Teacher's Creativity in Providing Reinforcement to Enhance Students' Learning Independence
DOI:
https://doi.org/10.26740/jp.v10n2.p118-129Keywords:
Teacher Creativity, Reinforcement, Learning Independence, Learning outcomesAbstract
This study aims to explore teachers' creativity in the learning process through providing reinforcement to students and the impact resulting from the use of reinforcement. This is carried out because low motivation and initiative in student learning were found, thus requiring teacher creativity to address it. This study uses a qualitative approach with a descriptive phenomenological method. Data were collected through observation, in-depth interviews, and documentation, then analyzed using the Miles and Huberman model through stages of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study indicate that teachers have applied reinforcement creatively through storytelling methods, verbal and symbolic reinforcement, as well as assigning responsibilities oriented towards Islamic moral values. Teachers do not merely deliver material, but also serve as role models in attitude and behavior, so that the reinforcement given is not purely instructional, but also touches the emotional and spiritual aspects of students. This strategy is effective in fostering independent learning, marked by an increase in students' courage to ask questions, answer, and take the initiative to learn independently. These findings reinforce that teachers' creativity in providing reinforcement plays an important role in shaping students' character and intrinsic motivation in Akidah Akhlak learning.
References
Amelia Putri, V., Wirdatunnabilah, & Fidrayani. (2024). Penerapan metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini di TK Al-Istiqomah. Al-Hanif: Jurnal Pendidikan Anak dan Parenting, 4(1), 26–29. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ALHANIF
Amrullah, S., Tae, L. F., Irawan, F. I., Ramdani, Z., & Prakoso, B. H. (2018). Studi sistematik aspek kreativitas dalam konteks pendidikan. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 187–200. https://doi.org/10.15575/psy.v5i2.3533
Bendriyanti, R. P., Dewi, C., & Nurhasanah, I. (2021). Manajemen pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan kualitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan.
Eka Parmawati, M., & Afandi, N. (2024). Pengaruh kreativitas dan perilaku inovatif terhadap kinerja guru melalui motivasi sebagai variabel mediasi pada sekolah dasar swasta di Kabupaten Serang. Social, Humanities, and Educational Studies. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Eka Pratiwi, N., Nimah, A., Septiana Dewi, K., & Nugraheni, N. (2022). Penerapan metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak-anak kelas V SDN Benerkulon. Jurnal Bina Desa, 4(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jurnalbinadesa
Fitriani, Abd. Samad, & Khaeruddin. (n.d.). Penerapan teknik pemberian reinforcement (penguatan) untuk meningkatkan hasil belajar fisika pada peserta didik kelas VIII.A SMP PGRI Bajeng Kabupaten Gowa. JPF.
Florentina Simangunsong, M., Waspada, I., & Muhammad, I. (2023). Kreativitas guru dalam pembelajaran di kelas: Analisis bibliometrik dua dekade terakhir. Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4, 649–660. http://jurnaledukasia.org
Ghifar, R., Yusuf, A. E., & Wulandari, F. (2019). Peningkatan kreativitas guru melalui pengembangan supervisi kepala sekolah dan iklim organisasi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2).
Hidayat, H., Nurfadilah, A., Khoerussaadah, E., Fauziyyah, N., & Pendidikan Islam Anak Usia Dini, J. (2021). Meningkatkan kreativitas guru dalam pembelajaran anak usia dini di era digital. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 97–103.
Ismail. (2021). Pengembangan sistem pembelajaran kreatif, inovatif, dan produktif bagi guru dalam meningkatkan kompetensi. Jurnal Serambi PTK, 8(5).
Istiqomah, A. N., Lestari, W., Anggraeni, F. T., & Utami, W. T. P. (2023). Analisis faktor yang memengaruhi kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran di SD Negeri 3 Brosot. Ciencias: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.
Jagad, R., Hasibuan, K., & Jamaluddin, M. (2025). Efektivitas reinforcement positif dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Media Akademik (JMA), 3(6), 3031–5220. https://doi.org/10.62281
Jumri, R., Engga Putra Damara, B., & Negeri, S. (2020). Pengembangan kreativitas guru dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Mallisa, R., & Rani, A. (2022). Peran guru terhadap peningkatan mutu pendidikan di Indonesia pada masa revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan.
Meo, F. I., Dharma, Y. P., Elisa, H., Marselina Ns, E., & Supriata, A. (2023). Meningkatkan kreativitas siswa sebagai bagian dari P5 di SMP Negeri 2 Satu Atap Seberuang. JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat.
Mulyani, S. S. (2022). Upaya peningkatan keterampilan bercerita bahasa Indonesia melalui media buku gambar pop-up pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 02 Munggur tahun pelajaran 2023/2024. SHES: Conference Series, 5(5), 1258–1264. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Ni’mah, A., & Sukartono. (2022). Upaya guru dalam meningkatkan kreativitas berpikir peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 173–179. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48157
Nur’aliyah, I. (2017). Hubungan kreativitas mengajar guru dengan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8.
Patimah, A., Alfiani, D., & Saniah, S. (2023). Penerapan reinforcement positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa broken home. Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(3). https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.774
Pentury, H. J. (2017). Pengembangan kreativitas guru dalam pembelajaran kreatif pelajaran bahasa Inggris. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4.
Ramadani, R. D., Prihandono, T., & Supriadi, B. (2021). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan menggunakan metode pictorial riddle terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan, 65–69.
Ratnasari, S. L., Sutjahjo, G., Susanti, E. N., Tanjung, R., & Ismanto, W. (2021). Pengaruh kompetensi, motivasi, dan kreativitas terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja. Manajemen Pendidikan, 16(1), 1–12. https://doi.org/10.23917/jmp.v16i1.11149
Rezki Andhika, M., & Neli Wahyuni, C. (2020). Kreativitas guru dalam menumbuhkan minat belajar siswa di MIN 8 Aceh Barat. Edu Science, 7(1), 2303–2355.
Sabrina, R. (2021). Manajemen sumber daya manusia: Unggul, kreatif, dan inovatif di era revolusi industri 4.0. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 22(2). https://doi.org/10.30596/jimb.v22i2.7703
Sanjaya, A. (2016). Penerapan metode bercerita dalam mengembangkan kemampuan berbahasa dan karakter peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Guru Cope.
Sefriyanti, & Ibrahim. (2022). Pengaruh kreativitas guru terhadap kemampuan kognitif anak usia 5–6 tahun di RA Azzahra Lampung Timur. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 1–9.
Sri Opti, & Rachmawati, N. A. (2022). Transformasi pembelajaran menuju Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Ditinjau dari persepsi peminatan mahasiswa dan manfaat program MBKM. Jurnal Pendidikan, 7.
Suhendra, S., Nurbaeti, D., & Gustiawati, S. (2021). Pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1409–1417. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.568
Wijaya, A., Fathurrohman, R., Roudhotusyarifah, I., & Ibrahim. (2021). Efektivitas strategi pengelolaan kelas pada generasi milenial. Jurnal Pendidikan.
Zabrina, R. (2023). Analisis penggunaan penguatan (reinforcement) untuk meningkatkan disiplin belajar peserta didik. Joies: Journal of Islamic Education Studies, 8(1). http://mbscenter.or.id/site/page/id/452/page_action/viewdetail
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract views: 32
,
PDF Downloads: 14






.png)
1.png)






