PERBEDAAN HOTS ITL KARENA PENERAPAN MODEL CBL DIPADU DENGAN MS DIBANDINGKAN MODEL PBL DIPADU DENGAN MS PADA SISWA KELAS XI TITL

Authors

  • Muhammad Fauzi Alasyari Universitas Negeri Malang
  • Setiadi Cahyono Putro Universitas Negeri Malang
  • Hari Putranto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v5n2.p13-18

Keywords:

CBL, PBL, MS, HOTS, Instalasi Tenaga Listrik

Abstract

Kegiatan mengajar harus memiliki teknik, model, dan strategi pembelajaran agar pembelajaran lebih bermakna dan dapat mencapai tujuan yang akan dicapai. Hasil pembelajaran ITL tidak maksimal disebabkan oleh penerapan strategi atau model pembelajaran yang tidak sesuai. Sehingga perlu upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia siswa SMK TITL, salah satunya kurangnya kemampuan berpikir tingkat tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi perbedaan HOTS Instalasi Tenaga Listrik karena penerapan model CBL yang dipadu dengan MS dan PBL yang dipadu dengan MS pada kelas XI TITL SMKN 1 Singosari. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan pre-test post-test design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Challenge Based Learning yang dipadu dengan MS dan PBL yang dipadu dengan MS. Variabel terikat yang digunakan adalah Hasil HOTS subjek penelitian siswa SMKN 1 Singosari kelas XI TITL A 34 siswa dan TITL B sebanyak 35 siswa. Hasil uji-t menunjukkan bahwa hasil HOTS instalasi motor listrik memperoleh nilai 0,026. Berdasarkan hasil tersebut diartikan terdapat signifikan perbedaan dari penerapan kedua model yang dipadu strategi.

Author Biographies

Setiadi Cahyono Putro, Universitas Negeri Malang

Unuversitas Negeri Malang, Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Elektro

Hari Putranto, Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang, fakultas Teknik, Jurusan Elektro

References

<p><strong>Abdullah</strong>, A. H., Mokhtar, M., Halim, N. D. A., Ali, D. F., Tahir, L. M., &amp; Kohar, U. H. A. 2017. Mathematics Teachers' Level of Knowledge and Practice on the Implementation of Higher-Order Thinking Skills (HOTS). <em>Eurasia Journal of Mathematics, Science &amp; Technology Education</em>, <em>13</em>(1).</p><p><strong>Aprilia</strong>, F., &amp; Sugiarto, B. 2013. Keterampilan Metakognitif Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Hidrolis Garam (Student Metacognitive Skills Through The Implementation Of Guided Inquiry Learning On Subject Matter Of Salt Hydrolysis). <em>Unesa Journal of Chemical Education</em>, 2(3).</p><p><strong>Cañas</strong>, A. J., Reiska, P., &amp; Möllits, A. 2017. Developing higher-order thinking skills with concept mapping: A case of pedagogic frailty. <em>Knowledge Management &amp; E-Learning</em>, <em>9</em>(3), 348.</p><p><strong>Davidson</strong>, N., &amp; Major, C. H. 2014. Boundary crossings: Cooperative learning, collaborative learning, and problem-based learning. <em>Journal on Excellence in College Teaching</em>, <em>25</em></p><p><strong>Heong</strong>, Y. M., Othman, W. B., Yunos, J. B. M., Kiong, T. T., Hassan, R. B., &amp; Mohamad, M. M. B. 2011. <em>The level of marzano higher order thinking skills among technical education students.</em> International Journal of Social Science and Humanity, 1(2), 121.</p><p><strong>Kurniawati</strong>, S., Putro, S. C., &amp; Arifin, M. Z. 2018. Perbedaan Pemahaman Konsep Pemrograman dengan Penerapan CTL dan PBL Berbantuan Classroom Blogging pada Siswa SMK. <em>Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan</em>, 3(6), 700-707.</p><p><strong>Nurlaili</strong>., Afriansyah, D., &amp; Nuri, Y. A. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Challenge Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Lingkungan Kelas X Di Sma Negeri 4 Prabumulih. <em>Jurnal Pena Sains,</em>4(2), 97 104.</p><p><strong>Özsoy</strong>, G., &amp; Ataman, A. 2017. The effect of metacognitive strategy training on mathematical problem solving achievement. <em>International Electronic Journal of Elementary Education</em>, <em>1</em>(2), 67-82.</p><p><strong>Permata</strong>, S. P. 2012. Penerapan strategi metakognitif dalam pembelajaran matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang. <em>Jurnal Pendidikan Matematika</em>, <em>1</em>(1).</p><p><strong>Prasetyani</strong>, E., Hartono, Y., &amp; Susanti, E. 2016. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI Dalam Pembelajaran Trigonometri Berbasis Masalah Di Sma Negeri 18 Palembang. <em>Jurnal Gantang</em>, <em>1</em>(1), 34-44.</p><p><strong>Rofiah</strong>, E., Aminah, N. S., &amp; Ekawati, E. Y. 2013. Penyusunan Instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika pada siswa SMP. <em>Jurnal Pendidikan Fisika</em>, 1(2).</p><p><strong>Rusmono</strong>. 2012. <em>Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu: Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. </em>Bogor: Ghalia Indonesia.</p><p><strong>Sani</strong>, R.A. (2016). <em>Penilaian Autentik</em>. Jakarta : Bumi Akasara.</p><p><strong>Saniman</strong>, S., Bukit, N., &amp; Mariati, P. S. 2015. Efek Model Problem Based Learning Dan Pemahaman Konsep Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa. <em>TABULARASA</em>, <em>12</em>(2).</p><p><strong>Saregar</strong>, A., Latifah, S., &amp; Sari, M. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran CUPs: Dampak terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Madrasah Aliyah Mathlaul Anwar Gisting Lampung. <em>Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni</em>, <em>5</em>(2), 233-244.</p><p><strong>Slameto</strong>. 2013. <em>Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. </em>Jakarta: Rineka Cipta.</p><p><strong>Siregar</strong>, E., Nara, H. 2015. <em>Teori Belajar dan Pembelajaran</em>. Bogor: Ghalia Indonesia.</p><p><strong>Sugiyono</strong>. 2017. <em>Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif </em> (cetakan ke- 14).Bandung: Alfabeta.</p><p><strong>Uno</strong>, H. 2012. <em>Perencanaan Pembelajara</em><em>n</em><em>. </em>Jakarta: Bumi Aksara.</p><p><strong>Widana</strong>, I. W. 2017. <em>Penyusunan Soal Higher order Thinking Skills. </em>Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA</p><p><strong>Wilson</strong>, D., &amp; Conyers, M. 2016. <em>Teaching Students to Drive Their Brains</em>.</p><p>Virginia USA : ASCD.</p>

Downloads

Published

2020-09-19

How to Cite

Alasyari, M. F., Putro, S. C., & Putranto, H. (2020). PERBEDAAN HOTS ITL KARENA PENERAPAN MODEL CBL DIPADU DENGAN MS DIBANDINGKAN MODEL PBL DIPADU DENGAN MS PADA SISWA KELAS XI TITL. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 5(2), 13–18. https://doi.org/10.26740/jp.v5n2.p13-18
Abstract views: 508 , PDF Downloads: 372