced by Students as they Transition to Social Justice Work in the œReal World: Implications for Social Work. <em>Advances in Social Work</em>. 16 (2), (Fall 2015), 372-389, DOI: 10.18060/18526.</p><p class="normal">Safitri, N. E. 2017. Pengembangan Modul Penyusunan Program Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Counsellia, 7 (2), 71 81.</p><p class="normal">Sugiyono. 2016. <em>Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&amp;D</em>. Bandung: Alfabeta..</p>Yasmin, F., Saeed, M., &amp; Naseer, A. 2018. Challenges Faced by Postgraduate Students: A Case Study of a Private University in Pakistan<em>. Journal of Education and Human Development</em>, 7, (1), 109-116.

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Bendriyanti, R. P., Dewi, C., & Nurhasanah, I. (2022). MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR SISWA. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 6(2), 70–74. https://doi.org/10.26740/jp.v6n2.p70-74
Abstract views: 3132 , PDF Downloads: 2682