PEMBELAJARAN E-LEARNING, PEMBELAJARAN IDEAL MASA KINI DAN MASA DEPAN PADA MAHASISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS

Authors

  • Ilham Saifudin Universitas Muhammadiyah Jember
  • Wiwik Suharso Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v5n2.p30-35

Keywords:

Teknologi Informasi, E-learning, Difabel

Abstract

Teknologi informasi kini telah merambah hampir setiap sendi dalam kehidupan masyarakat tanpa terkecuali pada bidang pendidikan. Bidang pendidikan menjadi hal yang menarik untuk dikembangkan dalam kurun lima tahun terakhir. Salah satunya yaitu dengan metode belajar dalam jaringan (daring). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon dari penerapan sistem pembelajaran berbasis E-learning pada mahasiswa berkebutuhan khusus (Difabel). Metode penelitian yang dipakai ialah Research and Development (RnD). Sedangkan metode analisa datanya menggunakan menggunakan ELR. Hasil dari penelitian ini diperoleh penilaian dari validator terkait desain konten E-learning sebesar 4,52. Sedangkan penilaian observer dari segi desain E-learning sebesar 4, materi pembelajaran sebesar 3,7 dan penilaian dari mahasiswa berkebutuhan khusus sebesar 4,3. Dapat diketahui bahwa faktor inovasi media pembelajaran yang perlu ditingkatkan.

Author Biographies

Ilham Saifudin, Universitas Muhammadiyah Jember

Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jember

Wiwik Suharso, Universitas Muhammadiyah Jember

Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jember

References

<p>Aydin, Hakan, C., &amp; D, T. (2005). Measuring Readiness for e-Learning: Reflections from an Emerging country. <em>Educational Technology &amp; Society</em>.</p><p>Khusniyah, N. L., &amp; Hakim, L. (2019). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring¯:, <em>17</em>(1), 1933.</p><p>Riyanda, A. R., Herlina, K., &amp; Wicaksono, B. A. (2017). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring, <em>4</em>(1), 6671.</p><p>Rosenberg. (2001). <em>e-Learning; Strategies for Delivering Knowledge in the Digital</em>. New York: McGraw Hill.</p><p>Sugiyono. (2012). <em>Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&amp;D</em>. (Alfabeta, Ed.). Bandung.</p><p>Sukmadinata, N. S. (2006). <em>Metode Penelitian Tindakan</em>. Jakarta: Remaja Rosda Karya.</p><p>Wicaksono, V. D., &amp; Rachmadyanti, P. (2016). Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar. <em>Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS &amp; HDPGSDI Wilayah Timur</em>, 513521.</p>Yusuf, B., Ahmadian, H., Mailany, M., Abdul Majid, B., &amp; Asnawi, Y. (2017). Penerimaan Metode Pembelajaran Berbasis E-Learning Di Dayah Jeumala Amal Lueng Putu, Pidie Jaya. <em>Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi</em>, <em>1</em>(2), 143. https://doi.org/10.22373/cs.v1i2.2071

Downloads

Additional Files

Published

2021-04-19

How to Cite

Saifudin, I., & Suharso, W. (2021). PEMBELAJARAN E-LEARNING, PEMBELAJARAN IDEAL MASA KINI DAN MASA DEPAN PADA MAHASISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 5(2), 30–35. https://doi.org/10.26740/jp.v5n2.p30-35
Abstract views: 1501 , PDF Downloads: 1071 , PDF Downloads: 0