Pengembangan Perangkat Pembelajaran SD dengan Model Problem Based Learning (PBL) Bervisi Science, Environment, Technology, and Society (SETS) Berbantuan MIRACAST

Authors

  • Novi Setyasto Universitas Negeri Semarang
  • Putri Yanuarita Sutikno Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p18-24

Keywords:

perangkat pembelajaran, PBL, SETS, Miracast, hasil belajar.

Abstract

Pemberlakuan Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses memberikan konsekuensi adanya pergeseran paradigma pengajaran ke pembelajaran, penggunaan pendekatan scientific, dan tematik sehingga perlu diterapkan pembelajaran berbasis masalah serta guru diharuskan memiliki literasi teknologi. Namun kenyataan di lapangan berbeda. Berdasarkan hasil studi pendahuluan dilakukan di beberapa SD Gugus Drupadi Gunungpati Semarang, ditemukan perangkat pembelajaran yang digunakan masih belum sesuai dengan standar proses dan dalam pelaksanaan pembelajaran guru masih jarang menggunakan media pembelajaran dengan teknologi modern mengakibatkan peserta didik kurang aktif dan hasil belajar kurang maksimal. Solusi yang diterapkan adalah dengan pengembangan perangkat pembelajaran model PBL bervisi SETS berbantuan Miracast. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengacu model 4-D dari Thiagarajan tetapi dibatasi pada tahap develop. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, efektif, dan praktis (applicable) serta sesuai standar proses. Subjek uji coba adalah 42 peserta didik kelas IV SDN Sadeng 02, dan 03. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, pengamatan, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi tiga orang ahli terhadap perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria valid. Perangkat pembelajaran efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan hasil uji N-gain didapat nilai gain <g> sebesar 0,48 dalam kategori sedang dan peningkatan rata-rata nilai hasil belajar dari pretest 56 menjadi 77 pada saat posttest. Hasil pengamatan aktivitas peserta didik menunjukkan rata-rata skor 33 berada pada ketegori sangat tinggi. Kepraktisan perangkat pembelajaran terlihat dari respons sangat positif yang diberikan guru dan peserta didik terhadap perangkat pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut, diketahui perangkat pembelajaran sudah memenuhi kriteria valid, efektif, dan praktis.

References

<p>Arends, Richard I. 2012. <em>Learning to Teach</em>. New York: McGrow-Hill Companies, Inc.</p><p>Asus. 2013. <em>Asus Miracast Dongle in Search of Incredible: E-Manual</em>. ASUSTek Computer Inc.</p><p>Barrows, H. S. 1996. <em>Problem-based learning in medicine and beyond: A brief overview. In L. Wilkerson &amp; H. Gilselaers (Eds.). Bringing problem-based</em><em>-</em><em>learning to higher education: Theory and practice</em>. San Francisco, CA: JosseyBass.</p><p>Binadja, Achmad. 1996. <em>Why Do We Need SETS Education? </em>Paper Submitted for training and workshop on Environmental Education, Brisbane.</p><p>______. 1999. <em>STL (Science and Technology Literacy) in the SETS (Science, Environment, Technology, and Society Education) Perspective. </em>Paper presented in the Regional Workshop on Scientific and Technological Literacy for All, Conducted by SEAMEO RECSAM In Collaboration with UNESCO and ICASE, Penang, 10 15 May 1999.</p><p>Flynn AE, Klein JD. 2001. <em>The influence of discussion groups in a case-based learning environment. Educ Technol Res Dev</em> 49(3):7186.</p><p>Fullan, M. 2013. <em>Stratosphere: Integrating technology, pedagogy, and change knowledge</em>. Don Mills, ON: Pearson.</p><p>Hattie, J. (2009). <em>Visible learning: A synthesis of over 800 metaanalyses relating to achievement</em>. New York: Routledge.</p><p>Hmelo-Silver, Cindy E. 2004. <em>Problem-Based Learning: What and How Do </em><em>Students Learn</em>. <em>Journal</em>. <em>Educational Psychology Review, Vol. 16, No. 3, September 2004</em></p><p>Mergendoller JR, Maxwell NL, Bellisimo Y. 2006. <em>The effectiveness of problem-based instruction: a comparative study of instructional methods and student characteristics. Interdiscip J Problem-Based Learn</em> 1(2):4969.</p><p>Permendikbud Nomor 81a Tahun 2013 tentang <em>Implimentasi Kurikulum</em><em> 2013</em>. Jakarta: Kemendikbud.</p><p>Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang <em>Standar Proses</em>. Jakarta: Kemendikbud.</p><p>Permendikbud No. 24 tahun 2016 <em>tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013</em>. Jakarta: Kemendikbud.</p><p>Piaget, J. 2001. <em>The Psychology of Intelligence œTranslated by Malcolm Piercy and D.E Berlyne</em>.  London &amp; New York: Routledge Classics.</p><p>Sugiyono. 2013. <em>Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&amp;D</em>. Bandung: Alfabeta.</p><p>Thiagarajan, S., Semmel, D.S., &amp; Semmel, M.I. 1974. <em>Instructional Development for Teachers of Exceptional Children.</em> Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.</p><p>Tillman, D. 2013, Implication of Problem Based Learning (PBL) in Elementary Schools Upon the K-12 Engineering Education Pipeline, 120th ASEE Annual Conference &amp; Exposition.  June 23-26, 2013.</p><p>Wade, R. 2002. <em>Beyond Expanding Horizons: New Curriculum Directions for Elemetary Social Studies. The Elementary School Journal</em>, 103 (2), 116-130.</p><p>Wi-fi Alliance. 2012. <em>Wi-Fi CERTIFIED Miracast<sup>tm</sup>: Extending the Wi-Fi Experience to Seamless Video Display</em>. USA: Wi-Fi Alliance.</p><p class="DaftarPustaka">Winataputra, Udin S. 2008. <em>Teori Belajar dan Pembelajaran</em>. Jakarta: Universitas Terbuka.</p>

Downloads

Published

2019-04-30

How to Cite

Setyasto, N., & Sutikno, P. Y. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran SD dengan Model Problem Based Learning (PBL) Bervisi Science, Environment, Technology, and Society (SETS) Berbantuan MIRACAST. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 4(1), 18–24. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p18-24
Abstract views: 1463 , PDF Downloads: 810