Pengembangan Perangkat Pembelajaran dalam Implementasi Strategi Contextual Teaching Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi pada Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Agnes Remi Rando

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p1-12

Keywords:

Perangkat Pembelajaran, Stretegi CTL, Hasil belajar

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan perangkat CTL di kelas IV sekolah dasar, mendeskripsikan hasil validasi dan hasil belajar dari implementasi perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang direduksi menjadi 3-D, yaitu define, design, dan develop. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliput rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), dan tes hasil belajar (THB) yang diujicobakan pada kelas IV B sebagai eksperimen terdiri atas 30 siswa, dan kelas IV A sebagai kelas control terdiri atas 30 siswa di SD GMIT Ende. Uji coba perangkat pada penelitian ini menggunakan pre-tes dan post tes dengan teknik analisis statistik.

Instrument penelitian terdiri atas lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar aktifitas siswa, lembar angket respon siswa, dan lembar tes hasil belajar siswa serta lembar kendala-kendala. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, dan angket.

Analisis hasil penelitian diperoleh fakta bahwa penggunaan perangkat pembelajaran dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa 43,33% (pada pre-tes) sementara pada post tes menjadi 100%. Hasil belajar siswa tergolong sangat baik dengan rata-rata jawaban benar 87,66 untuk tes hasil belajar.

 

Abstract

This study aims to describe the development of CTL in the fourth grade of primary school, describe the results of the validation and implementation of the learning material through 4-D model of development which is reduced to 3-D, namely define, design, and develop. The materials covers the lesson plan (RPP), students worksheet (LKS), and the test results (THB) taken from the fourth grade (Class IV B) as the experiment consisted of 30 students, and class IV A as the control class consists of 30 students in  SD GMIT Ende. Testing device in this study uses pre-test and post-test with statistical analysis techniques.

Moreover, research instrument consists of a sheet of observation for teaching and learning process, students questionnaire sheets, student achievement test sheet, and constraints. The data were collected by observation techniques, test, and questionnaire.

The results indicated that the use of learning materials with CTL approach can improve student learning outcomes 43.33% (the pre-test) while the post-test to 100%. Student learning outcomes as very good with an average of 87.66 correct answers in test outcomes.

Based on the above results, it can be concluded that the CTL in the fourth graders of elementary school is valid and is able to improve their learning outcomes. It is expected that this research will be useful for teachers in developing such instructional design oriented towards the development of CTL strategy to learning with other study materials.

 

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto., Aris Dwicahyono. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media

Depdiknas. 2006. Model Silabus dan Rancangan Pelakasanaan Pembelajaran. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan, Depertemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004. Jakarta

Eline B. Jonson. 2007. Contextual Teaching Learning. Bandung: MLC

Djamarah, S.B.2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa cipta
Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insane Madani

Hasnawati. 2006. Pendekatan Contextual Teaching Learning: Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Vol 3 No. 2. Universitas Negeri Yogyakarta

Hisnu dan Winardi. 2008. Ilmu Pengetahuan Social untuk SD/MI Kelas 4. Jakarta: Pusat Pembukuan Depdiknas

Ibrahim, M. 2003. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jakarta: Direktorat PLP Dirjendikdasmen, Depdiknas.

Ishak. 2007. Pendidikan IPS di SD. Jakarta. Universitas Terbuka

Johnson, B. Elaine. 2002. Contextual Teaching & Learning. California: Corwin Press, Inc.

Johson. 2007. Contextual Teaching Learning. Bandung: Mizan Learning Center

Kardi, S. 2002. Mengembangkan Tes Hasil Belajar. Depdiknas. Surabaya: Universitas Press

Kardi, S. 2005. Penerapan Prinsip-prinsip Contextual Teaching Learning pada Mata Pelajaran Biologi Pokok Bahasan System Indra. Jurnal Penelitian dan Pendidikan. Vol 2(3), 411-428.

Katsioloudis, P. 2013. Identifikasion of Quality Visual-Based Learning Material for Technology Education. Old dominion university. Scholar. lib.vt.edu/ejournals/JITE/v47n1

Kazu, I. Y. dan Yuvuzalp, n.2008. An Analysis of the Primary School Teachers Usage of Instructional Software. International Journal of Emergin Technologies in Learning (iJET), vol 3, no 1.

Moleong, L.J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muchith, Saekhan. 2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media Group.

Nur. M., Wikandari, P., Sugiarto, B. 2008. Teori-teori Pembelajaran Kognitif. Surabaya: PSMS UNESA.

Raturmanan, T.G, & Laurens, Theresia.2011. Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan, Ed.2. Surabaya: Unesa University edition Press

Soemantri. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya offset.

Sudjana. 2008. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Pemaju Rosdakarya

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Somantri, Numan. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PPS-FPIPS UPI dan PT Remaja Rosda Karya, 2001

Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran dikelas (contextual teaching learning). Jakarta: Cerdas Pustaka

Waspodo dan Suhanadji. 2003. Pendidikan IPS. Surabaya: Insan Press

Wasis, 2006. Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Sains-Fisika SMP. Jurnal riset. Vol V(09), 30-35.

Downloads

Published

2016-05-01

How to Cite

Rando, A. R. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dalam Implementasi Strategi Contextual Teaching Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi pada Siswa Kelas IV SD. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p1-12
Abstract views: 5281 , PDF Downloads: 1979