Pengaruh Bermain Outdoor Dan Kegiatan Finger Painting Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini

Authors

  • Rachma Hasibuan
  • Mallevi Agustin Ningrum

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p73-81

Keywords:

bermain outdoor, finger painting, kreativitas anak

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh bermain outdoor dan kegiatan finger painting terhadap kreativitas anak usia dini khususnya anak di TK. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen desain PretestPosttest Control Group Design dimana kelompok eksperimen diberikan perlakuan sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data pengujian hipotesis penelitian menggunakan program SPSS 20.0 for Windows Evaluation Version dengan teknik Anova 2 jalur (Uji F). Berdasarkan hasil penelitian serta analisis data yang dilakukan dengan menggunakan Anova 2 jalur (Uji F), maka diperoleh sebagai berikut: (1) nilai df = 1 dan taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh nilai koefisien F = 2,134 dan sig. = 0,107, menunjukkan taraf signifikansi di atas α = 0,05 untuk pelaksanaan pembelajaran dengan bermain outdoor, (2) nilai df = 1 dan taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh nilai koefisien F = 1,733 dan sig. = 0,171, menunjukkan taraf signifikansi di atas α = 0,05 untuk pelaksanaan pembelajaran dengan kegiatan finger painting, dan (3) nilai df = 1 dan taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh nilai koefisien F = 2,778 dan sig. = 0,101, menunjukkan taraf signifikansi di atas α = 0,05 untuk pelaksanaan pembelajaran dengan bermain outdoor dan kegiatan finger painting.

 

Abstract

This study aimed to assess the effect of outdoor play and activities finger painting to the creativity of children in Kindergarten. This study uses a quantitative research approach with a model of experimental research methods pretest-posttest control group design. Observation techniques used in data collection and documentation. While analyzing the data for the research hypothesis testing using SPSS 20.0 for Windows Evaluation Version with Anova technique lane 2 (Test F). Based on the results of the study and data analysis performed using ANOVA 2 lines (Test F), it is obtained as follows: (1) the value of df = 1 and α = 0.05 significance level obtained coefficient F = 2.134 and sig. = 0.107, suggesting above the significance level α = 0.05 for the implementation of learning with outdoor play, (2) the value of df = 1 and α = 0.05 significance level obtained coefficient F = 1.733 and sig. = 0.171, suggesting above the significance level α = 0.05 for the implementation of learning with finger painting activities, and (3) the value of df = 1 and α = 0.05 significance level obtained coefficient F = 2.778 and sig. = 0.101, suggesting above the significance level α = 0.05 for the implementation of learning with outdoor play and activities finger painting. 

References

Aqib, Zainal. 2009. Belajar dan Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Bandung: Yrama Widya.

Asmawati, Lilik, dkk. 2008. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Depdiknas. 2005. Pedoman Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.

Feez, Susan. 2010. Montessori and Early Childhood. London: Sage Publications.

Hidayati, Nur. 2012. Upaya Meningkatkan Seni melalui Finger Painting pada Kelompok B Tarbiyatul Athfal Al Islam Mejasem Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga. Skripsi tidak diterbitkan. Purwokerto: PG PAUD Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Johnson, James E dan Roopnarine, Jaipaul L. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Berbagai Pendekatan Edisi Kelima. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Karmila, Suharno, dan Purwadi. 2011. Jurnal Penelitian PAUDIA Vol. 1 No. 1. Pengaruh Metode Pembelajaran Permainan Bahasa terhadap Peningkatan Kretivitas Anak. (http://jurnal_penelitian_kreativitas_anak.html, diakses 10 September 2012).

Kemdiknas. 2010. Kumpulan Pedoman Pembelajaran Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kemdiknas.

Khodijah, Siti dan Wismiarti. 2010. Panduan Pendidikan Sentra untuk PAUD: Sentra Seni. Jakarta: Pustaka Al-Falah.

Martono dan Retnowati, Tri Hartati. Jurnal Seni dan Pendidikan Seni œIMAJI Vol. 7 No. 2. Pengaruh Setting Ruang Bermain terhadap Perkembangan Kreativitas pada Anak Usia Dini (Studi Kasus: Islamic Fullday Childcare and Preschool Ahsanu Amala di Yogyakarta). (http://jurnal_penelitian kreativitas_anak.html, diakses 15 Desember 2012).

Masiming, Zulfitriah. 2005. Jurnal SMARTek Vol. 7 No. 3. Pengaruh Metode Pembelajaran Permainan Bahasa terhadap Peningkatan Kretivitas Anak. (http://jurnal_penelitian_kreativitas_anak.html, diakses 10 September 2011).

Moeslichatoen R. 2005. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak (pengembangan Kognitif, Bahasa, Kreativitas, Motorik, dan Emosional). Jakarta: Depdikbud.

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugroho. 2011. Its Easy Olah Data dengan SPSS. Yogyakarta: Skripta Media Creative.

Sukardi S, Evan. 2010. Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rachmawati, Yeni dan Kurniati, Euis. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar PAUD. Jakarta: Indeks.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharnan. 2011. Kreativitas (Teori dan Pengembangan). Surabaya: Laros.

Sulistyorini, Binti. 2011. Perkembangan Kognitif dan Kreativitas Anak Usia 0-2 Tahun. Makalah Disajikan dalam Perkuliahan Prodi PG PAUD UNM. Malang September 2011.

Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Wijana, Widarmi D. dkk. 2010. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yus, Anita. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2016-04-30

How to Cite

Hasibuan, R., & Ningrum, M. A. (2016). Pengaruh Bermain Outdoor Dan Kegiatan Finger Painting Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 1(1), 73–81. https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p73-81
Abstract views: 5102 , PDF Downloads: 3380