Pengembangan Perangkat Pembelajaran dalam Implementasi Strategi Contextual Teaching Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi pada Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p1-12Keywords:
Perangkat Pembelajaran, Stretegi CTL, Hasil belajarAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan perangkat CTL di kelas IV sekolah dasar, mendeskripsikan hasil validasi dan hasil belajar dari implementasi perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang direduksi menjadi 3-D, yaitu define, design, dan develop. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliput rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), dan tes hasil belajar (THB) yang diujicobakan pada kelas IV B sebagai eksperimen terdiri atas 30 siswa, dan kelas IV A sebagai kelas control terdiri atas 30 siswa di SD GMIT Ende. Uji coba perangkat pada penelitian ini menggunakan pre-tes dan post tes dengan teknik analisis statistik.
Instrument penelitian terdiri atas lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar aktifitas siswa, lembar angket respon siswa, dan lembar tes hasil belajar siswa serta lembar kendala-kendala. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, dan angket.
Analisis hasil penelitian diperoleh fakta bahwa penggunaan perangkat pembelajaran dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa 43,33% (pada pre-tes) sementara pada post tes menjadi 100%. Hasil belajar siswa tergolong sangat baik dengan rata-rata jawaban benar 87,66 untuk tes hasil belajar.
Abstract
This study aims to describe the development of CTL in the fourth grade of primary school, describe the results of the validation and implementation of the learning material through 4-D model of development which is reduced to 3-D, namely define, design, and develop. The materials covers the lesson plan (RPP), students worksheet (LKS), and the test results (THB) taken from the fourth grade (Class IV B) as the experiment consisted of 30 students, and class IV A as the control class consists of 30 students in SD GMIT Ende. Testing device in this study uses pre-test and post-test with statistical analysis techniques.
Moreover, research instrument consists of a sheet of observation for teaching and learning process, students questionnaire sheets, student achievement test sheet, and constraints. The data were collected by observation techniques, test, and questionnaire.
The results indicated that the use of learning materials with CTL approach can improve student learning outcomes 43.33% (the pre-test) while the post-test to 100%. Student learning outcomes as very good with an average of 87.66 correct answers in test outcomes.
Based on the above results, it can be concluded that the CTL in the fourth graders of elementary school is valid and is able to improve their learning outcomes. It is expected that this research will be useful for teachers in developing such instructional design oriented towards the development of CTL strategy to learning with other study materials.
References
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto., Aris Dwicahyono. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media
Depdiknas. 2006. Model Silabus dan Rancangan Pelakasanaan Pembelajaran. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan, Depertemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004. Jakarta
Eline B. Jonson. 2007. Contextual Teaching Learning. Bandung: MLC
Djamarah, S.B.2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa cipta
Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insane Madani
Hasnawati. 2006. Pendekatan Contextual Teaching Learning: Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Vol 3 No. 2. Universitas Negeri Yogyakarta
Hisnu dan Winardi. 2008. Ilmu Pengetahuan Social untuk SD/MI Kelas 4. Jakarta: Pusat Pembukuan Depdiknas
Ibrahim, M. 2003. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jakarta: Direktorat PLP Dirjendikdasmen, Depdiknas.
Ishak. 2007. Pendidikan IPS di SD. Jakarta. Universitas Terbuka
Johnson, B. Elaine. 2002. Contextual Teaching & Learning. California: Corwin Press, Inc.
Johson. 2007. Contextual Teaching Learning. Bandung: Mizan Learning Center
Kardi, S. 2002. Mengembangkan Tes Hasil Belajar. Depdiknas. Surabaya: Universitas Press
Kardi, S. 2005. Penerapan Prinsip-prinsip Contextual Teaching Learning pada Mata Pelajaran Biologi Pokok Bahasan System Indra. Jurnal Penelitian dan Pendidikan. Vol 2(3), 411-428.
Katsioloudis, P. 2013. Identifikasion of Quality Visual-Based Learning Material for Technology Education. Old dominion university. Scholar. lib.vt.edu/ejournals/JITE/v47n1
Kazu, I. Y. dan Yuvuzalp, n.2008. An Analysis of the Primary School Teachers Usage of Instructional Software. International Journal of Emergin Technologies in Learning (iJET), vol 3, no 1.
Moleong, L.J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muchith, Saekhan. 2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media Group.
Nur. M., Wikandari, P., Sugiarto, B. 2008. Teori-teori Pembelajaran Kognitif. Surabaya: PSMS UNESA.
Raturmanan, T.G, & Laurens, Theresia.2011. Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan, Ed.2. Surabaya: Unesa University edition Press
Soemantri. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya offset.
Sudjana. 2008. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Pemaju Rosdakarya
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Somantri, Numan. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PPS-FPIPS UPI dan PT Remaja Rosda Karya, 2001
Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran dikelas (contextual teaching learning). Jakarta: Cerdas Pustaka
Waspodo dan Suhanadji. 2003. Pendidikan IPS. Surabaya: Insan Press
Wasis, 2006. Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Sains-Fisika SMP. Jurnal riset. Vol V(09), 30-35.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

