Implementasi Program Polisi Sekolah Sebagai Best Practice Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa

Authors

  • SRI ISNANI SMP Negeri 02 Arjasa, Jember

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p33-42

Keywords:

latihan terbaik, disiplin, Polisi Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi, capaian, kendala, dan solusi dari program Polisi Sekolah demi peningkatan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 02 Arjasa Jember. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode SWOT serta pendekatan fenomenologi. Observasi dan dokumentasi merupakan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data.  Berdasarkan analisis SWOT, kedisiplinan merupakan hal yang sangat krusial dan menjadi kelemahan di SMP Negeri 02 Arjasa Jember. Salah satu strategi WO (Weakness - Opportunity) yang dapat diterapkan yaitu berupa implementasi program kegiatan terpadu untuk meningkatkan kedisiplinan di sekolah, yaitu melalui program Polisi Sekolah.  Secara umum, hasil penelitian menunjukkan bahwa program Polisi Sekolah ini merupakan salah satu bukti nyata bahwa kedisiplinan di lingkungan sekolah dapat diwujudkan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan prestasi siswa.

 

References

Alawiyah, F. (2016). Peran Guru dalam Kurikulum 2013. Jurnal Aspirasi, 4(1), 6574.

Amalia, N., Sari, N. W., Rahinosiwi, U. H. W., & Susilowati, I. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Program Polisi Anak Sebagai Peer Teaching di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The ¦.

Aqib, Z. (2011). Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.

Armin, D. D. (n.d.). Pembentukan Karakter Peserta Didik melalui Ekstrakurikurikuler Polisi Cilik di SDN Landungsari 1 Malang.

Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial: Teori Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

David L. Kurtz. (2008). Principles of Contemporary Marketing. South Western Educational Publishing.

Handayani, N., & Indartono, S. (2016). The Implementation of Multicultural Character Education. In ICEBESS 2016 Proceeding: International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science. Available online also at: http://eprints. uny. ac. id/41853/1/41% 20Nurlaili% 20Handayani. pdf [accessed in Bandung, Indonesia: October 28, 2017].

Hurlock, E. B. (1990). Psikologi Perkembangan Edisi 5. Jakarta: Erlangga.

Irhami, P. I., Supriyanto, A., & Sumarsono, R. B. (2018). Strategi Kepala Sekolah dalam Pencapaian Prestasi Terbaik pada Lomba Kepala Sekolah Berprestasi. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(4), 381387.

Jihad, A. (2013). Menjadi guru profesional: Strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Penerbit Erlangga.

Lexy, M. (2002). Metode Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
No, P. (39AD). tahun 2008 Tentang Kesiswaan.

Pendidikan, B. S. N. (2005). Standar nasional pendidikan. Diakses Dari Http://Www. Bsnpindonesia. Org, Pada Tanggal, 11.

Rangkuti, F. (2001). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rokhman, F., Hum, M., & Syaifudin, A. (2014). Character Education For

Golden Generation 2045 (National Character Building for Indonesian
Golden Years). Procedia-Social and Behavioral Sciences, 141, 11611165.

Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Hermanto, H. (2012). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah. Jurnal Sosial Humaniora, 5(2), 206218.

Samawi, A., Arafiq, M. A. M., & Hidayah, L. (2014). Model Pendidikan Karakter yang Baik (Studi Lintas Situs Bests Practices) Pendidikan Karakter di SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 23(2).

Saroni, M. (2013). Best Practice: Langkah Efektif Meningkatkan Kualitas Karakter Warga Sekolah. Yogyakarta: Az Ruzz Media.

Setiawan, D. (2013). Peran pendidikan karakter dalam mengembangkan kecerdasan moral. Jurnal Pendidikan Karakter, (1).

Suyitno, I. (2012). Pengembangan Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, (1).

Ulfatin, N. (2013). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Bayumedia Publishing.

Downloads

Published

2019-04-30

How to Cite

ISNANI, S. (2019). Implementasi Program Polisi Sekolah Sebagai Best Practice Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 4(1), 33–42. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p33-42
Abstract views: 2460 , PDF Downloads: 1979