Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa

Authors

  • septi wahyu utami Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p63-66

Keywords:

Pendidikan, Karakter, Kedisiplinan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Bagaimana penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan kedisiplinan pada siswa di SDN Gayamsari 01 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan penelitian kualitatif, dimana dalam penelitian kualitatif instrument utama adalah peneliti itu sendiri. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gayamsari 01 Semarang bulan Desember 2018 Januari 2019. Dalam penelitian ini digunakan uji keabsahan data triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan kedisiplinan di SDN Gayamsari 01 Semarang telah cukup berjalan dengan baik, kegiatan ini dilakukan dengan adanya kegiatan kedisiplinan upacara setiap hari senin dan apel pagi selain hari senin, kemudian juga ada kegiatan berbaris di dalam kelas sebelum masuk kelas untuk memulai pembelajaran serta ada kegiatanmelalui mapel agama yaitu kotak amal untuk bersedekah dan sholat dhuhur berjamaah di mushola sekolah, semua kegiatan tersebut dilakukan oleh pihak sekolah melalui metode pembiasaan.

 

Abstract

This study aims to describe the feasibility of character education through disciplinary activities in students at Gayamsari 01 Elementary School Semarang. The research method used is qualitative research, in which the main qualitative instrument research is the researcher itself. In this study the data technique used was interviews, documentation and questionnaires. This research was conducted at Gayamsari 01 Elementary School in Semarang from December 2018 - January 2019. In this study the validity data of triangulation data were used. The results showed that the implementation of character education through disciplinary activities at Gayamsari 01 Public Elementary School was quite well underway, this activity was carried out with disciplinary announcement activities every Monday and morning apples in addition to Monday, then there were also activities marching in the classroom before entering the class for start learning and there are activities through religious maps, namely charity boxes for charity and dhuhur prayers in congregation at the school mosque, all activities carried out by the school through habituation methods.

References

Citra, Yulia. Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. 2012. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus Volume 1 Nomor 1 Januari 2012.

Daryanto, S. D. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Goleman, Daniel. 2001. Kecerdasan Emosional untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: PT Gramedia.

H. E. Mulyasa, M. 2011. MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendriana, Evinna Cinda & Arnold Jacobus. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Dasar Pendidikan Dasar Indonesia Volume 1 Nomor 2 September 2016.

Lickona, Thomas. 2003. Character Matters: How to Help Our Children Develop Good Judgement, Integrity, and Other Essential Virtues. New York: Simon & Schuster.

Muchlas Samani, D. H. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Miles, M.B. & Huberman, A.M. 1984. Qualitative Data Analysis. London: Sage Publisher.

Muslich, M. 2011. PENDIDIKAN KARAKTER Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Soegeng A. Y. Ysh., M. D. 2016. Landasan Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Sugiyono, P. D. 2014. METODE PENELITIAN PENDIDIKAN Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 1.

Downloads

Published

2019-04-30

How to Cite

utami, septi wahyu. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 4(1), 63–66. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p63-66
Abstract views: 31913 , PDF Downloads: 13655 , PDF Downloads: 0