Hubungan Efikasi Diri, Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Fisika pada Mahasiswa Fisika

Authors

  • hendra sulistiawan IKIP PGRI Pontianak
  • nurussaniah nurussaniah IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p43-48

Keywords:

efikasi diri, kecerdasan emosional, minat belajar fisika, mahasiswa fisika

Abstract

Penelitian bertujuan menganalisis hubungan efikasi diri terhadap minat belajar fisika, hubungan kecerdasan emosional terhadap minat belajar fisika dan hubungan secara bersama-sama efikasi diri dan kecerdasan emosional terhadap minat belajar fisika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma ganda dengan dua variabel independent yaitu efikasi diri dan kecerdasan emosional. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efikasi diri dan kecerdasan emosional berpengaruh terhadap minat belajar fisika mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak. Selanjutnya secara khusus dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dengan minat minat belajar fisika berdasarkan nilai signifikansi 0,000<0,05. terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan minat belajar fisika berdasarkan nilai signifikansi 0,002<0,05. Dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan efikasi diri dan kecerdasan emosinal dengan minat belajar fisika berdasarkan nilai sig. F sebesar 0,000 (p<0,05).

References

<p class="DaftarPustaka">Agustian, A. G. 2012<em>. Emotional Spiritual Quotient (The ESQ Way 165</em>). Jakarta: PT. Arga Tilanta.</p><p class="DaftarPustaka">Bandura, A. 1994. Self-efficacy. In V. S. Ramachaudran (Ed.), Ecnyclopedia of human behavior <em>(Vol. 4, pp. 71-81). New York: Academic Press.</em></p><p class="DaftarPustaka">Cooper, R. K., &amp; Swaf, A. 2002. <em>Executive EQ</em>. New York: Orient Books.</p><p class="DaftarPustaka">Daud, M. 2010 Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado. <em>Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 1 (1).1-7).</em></p><p class="DaftarPustaka">Djaali. 2008. <em>Psikologi Pendidikan</em>. Jakarta: Bumi Aksara.</p><p class="DaftarPustaka">Djamarah, S. B. 2011. <em>Psikologi Belajar</em>. Jakarta: Rineka Cipta.</p><p class="DaftarPustaka">Goleman, D. 2004. <em>Kecerdasan Emosional</em>. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.</p><p class="DaftarPustaka">Goleman, D. 2015. <em>Working with Emotional Intelligence (Terjemahan).</em> Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.</p><p class="DaftarPustaka">Karina, N. K. D., Sadia, I. W. &amp; Suastra, I. W. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kecerdasan Emosional Siswa SMP<em>. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA Volume 4.</em></p><p class="DaftarPustaka">Mangkunegara, A. P. 2009. <em>Evaluasi Kinerja SDM</em>. Cetakan Keempat. Bandung: Refika Aditama.</p><p class="DaftarPustaka">Robbins S. P. &amp; Judge T.A. 2009. <em>Organizational Behavior, Pearson Education,</em> inc Upper Saddle River, New Jersey United States of America.</p><p class="DaftarPustaka">Slameto. 2010. <em>Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.</em> Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.</p><p class="DaftarPustaka">Susanto, A. 2013. <em>Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar</em>. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.</p><p class="DaftarPustaka">Sutrisno. 2006. <em>Fisika dan Pembelajarannya</em>. Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: UPI.</p><p class="DaftarPustaka">Syah, M. 2003. <em>Psikologi Pendidikan</em>. Bandung: Remaja Rosdakarya.</p><p class="DaftarPustaka">Walgito, B. 2010. <em>Pengantar Psikologi Umum.</em>Yogyakarta: Andi Offset.</p><p class="DaftarPustaka">Weisinger, H. 2006. <em>Emotional Intelligence at Work: Pemandu Pikiran dan Perilaku Anda untuk Meraih Kesuksesan.</em> Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.</p>

Downloads

Published

2019-04-30

How to Cite

sulistiawan, hendra, & nurussaniah, nurussaniah. (2019). Hubungan Efikasi Diri, Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Fisika pada Mahasiswa Fisika. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 4(1), 43–48. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p43-48
Abstract views: 1334 , PDF Downloads: 814